5 Tips Mengoptimalkan Smartphone Android Untuk Aktivitas Bisnis

Smartphone-Android-Untuk-Aktivitas-Bisnis

Saat ini smartphone #Android memang telah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang, termasuk bagi para pebisnis. Dengan harga yang cukup terjangkau serta ribuan aplikasi yang dapat membantu dan mendukung kegiatan bisnis, membuat Android selalu menjadi pilihan favorit para pebisnis. Namun sayang, tak semua pebisnis bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan  fungsi smartphone Android mereka untuk berbisnis.

Para pebisnis ini kebanyakan hanya menggunakan tidak lebih dari 50% persen kemampuan yang bisa dilakukan oleh smartphone Androidnya. Maka untuk itu para pebisnis haruslah mengetahui beberapa hal dari smartphone Androidnya agar fungsi optimal bisa didapatnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa pebisnis lakukan untuk bisa mengoptimalkan dan memaksimalkan fungsi smartphone Android-nya untuk kegiatan bisnis.

1. Ketahui Batas Kemampuan Maksimal Smartphone

Smartphone Android yang kini telah hadir dengan berbagai merk dan spesifikasi tentu akan memiliki kemampuan yang beragam. Maka dari itu langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mengoptimalkan Android Anda adalah mengetahui batas kemampuan maksimal smartphone Android Anda.

Tujuannya adalah untuk menentukan aktivitas bisnis apa saja yang mungkin bisa Anda dilakukan di smartphone Anda dan juga untuk menghindari menurunnya performa smartphone karena terlalu banyaknya aplikasi sehingga melewati batas kemampuan spesifikasinya. Untuk mengetahi batas kemampuan smartphone Android secara teknis, Anda bisa menggunakan beberapa software gratis seperti CPU-Z, Antutu dan Quadrant yang telah tersedia secara gratis untuk Anda download di Play Store.

Artikel lain: Irina Blok – Designer Wanita Dibalik Kesuksesan Logo Si Robot Hijau

2. Rencanakan Kegiatan Yang Akan Dilakukan Di Smartphone

Langkah berikutnya setelah Anda mengetahui kemampuan maksimal smartphone Anda, maka tiba saatnya Anda melakukan perencanaan tentang apa-apa kegiatan yang akan Anda lakukan dengan smartphone Anda. Anda bisa memilih beberapa aplikasi bisnis dari beberapa tema seperti browsing, chatting, push mail, banking, shopping dan lain sebagainya.

Anda bisa saja menuliskan beberapa rencana kegiatan bisnis via aplikasi Andoid tadi pada sebuah catatan kecil agar Anda selalu mengingat hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkan bisnis setelah nantinya aplikasi terpasang di smartphone Anda.

3. Gunakan Aplikasi Dengan Bijak

Tips berikutnya setelah semua rencana kegiatan bisnis telah Anda susun, saatnya bagi Anda untuk mengunduh dan menginstall aplikasi yang sesuai dan telah dipilih. Setelah proses download dan instalasi, maka Anda harus bisa menggunakannya dengan bijak. Pakailah aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, bukan untuk sesuatu yang lain dan sia-sia.

Seperti aplikasi media sosial dan intant messaging yang seringkali digunakan para pebisnis untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan bisnis. Tentu saja hal ini tidak sesuai dengan konsep pengoptimalan Android for bussiness. Satu hal lagi untuk pengguna Android dengan spesifikasi terbatas, pilihlah aplikasi bisnis yang memang sesuai dengan kinerja smartphone Anda.

4. Upgrade OS Resmi Sesuai Rekomendasi

Andoid yang merupakan sebuah Operating System (OS) akan memiliki sebuah beberapa pembaharuan dalam suatu waktu tertentu. Pembaharuan sistem yang dilakukan pihak Android ini dengan berbagai tujuan dan yang pastinya untuk lebih meningkatkan performa Android.

Nah saat Anda diminta untuk melakukan pembaharuan OS dalam sebuah pemberitahuan dari smartphone, maka lebih baik Anda melakukannya.  Dan usahakan OS yang Anda update adalah yang berlaku resmi dari Google, bukannya dari yang abal-abal. Dengan OS yang telah terupgrade, maka Anda akan lebih mudah untuk bisa melakukan hal-hal yang bisa menunjang kegiatan berbisnis Anda di Smartphone Android.




Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Seputar OS Android

5. Rajin Menghapus Membersihkan Isi Smartphone

Tips terakhir untuk bisa mengoptimalkan Android untuk kegiatan bisnis adalah melakukan pembersihan isi smartphone secara rutin dan kontinyu. Smartphone yang telah lama digunakan biasanya akan meninggalkan sampah file atau yang sejenisnya. Maka dengan adanya sampah file ini kinerja smartphone Android umumnya akan menjadi lelet atau lambat.

Untuk tetap bisa mengoptimalkan fungsi Android untuk kegiatan bisnis, maka Anda harus rajin melakukan pembersihan pada file-file sampah yang memang tidak diperlukan lagi. Hal lain yang bisa dilakukan adalah menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan atau melakukan optimasi penggunaan memory dengan software pembersih memory, atau mungkin juga menghapus software yang tidak Anda gunakan lagi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud