Cara Install WordPress di Cpanel Hosting

Cara install WordPress di Cpanel Hosting – Sebenarnya sudah cukup banyak informasi yang bisa dilihat di internet mengenai WordPress, tapi saya coba menulisnya dengan cara saya hehehe. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstall WordPress di hosting kita, diantaranya adalah:

  1. Dengan cara manual
  2. Dengan bantuan fantastico
  3. Dengan bantuan softaculous

Cara termudah untuk melakukan instalasi WordPress di Cpanel hosting kita adalah dengan menggunakan bantuan fantastico dan softaculous. Dengan bantuan dua tools ini proses instalasi dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak perduli Anda adalah seorang pemula yang belum begitu mengerti tentang instalasi WordPress.

Walaupun kedua tools ini (fantastico, softacolous) dapat digunakan dengan mudah, tapi saya pribadi menyarankan untuk menggunakan softaculous. Mengapa? Beberapa artikel yang pernah saya baca menyebutkan bahwa Fantastico memiliki bug, sehingga kemungkinan error saat instalasi bisa terjadi.

Artikel terkait: Cara Membuat Website / Blog WordPress Self Hosted

Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Dengan Bantuan Softaculous

1. Langkah pertama adalah masuk ke Cpanel hosting anda, namadomain.com/cpanel. Masukkan username dan password Cpanel hosting Anda.

cpanel
2. Setelah berada di dalam Cpanel, kita bisa scroll ke bagian bawah untuk mencari link Softaculous. Lalu klik link Softaculous tersebut dan kita akan diarahkan ke halaman berikutnya.

softaculous
3. Setelah kita berada di dalam halaman Softaculous, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress nya. Anda akan melihat logo WordPress dihalaman instalasi, lalu arahkan kursor mouse ke logo tersebut dan klik Install.

option
4. Setelah itu kita akan masuk kehalaman berikutnya, dimana kita bisa masukkan beberapa data untuk domain yang akan diinstall script WordPress. Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama domain, nama blog, deskripsi, admin user name, dan admin password, untuk kolom lainnya biarkan saja default.

Oh ya, jangan lupa untuk menyimpan data penting WP admin seperti username dan password untuk login. Periksa kembali data yang kita masukkan, bila sudah yakin klik Install. Tunggu proses installasinya, biasanya hanya beberapa detik saja.

CATATAN PENTING: Perhatikan pada bagian “In Directory”, bila Anda ingin menginstal WordPress pada root domain maka bagian In Directory dikosongkan saja. Bila Anda ingin menginstal WordPress pada directory baru (misalnya Blog atau WP), maka bagian tersebut tinggal diberi nama “Blog” atau “WP”. Pada kolom Database Name bisa dibuat sesuai dengan nama domain Anda (misalnya Maxmanroe_com) atau bisa dibiarkan default saja.

Saya pribadi lebih memilih untuk mengosongkan bagian “In Directory” agar WordPress terinstal di root domain. Sedangkan pada kolom “Database Name” dan “Table Prefix” biasanya saya biarkan default saja.

Pada kolom “Site Name” kita bisa menambahkan nama blog/ website, dan memasukkan deskripsi singkat blog pada kolom “Description”. Untuk blog pribadi atau blog bisnis, jangan mencentang bagian “Enable Multisite (WPMU)”.

Pada bagian “Admin username” masukkan username yang Anda inginkan, pastikan Anda tidak menggunakan username admin karena rentan terhadap serangan hacker. Gunakan username yang tidak umum, misalnya useromeo. Pada kolom “Admin Password”, masukkan password yang Anda inginkan untuk masuk ke WP admin, gunakan password yang kuat. Sedangkan pada kolom “Admin Email”, masukkan email utama Anda untuk mengelola blog yang akan dibuat. Lalu klik “Instal”

install

5. Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah mengecek WP admin kita. Coba masuk ke WP admin dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin di browser, lalu masukkan user name dan password yang sudah dibuat tadi untuk login. Sampai di sini proses instalasi script WordPres di Cpanel Hosting sudah selesai.

Baca juga: Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP

Cara di atas adalah cara install WordPress di Cpanel hosting yang menurut saya paling mudah dan aman dan prosesnya installasinya sendiri tidak sampai 5 menit. Anda tidak mungkin melakukan kesalahan jika melakukan langkah-langkah di atas dengan benar. Selamat mencoba!

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

71 pemikiran pada “Cara Install WordPress di Cpanel Hosting”

  1. Terima kasih gan atas artikel nya sangat bermanfaat buat saya yang baru belajar buat website, sangat membantu saya… sukses selalu gan

    Balas
  2. mending database namenya di biarin kosong agar secara default otomatis diberi nama sendiri

    Balas
  3. artikel yang sangat berguna bagi saya pemula, sebelum mulai bergelut dalam dunia Wp.

    Balas
  4. sebagai warga negara yang baik, karena sangat bermanfaat, saya ucapkan terima kasih banyak atas ilmunya . .

    Balas
  5. sewaktu saya membuat website pertama kali saya juga kebingungan, dan akhirnya setelah baca-baca situs ini saya jadi mengerti, terimakasih sharingnya mas..

    Balas
  6. Mas, mau tanya. Hasil insta saya berada di namadomain.com/wp, baru muncul blog sya. Kalau diketik namadomain.com kok ga bisa, carabenerinnya dmana ya? mksh bantuannya.

    Balas
  7. Sy sdh instal WordPress di cpanel memakai softaculous tp belum bs tampil,klau dibuka browser,dan tertulis index,gimana ya solusinya ya mas

    Balas
  8. pas lagi install kok ada kata ini y “The maximum number of databases you can create has been reached, so installation cannot proceed.” tolong dijelaskan

    Balas
  9. terima kasih atas infomasinya mas yang,sy masih baru dalam bidng bloger ne,,,sy belajar tanpa sesiapa,sy amat minat dalam bidang dunia internet,,,cuma yg menjadi penghalangnya sy tak punya sekolah yang tinggi dulunya punya cita2 menjadi penulis yang berjaya tapi tak kesampaian kerana tak punya biaya,kedua orang tuanya nga punya uang waktu itu,,,lalu sy nekad tuk berhenti sekolah tuk mencari perkerjaan,sy cuba mencari seseorang yang boleh ajari sy dalam bidang bloger,,,sy punya bloger yang banyak tapi semuanya tak berhasil makud sy bukan bloger yang bagus macam bloger mas yg sy baca sekarang banyak idea yang dapat sy perolehi lewat semua bloger mas,,,terima kasih atas ilmu ini,,,,wassalam….AFFILIATE PUBLISHER

    Balas
  10. terima kasih mas maxmanroe.com, akhirnya sudah bisa jalan.
    dan mau bertanya mas, banyak sekali plugin2 di wordpress. kalau maxmanroe.com sendiri pakai plugin apa aja mas ?

    Balas
  11. saya kemaren un instal wordpress dari cpanel, kemudian mau saya instal lagi kenapa erorr (Could not write the Configuration File soft.htaccess) ya?? mohon informasinya

    Balas
  12. saya barusaja install wordpress di cPanel, tapi kenapa nggak bisa login ya. blank putih “not found”, mohon solusinya gan

    Balas
  13. sepertinya saya akan bingung untuk install wordpress sama seperti waktu pertama kali beli domain dulu..

    Balas
  14. Gan ada petunjuk kalau kita mau instal wordpres muncul notofikasi WordPress cannot be installed in the Free version of Softaculous! Please notify your Server Admin to purchase the premium version of Softaculous!
    bagaimana ya gan

    Balas
    • Min, saya coba bantu jawab pertanayan ini ya.

      Sepertinya web hosting yang mas/mbak pakai ini tidak bagus, karena web hostingnya memakai software Softaculous yang gratisan.
      Solusinya:
      1. Instal wordpressnya secara manual saja, jangan melalui softaculous.
      2. Pindah web hosting

      Tapi menurut saya si, sebaiknya ganti web hosting saja…
      web hosting yang bagus tidak mungkin pakai yang gratisan :P

      Semoga membantu.

      Balas
  15. Maaf gan, mau nanya. Web saya sdh setahun ini pake prestashop, kemudian saya kepikir mo ganti ke WordPress, yang saya mau tanya untuk mengganti ke WP itu lewat Softaculous tidak perlu menghapus Prestashopnya. Kalo perlu caranya bagaimana gan. Terima kasih

    Balas
  16. Saya baru membeli domain. saat saya membuka Cppanel kok ga bisa, saya masih pemula.

    Balas
    • Hal ini bisa jadi karena koneksi yang dipakai, misal saja menggunakan koneksi kantor. Ya semacam di blok2 gitu atau di anggap bukan koneksi aman lah…
      Soalnya sering mengalami hal ini kalau menggunakan koneksi kantor :D

      Balas
  17. Saya instal wordpress 4.2.2 pake softaculous, setelah klik install muncul pesan “ERROR language pack…bla..bla..bla..”
    Kenapa ya bang?
    Trus pas buka /wp-admin ada pesan error lagi”Url not valid” bingung.
    Sekalian minta masukan bang, barangkali punya rekomendasi template wordpress buat blog, yang paid atau yang gratis boleh.
    Thanks bang

    Balas
    • Theme messocolumn bagus mba, coba search di Google. Sangat-sangat jarang terjadi error saat instal WP dari Softaculous, saya tidak pernah mengalaminya mba. Pasti ada yang salah saat melakukan instal

      Balas
  18. kalo nginstal addon domain caranya gmn mas, apa diinstal di root juga ntar campur aduk donk. bingung nih

    Balas
    • Kalau mau add on domain bisa lewat menu yang ada di CPanel, jadi gak harus masuk root2 gitu :)

      Balas
  19. saya sudah ikuti smua instruksi di atas.trus sudah ada juga pemberitahuan kalau softaclousnya berhasil di install. Congratulations, the software was installed successfully.
    nah,setiap kali saya mau masuk ke wp-admin,kok slalu error ya bang ?

    Balas
    • Itu karena Setelah proses penambahan addon domain akan membutuhkan waktu resolve maksimal 2 x 24 jam sebelum bisa resolve ke server :)

      Jadi sabar dulu ya untuk mengutak atik wordpressnya :)

      Balas
    • Kadang domain dan hosting tidak langsung terhubung (misalnya kalau beli domain dan hostingnya beda tempat). Proses propagasi ini kadang bisa memakan waktu 12 jam atau bisa sampai 1×24 jam setelah kita setting dns di domain. Sejauh pengalaman saya, memakai registrant luar selalu lancar dan cepat proses propagasinya… kalau yang lokal ada saja yang lama.

      Balas
  20. Mas, saya sudah punya domain dan sudah dipasangkan ke blogspot. nah sekarang karena sudah banyak yang kunjungi, rencana mau pindah ke wordpress lantas bagimana caranya mas? cara menghubungkan domain ke hostingnya

    Balas
  21. Mas saya sudah instal dengan softaculous, karena di tampilan cpanel saya sudah tidak ada fantastico.

    Nah setelah saya instal wordpress kenapa kok domain saya jadinya kaya gini mas domainsaya.com/wp. Sedangkan kalau wp nya dihilangin dan hanya domainsaya.com tidak bisa dibuka mas. Mohon keteranganya

    Balas
    • Berarti waktu instal WordPress nya mas Akhdan membuat direktory WP. Kalau kesulitan lebih baik uninstal dulu WordPress nya, lalu instal ulang tanpa membuat directory. Bagian directory dikosongin aja, baca bagian catatan penting pada artikel di atas.

      Balas
  22. Terima kasih atas tutorialnya, barusan saya beli hosting dan domain baru tapi bingung harus memulai dari mana.. coz baru kali ini pakai WP

    Capek capek cari ternyata ada di softaculous… hahaha, trims ya Mas

    Balas
  23. kasus saya beda setelah install tidak bisa login ke wp admin,,, gimana itu mas…

    Balas
  24. mau intsla terus ada tulisnnya nie” The following errors were found :

    You do not have sufficient space to install this software!”

    itu kenapa ya gan??apa spacenya kurang ya

    Balas
    • Installnya dari mana mas, kalau dari softaculous biasanya lebih mudah dan cepat. Kalau melihat pesan itu, artinya disk space host nya terlalu kecil atau tidak ada ruang lagi untuk menginstal WordPress nya.

      Balas
  25. Gan, kolom In Directory berisi WP.
    Nah, kalau mau login jadi namadomain.com/wp/wp-admin

    Balas
    • Oh itu berarti Anda buat direktori WP. Kalo mau di root nya ga usah pake direktori WP lagi, kosongin aja kolom direktori sewaktu akan install WordPress nya

      Balas
      • In Directory itu memang harus dikosongin ya bang? kalo nggak dikosongin gimana?

        Balas
        • Ya terserah sih, kalau web Maxmanroe.com dikosongin bagian In Directory nya. Jadi ketika buka web ini URL nya maxmanroe.com.

          Kalau In Directory nya diisi (misalnya web atau blog), maka homepage nya nanti jadi domain.com/web. Kalau untuk blog WordPress biasa, sebaiknya bagian In Directory dikosongin saja.

          Balas
  26. Berkat ada softaculous, proses instalasi sangat mudah yah bang.. Tidak sampai 5 menit bahkan.. Tidak perlu buat database dan segala macemnya lagi..

    Balas
  27. Mas kalo buat bnyk blog gunain wordpres.com gunain 1 hos gmn caranya

    Balas
  28. ketika install plugin stats berhasil, namun tidak terdeteksi di dashboard. Saya menggunakan wordpress shared hosting premium. mohon bantuan gan

    Balas
  29. Wah ini yang di cari mas …. berguna banget … pas bangett nemu nya di web ini ….
    thanks mas atas info nya :D

    Balas
  30. ada yg salah bang,,, di in directory harap dikosongkan…soalnya nanti muncul masalah baru. kalo pengen tau ya coba aja diisi. thanks infonya harap diedit…saya pusing berpa hari gara2 artikel ini,,
    adipriatna.com

    Balas
    • Oh.. kalau itu tergantung kita sih. Kalau mau install WP nya di dalam directory tertentu ya bisa dibuat directorynya. Tapi kalau mau instal wp di dalam domain ya tinggal dikosongin aja kolom tersebut, semuanya tergantung kebutuhan :)

      Balas
  31. Akhirnya dapat pencerahan juga, sekarang saya lagi mau coba build blog pake wordpress soalnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan