Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP

 

Plugin WordPress Terbaik – Plugins pada WordPress menjadi salah satu kelebihan situs-situs yang menggunakan platform WP. Kita dapat menambah kemampuan dan juga fungsi pada sebuah situs WP dengan menginstal beberapa plugins, baik itu plugins untuk membantu SEO situs, plugins untuk mempercantik situs, dan lain-lain.

Tersedianya berbagai plugin pada WordPress kadang membuat beberapa blogger bingung, plugin mana yang harus diinstal dan plugin mana yang berfungsi sebagai tambahan saja. Sebaiknya kita tidak menginstall plugins yang memiliki fungsi sama, selain akan menambah beban source hosting, juga akan membuat kita bingung dalam penggunaannya.

Tiap blogger atau webmaster pasti memiliki plugins favorite mereka sendiri yang biasa diinstal di situs WP mereka. Plugins terbaik yang saya maksud disini adalah plugins yang harus kita install di blog agar blog atau website yang kita buat lebih optimal  baik secara SEO maupun secara fungsional.

Berikut ini adalah beberapa plugins WordPress terbaik untuk blog WP :

1. Plugins Untuk SEO (Search Engine Optimization)

Untuk memaksimalkan SEO sebuah blog atau website Anda harus menginstal plugin-plugin ini. Perlu diingat, kita tidak perlu menginstal semua plugins yang memiliki fungsi yang sama.

  • All In One SEO Pack, WordPress SEO by Yoast – Kedua plugins ini memiliki fungsi yang hampir sama yaitu membantu Anda dalam memasukkan judul website, kata kunci, deskripsi, sehingga membuat situs kita mudah dikenal oleh mesin pencari. Saya sendiri lebih suka menggunakan WordPress SEO by Yoast karen fiturnya jauh lengkap dibandingkan plugins All In One SEO Pack.
  • Google XML Sitemaps – Plugin ini berfungsi untuk membuat sitemap otomatis dan memetakan setiap konten dalam website sehingga konten website mudah terbaca dan terindex oleh mesin pencari.
  • SEO Friendly Images – Plugin yang dapat membantu kita untuk menambahkan ALT dan Title attributes pada setiap gambar yang kita posting. Ini dapat membantu menambah trafik dari hasil pencarian gambar di google, dan membuat setiap gambar menjadi W3C/xHTML valid.
  • W3 Total Cache, WP Super Cache – Loading web yang lama sering membuat kita kehilangan pengunjung. Dengan plugin ini kita dapat terbantu untuk mempercepat load website kita. Saya sendiri lebih memilih menggunakan plugin WP Super Cache karena lebih mudah untuk disetting hehehe.
  • WP Smush.it – Plugin ini berfungsi untuk mengecilkan ukuran gambar dalam website kita. Selain akan membantu untuk mempercepat loading website kita, plugin ini juga membantu mengurangi beban source hosting.
  • SEO ALRP – Plugin buatan mas Purwadi Kurniawan ini adalah salah satu plugin favorite saya. Selain bisa membuat internal link secara otomatis, plugin ini juga membuat tampilan related post pada tiap artikel terlihat lebih cantik hehehe.
  • CBNet Ping Optimizer – Setiap kali kita posting artikel baru atau mengedit sebuah postingan lama maka WordPress akan otomatis melakukan ping ke search engine. Tapi kalau terlalu sering melakukan ping akan membuat situs kita dianggap melakukan SPAM. Plugin ini berfungsi untuk membatasi jumlah ping ke search engine. Update, plugins ini tidak diperlukan lagi karena menurut informasi terbaru yang saya dapatkan proses pinging pada WordPress hanya dilakukan ketika posting pertama kali. Ketika konten lama diedit dan diupdate, tidak ada proses pinging, namun search engine akan tetap bisa membaca perubahan yang dilakukan pada konten yang diedit tersebut.

2. Plugins Untuk Social Media

Tidak bisa dipungkiri bahwa social media sangat penting dalam proses promosi sebuah website. Semakin kita terkenal di socia media maka semakin besar kemungkinan website kita akan dikenal oleh orang lain.

Sebaiknya kita memasang plugin untuk social media di web WordPress agar visitor bisa membantu kita dalam proses promosi itu sendiri. Bila seorang pengunjung menyukai sebuah artikel, mungkin dia ingin memberikan facebook like’ atau membagikan ke teman Facebook atau twitter. Di sini lah terjadi efek viral dari social media, sehingga membuat website kita semakin dikenal oleh orang lain. Berikut ini beberapa plugins social media yang sudah saya gunakan:

  • SEO Facebook Comments – Memasang kolom komentar Facebook di setiap akhir postingan yang kita buat. Setiap kali seseorang memberikan komentar di kolom tersebut, komentar dan link ke website kita juga ikut terkirim ke halaman facebook mereka.
  • Twitter Facebook Social Share – WordPress plugin untuk memasang tombol Twitter, Facebook, Google plus, dan social share yang lain. Kita dapat memasangnya di bagian atas atau bagian bawah setiap postingan dalam blog/ web.

3. Plugins Untuk Kontak

Plugins ini diperlukan untuk komunikasi dengan pengunjung atau seseorang yang ingin menghubungi kita melalui halaman kontak. Tidak menutup kemungkinan akan ada seseorang yang ingin berbisnis dengan kita atau ingin menyewa space untuk iklan di website kita. Untuk itu diperlukan halaman kontak yang bisa terhubung dengan email.

  • Contact Form 7 – Plugins ini sangat mudah digunakan. Kita bisa membuat halaman khusus untuk kontak dan membuat kolom untuk isian, seperti yang bisa dilihat pada halaman kontak blog ini.

4. Plugins Untuk Security

Keamanan adalah hal yang sangat krusial bagi sebuah website. Bagi mereka yang punya skill dalam hal coding, bisa mengatur keamanan dengan menambahkan script khusus ke dalam server untuk mengamankan blog WordPress mereka. Namun, yang tidak memiliki keahlian ini perlu menginstal plugins WordPress, diantaranya:

  • Wordfence Security
  • Login Lockdown
  • Bulletproof Security

5. Plugins Lainnya

Beberapa plugins favorite yang sudah terinstall di blog ini adalah:

  • Akismet – Plugin ini membantu kita untuk menahan komentar SPAM
  • WP Optimize – Untuk membantu mengoptimasi kinerja WordPress
  • WordPress Related Post – Untuk menampilkan artikel terkait secara otomatis di bawah postingan
  • Dagon Design Sitemap Generator – Membantu membuat sitemap untuk pengunjung website
  • WP Touch Pro – Plugin yang membuat website kita dalam mobile theme agar mudah digunakan oleh pemilik smartphone.
  • SEO Search Terms Tagging 2 – Plugin ini dapat membantu memperkuat SEO onpage sebuah website

Sebenarnya masih banyak plugins yang bisa digunakan untuk blog/ web WordPress kita, namun tidak perlu untuk terburu-buru menginstal plugin yang memang tidak sesuai dengan kebutuhan sebuah web karena itu hanya akan menambah beban hosting saja hehehe. Ok this is it – plugin wordpress terbaik untuk blog WP menurut versi Maxmanroe.com, bila Anda punya plugin tambahan atau pendapat yang lain, silahkan posting di bagian komentar.

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

213 thoughts on “Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP”

  1. Terima kasih banyak atas informasinya Bang!!! Sekalian saya mau nanya nih Bang, gimana caranya mindahin domain hosting dari blogspot ke wordpress self hosting? Saya tunggu ya Bang jawabannya!

    Reply
  2. Sangat Bermanfaat, kebetulan saya baru mendalami wordpress dan langsung nemu artikel yang berguna.

    Thanks

    Reply
  3. mas marikxon, saya mau tanya?wordpress tiba tiba ada tulisan huruf cina padahal saya tidak ngasih dan itu penyebabnya apa? dan solusi untuk menghilangkan gimana? mohon pencerahannya mas. terima kasih

    Reply
    • Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya:
      1. Menginstal plugin tertentu yang menampilkan tulisan huruf Cina
      2. Theme nya kena inject script yang membuat tampilan huruf Cina muncul
      3. Websitenya kena hack
      Mending dicari tahu penyebabnya mas, dan ini hanya bisa dilakukan si pemilik website

      Reply
  4. thanks gan ,,untuk info dan tips tentang plugin jadi bisa membantu mana yang bagus untuk di instal

    Reply
  5. Salam,saya tertarik sama plugin SEO ALRP by Purwedi Kurniawan,cuma sayang ya jarang update,terima kasih bang max,salam buat semua

    Reply
  6. Kalau plugin Yoast & SEO All In One itu pilih salah satu aja atau pasang dua2nya mas? Maklum baru hijrah dari blogger jd tanya2 hehe

    Reply
  7. Terimakasih Bang Max.. Ada inspirasi baru buat saya, khususnya yang WordPress related Post. :)

    Reply
  8. Mantap sekali gan..
    Sangat informatif sekali buat newbie kayak saya..
    Makasih banyak ya gan..

    Reply
  9. Kalo plugin komentar itu lebih efektif yang nyambung sama medsos atau yang model gini ya ?

    Reply
    • Tergantung si pemilik website sih. Ada yang lebih suka pakai kolom komentar Facebook di websitenya, ada juga yang suka pakai kolom komentar Disqus. Kalau saya pribadi lebih suka memakai kolom komentar default bawaan WordPress nya.

      Reply
  10. Ada artikel tentang tutorial dan manfaat detail WP Optimized om ?
    Terima kasih ..

    Reply
  11. Terima kasih Gan, saya telah membaca artikel yang “Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP” saya sangat merasa terbantu, karena saya seorang newbi sangat terbantu sekali..terima kasih

    Reply
  12. plugin Jetpack bagus gak ,,, saya pasang jetpack tp wordpress jd lemot banget setelah meminta bantuan dari hosting server … solusi mereka yaitu menonaktifkan 2 plugin yg katanya bikin berat salah satunya jetpack …
    padahal saya suka dan terbantu banget sama jetpack …

    Reply
  13. Pernah install semua plugin tersebut.. Tapi website jd lambaat banget.. Terutama wordfence security.. Gmn dong solusinya..

    Reply
    • Wordfence Security tidak membuat lambat website pak Herman, justru saya pakai Wordfence untuk keamanan web. Coba cek dulu spesifikasi hosting pak Herman, kalau memang spek nya tidak tinggi ya jangan instal banyak plugins. Install plugins yang paling penting saja.

      Reply
  14. Saya mau tanya nih Mas, kalau plugin yang sangat direkomendasikan untuk auto read more itu apa ya? Mohon bantuannya Mas. Sukses selalu buat blog Maxmanroe

    Reply
  15. Pertanyaan sama spt di atas mas, yakni bagaimana dengan jetpack yang konon resmi dari wordpress. Terima kasih

    Reply
  16. bagaimana dengan Jetpack?
    saya biasa menggunakan untuk menampilkan statistik tampilan perhari.

    Reply
  17. thankyou mas infonya, kira2 pengaruhnya apa ya kalo pasang plugin terlalu banyak?

    Reply
    • Terlalu banyak plugins bisa saja mengakibatkan proses loading website menjadi lebih lama. Itu sebabnya kita sebaiknya menggunakan plugins yang diperlukan saja.

      Reply
  18. Apakh plugin SEO ALRP masih berfungsi? Karena plugin itu dah gak update lebih dari 2 tahun.

    Mohon pencerahannya.

    Reply
  19. halo mas untuk plugin seo yang premium ada rekomendasi yang bagus g mas,,
    makasih banyak

    Reply
  20. Menurut maxmanroe plugin social share yang reccomended yang mana ya? terima kasih

    Reply
  21. Mas Max numpang tanya untuk plugin Wordfence Security itu berpengaruh pada turunya visitor gak ya? soalnya saya mau pasang tapi takut visitor malah jadi turun drastis….mohon penjelasannya mas…terima kasih

    Reply
  22. baru punya blog hosting, enak bisa pasang dan ganti plugin. baca lagi dan melihat beberapa yang penting untuk digunakan. terima kasih infonya

    Reply
  23. Terima Kasih sekali atas saran-saran plugin-nya. Pastinya mungkin akan bermanfaat bagi Blogger newbie seperti saya.. Sekali lagi terimakasih.

    Reply
  24. Mas mau tanya.. kalau mangganti peran plugin bagi blogspot itu dengan apa yah???
    xml.sitemap saya sampai sekarang belum ke baca di queries….
    Mohon masukannya

    Reply
  25. numpang tanya gan,setelah saya pake plugins yoast kenapa ya bukan nya naik blog nya malah turun dan postingan nya lama ke index nya?saya tunggu balasan nya gan

    Reply
  26. Mas saya lagi belajar bikin web dgn wordpress. untuk plugin share yg bagus dan mudah dioperasikan apa ya… pake yang SEO Facebook Comments atau Twitter Facebook Social Share…
    trimakasih banyak sebelumnya…

    Reply
  27. Saya msh awam dgn web platform wordpress, pernah mencoba bikin pakai wordpress dan menginstal plugin seperti info diatas. krng lebih 1 bln setelah saya instal beberapa plugin tsb, website saya kena hack. yg ingin saya tanyakan apakah ada yg salah, atau memang keamanan web saya yg kurang. mohon pencerahannya. Terimakasih.

    Reply
    • Ada beberapa penyebab blog WordPress di-hack, misalnya; menggunakan theme atau plugins bajakan, server tidak aman, password tidak kuat. Nah coba dilihat lagi mas, penyebabnya kira-kira yang mana, itu yang harus diperbaiki.

      Reply
  28. Mas….sy udah coba pake seo alrp tp kok error y?

    Saran : utk cache sy pake WP Fastest Cache lebih bagus dr yg di atas td mas

    utk security mana yg mas Max pakai di blog ini?

    Reply
  29. Terima kasih infonya gan, kebetulan web saya juga menggunakan wordpress. mau saya aplikasikan ilmunya agan ke web saya..

    Reply
  30. wordpress memang mantap mas ane aja suka banget dengan wordpress. tpi skrng pke hp jdi pengolahan sepenuhnya jadi kurang

    Reply
  31. Mantab gan tutorialnya sangat bermanfaat dan membantu dalam pengelolaan website bermesin WordPress. Terimakasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat ini

    Reply
  32. saya juga pemakai Plugin YOAST SEO ini, tapi di web yang satunya saya pakai Plugin AIO, dan keduanya memang sangat super ampuh buat Trafik ditambah, apalagi klo digabung ALRP + STT2, 1 halaman google penuh bisa dikuasai hanya dengan keyword tunggal atau niche . hanya saja saya pikir kelemahan dari plugin ini masih sulit untuk menembus persaingan keyword tinggi.
    tapi ndak tau klo PLUGIN SEO yang Upgrade (berbayar) karena belum pernah pakai. sekarang mau coba olshop_WP, dan masih tahap pengembangan.
    salam kenal.

    Reply
  33. Tambahan kang.. Plugin Jetpack biar bisa posting ke sosmed. Kalau bawaan wordpress dot com kan sudah ada tuh agar bisa share begitu.
    Soalnya saya dulu nyari. Mungkin di sini ada yang nyari juga. Hehe.
    Thanks, tiap mau build website saya selalu masuk ke postingan ini karena tidak hafal plugin2 yang bagus :)

    Reply
  34. klo mnurut admin plugin seo yg bagus yoast seo apa all in one pack seo ya??
    pluggin pndukung seo yg lainnya apa aja sih ??
    thanks :D

    Reply
  35. Semua plugin di atas gratis atau berbayar mas ?
    saya gak pernah kenal plugin” itu sebelumnya.

    Reply
  36. wah.. rekomendasi pluginya emg bagus2 sih, cuma bedanya saya pakai yoast, dan gak ada seoo alrp, atau seo image, kalau image mah saya cuman pakai smush it aja buat ngomprees ukuran biar gak makan hosting.

    Reply
  37. Bedanya script sama plugin apa bang? Saya pernah search script social share kok diarahkannya ke plugin yang diinstal dari dashboard.
    Thanks

    Reply
  38. Makasih pencerahannya bang. Saya baru mau coba pake wordpress.
    Oya bang, untuk newbie seperti saya lebih bagus mana antara ocportal dengan wordpress?
    Sekalian usul bang marikxon, ngajarin tentang ocportal.
    Makasih

    Reply
  39. saya paling suka sama plugin2 SEO dan lebih prefer ke AIOSP daripada WP SEO by Yoast walaupun banyak banget SEO experts yang merekomendasikan plugin tersebut :)

    Reply
  40. Saya pernah memakai plugin google sitemap, seo by yoast, tetapi google sitemap saya hapus lagi karena di seo by yoast sudah ada sitemapnya,,,
    Apa langkah saya sudah benar bang,?
    Apa plugin google sitemap dan seo by yoast bisa jalan bersama-sama?

    mohon bimbinganya.

    Reply
  41. Saya sekarang ini memakai wp easy seo…apakah ada ulasan untuk pluugin ini pak ? salam kenal

    Reply
  42. Mas…. Saya lagi buat website dengan template Natural, ketika saya mau membagi halaman posting, malah gak bisa… halaman manjang teruuuussss sampai ke bawah… kalau postingan udah mulai rame, jadi lemot tu websitenya… ada solusi mas untuk membagi halaman postingan (saya sudah pake plugin pagenavi) tetap tidak bisa. Terima kasih

    Reply
    • Web nya pakai platform apa? Kalau WordPress sangat mudah membatasi jumlah postingan yg tampil di homepage, kita juga bisa membuat potongan artikel sesuai keinginan. Diatur dari Settings > Reading > pada bagian Blog pages show at most isi dengan jumlah postingan yg ingin ditampilkan.

      Reply
  43. Mas, mohon info nya, kalau untuk meringankan speed load blog menggunakan bantuan plugin apa yang terbaik, dan satu hal lagi Kenapa ya blog wp saya selalu melakukan loda 2x. Sebagai contoh, setelah halaman terbuka penuh, tiba2 melakukan load lagi yang sering mengakibatkan load yang ke2 menjadi super lambat. Saya menggunakan theme magazine dengan fitur yang menurut saya sudah sangat lengkap sekali. Terimakasih.

    Reply
  44. kalau saya yang paling utama sih security, mungkin tiap orang berbeda-beda ya…

    Reply
  45. apakah setelah kita menggunakan plugin seo by yoast kita jagi gak perlu lagi di daftarkan di google webmaster?

    Reply
    • Itu dua hal yang berbeda, tetap harus kita daftarkan. Btw sekarang Google webmaster tools berganti nama menjadi Google Search Console

      Reply
  46. Ohhh..jadi kalau saya nihh cuman buat website pake xampp(local host) ngg perlu instal plug in yaa..krn plug in fungsinya klo udh online..hahhaaha bingung gw soal plug in brusn baca ni artikel bru ngeh.. thanks…

    Reply
  47. Gmn cara na hilangin tgl/ buln/ jam untuk setiap postingan.udh ubah pada setingan dasbor na.tp ttp msh muncul…mohon bgi pengetahuan na y…

    Reply
  48. mas, di SEO By Yoast kan sudah ada sitemapnya tuh. klo misalnya di tambahkan google xml sitempa apa tidak bentrok nantinya ? makasih sebelumnya

    Reply
    • Pakai salah satu saja, kalau pakai yang di Yoas berarti tidak perlu instal lagi Google XML. Kalau saya lebih suka pakai yg Google XML sitemaps karena sudah kebiasaan. Yang di Yoast tidak saya aktifkan

      Reply
    • W3 Total Cache ga bikin iklan Adsense terbanned. Tapi memang pengaturan plugin ini agak ribet, dan kalau salah setting bisa membuat tampilan website kita berantakan. Saya pernah pakai plugin ini, karena salah setting web saya rusak. Akhirnya saya ganti dengan WP Super Cache.

      Reply
  49. mas ada gak ya plungins facebook supaya pas di tampilan homepage muncul pop up (floating) tombol like fanpage ? supaya banyak yg like gitu fanpagenya…

    Reply
    • Saya pakai plugin Facebook Page Promoter Lightbox Premium. Ada versi gratisnya, tapi versi premium lebih ringan dan ada fitur bagus lainnya.

      Reply
      • Gan, klo plugin yang menampilkan pesan melayang dengan tombol like FB & G-plus seperti di merdeka. com itu apa namanya ya. Jadi seolah visitor itu nge-like pesan yang ditampilkan, padahal nge-like FP

        Makasih sebelumnya

        Reply
        • Kalau di web Merdeka.com sepertinya bukan pakai plugin, mereka pasti punya web developer sendiri yang bisa mengatur tampilan tombol social media.

          Reply
  50. Banyak yang bilang plugin seo yang terbaik itu wp by yoast, tapi saya masih tetep setia sama aiosp, kalau ada settingnya yoast yang bagus di serp baru deh pindah :D

    Reply
  51. Makasi untuk admin maxmanroe.com . alhamdulillah saya bisa menyelesaikan kesulitan memilih plugin yang bagus untuk web saya. karena banyak sekali plugin sampe bingung milih yang mana harus di pakai.

    akhirnya ketemu juga disini solusinya. pas banget sama masalah saya sekarang.
    thanks to admin. salam sukses.

    Reply
  52. Makasi banyak gan atas ilmu nya paling betah baca artikel-artikel agan..
    share dunk cara menulis yang bagus seperti agan :D

    Reply
  53. Terimakasih mas, saya dari dulu selalu googling untuk memncari tips-tips seo dan ketemunya selalu blog ini, sangat membantu sekali

    Reply
  54. Makasi banyak gan atas ilmu nya paling betah baca artikel-artikel agan..
    share dunk cara menulis yang bagus seperti agan :D
    oya kalo facebook yang autolike itu biasa nya pake plugin apa gan yang tidak terlalu berat.. makasi banyak sebelumnya

    Reply
  55. om mau tanya, untuk seperti di website tribun gitu, sosial sharenya pakai plugin atau script ya mas?

    Reply
    • Kalau website Tribun pasti sudah menggunakan script sendiri. Mereka pasti punya tim ahli untuk web application, termasuk aplikasi social media di website mereka.

      Reply
  56. Mas, apakah benar jika kita memakai plugin untuk share social akan menyebabkan website menjadi lemot? saya pernah baca, lebih baik langsung pakai script bukan plugins
    Thx.

    Reply
  57. Seteah di pasang Plugin WordPress SEO by Yoast, menu seo yoast nya tidak bisa dibuka
    setelah saya pasang plugin Plugin WordPress SEO by Yoast pada menu Titel & Metas, tab menu tidak bisa dibuka, dan juga saat buat postingan, menu seo yoast nya juga tidak bisa dibuka

    Reply
    • Saya menggunakan 15 plugin untuk blog saya, mungkin ada teman blogger lainnya yang lebih banyak. Tergantung kebutuhan, tapi sebaiknya jangan menginstal plugin yang fungsinya mirip atau sama, dan jangan instal terlalu banyak plugins karena bisa mempengaruhi kecepatan load web kita juga.

      Reply
  58. Makasih banyak ya gan udah memberi referensi yang sangat banyak gan dan bermanfaat untuk website saya

    Reply
  59. Terima kasih infonya mas….mungkin sebagian saya udah pernah pakai….memang mantap….tp dari info sampeyan jdi tambah referensi lagi…hehehe

    Reply
  60. itu plugin mesti di pasang semua mas ? apa ada saran yg mana saja yg harus di instal

    Reply
  61. Mantap masbro.. Plugin yang disebutkan diatas memang sangat berpengaruh besar terhadap sebuah website atau blog..

    Kalau berkenan saya juga ada membahas mengenai beberapa plugin lain yang juga wajib untuk di install di wordpress.

    info nya disini gan : ———–

    Thanks

    Reply
  62. Makasih kang informasinya, sangat membantu bagi newbi seperti saya yang sedang belajr website

    Reply
  63. Salam Kenal
    Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank’s untuk infonya
    aku tunggu info-info lainnya

    Reply
  64. Wahh.. abang satu ini banyak bener ilmunya.. izin comot dikit ya baanng.. trims infonya bner2 menarik

    Reply
  65. Gan, q udah pasangan plugin seo fb comment, kok misalkan orang komen lewat fb kenapa ga ada pemberitahuannya di Fb saya ya? Thanks

    Reply
  66. Good Sharing Gan, tpi boleh usul gak? Ini tombol Social Medianya (FB,Twit,G+) nutupi tulisan jadi agak terganggu. Kalo bisa di setting open n close keliatanne lebih mantap bacanya….

    Reply
  67. Trima kasih akhirnya ketemu disini….

    mampir balik ea gan :) dituggu…!!
    mantap artikelnya

    Reply
  68. Kalo related artikel blog ini pake bawaan atau plugin mas?
    Trs klo pake plugin, plugin apa yg bagus ya, minimal ada images spt punya mas ini :D

    Reply
    • Maxmanroe.com menggunakan plugin nRelate untuk membuat related artikel di bawah postingan. Settingannya tidak sulit :)

      Reply
  69. terimakasih gan… sebagian plugin sudah saya install di WP, mungkin kurng beberapa.
    untuk setting masing-masing plugin yg benar gmn gan ?

    Reply
  70. menarik sekali infonya om.. maxmanroe ini ada jasa buat situs ga ya? saya mau ngembangin web saya.. terima ksih sebelumnya

    Reply
  71. SEO Friendly Images – apa masih diperlukan.
    di dalemnya gambar kan pasti ada menu alt text

    Reply
    • Buat saya sih masih diperlukan karena membantu untuk memasukkan alt gambar secara otomatis… kalau mau manual ya ga usah install plugin ini mas :)

      Reply
  72. sundul lg mas
    wordpress ku wordpress.com bukan wordpress.org atau berbayar apakah bisa d pasang plugin jg

    Reply
  73. Oh iya mas
    untuk permalinks agan kok bisa /plugin-wordpress-terbaik-untuk-blog-wp.html itu menggunakan plugin atau langsung setting ke dasbor wp

    Reply
    • Lho itu kan bisa diatur dari halaman dashboard WP secara manual mas, ga perlu pake plugins. Masuk ke halaman setting > Permalinks > Pilih Custom Struktur dan mengisi kolom yang tersedia dengan kode /%postname%.html DONE :)

      Reply
  74. sangat membantu sekali ilmunya pak…
    Untuk Plugin All in SEO Pack sangat bermanfaat sekali untuk optimasi toko online saya, dimana plugin ini berfungsi untuk Mengoptimasi Blog Anda agar lebih SEO Friendly, dengan menambahkan Meta Title, Meta Keyword, dan Meta Description, serta menambahkan elemen Meta pada setiap halaman, sudah saya buktikan di blog saya.

    Reply
  75. wah banyak juga ya mas… kalo saya di blog wp selfhost paling cuma wp seo,Google XML Sitemaps,sama w3total cache itu doank heheh musti banyak belajar nih plugin2 penting yang memang direkomendasikan thanks ya infonya :)

    Reply
  76. Saya dah coba smush it, dan memang bagus hasilnya. Ketika saya mencoba WP Super chace, kok ada tulisan error Warning!
    “Could not update /home/xxxxxx/public_html/wp-config.php! WPCACHEHOME must be set in config file.”

    Mungkin bro maxmanroe bisa bantu saya. Web ini bener2 mantab, sukses selalu bro.

    Reply
    • Plugin wp super cache memang kadang bikin crush website karena bentrok dengan plugin lainnya mas, coba dicek dulu bentrok dengan plugin apa? Kalau memang tidak cocok, mendingan ga usah pake plugin wp super cache. Saat ini saya sudah gak pake plugin wp super cache krn website saya sudah pake VPS

      Reply
    • Ok mas, nanti coba saya buatkan artikel tentang plugin SEO by Yoast. Tapi setahu saya ada banyak deh artikel yang membahas, memang kebanyakan bahasa Inggris :)

      Reply
      • iya banyak bang max, tapi kurang komplit (menurut saya), yang bhs. inggris juga banyak, tapi bingung bahasanya..hehehe..
        ditunggu requestnya…makasih.

        Reply
  77. pak, blog saya di serang sama komentar spam nih. tiap hari ada terus yang spam, banyak lagi. sampe bosen saya menghapusnya,punya cara ngga ? biarpun komentar tapi kan bisa menuhin database. kayaknya hosting saya sering down gara gara itu deh.. anda punya solusi ?

    Reply
    • Pakai plugin anti SPAM, misalnya akismet. Ada banyak cara kog mas, bisa pakai plugins, bisa dengan mematikan fungsi komentar, moderasi komentar dan lain2.

      Reply
  78. terima kasih banyak mas sudah mau berbagi ilmunya kebetulan aq baru beli domain baru mau dicoba semua tu pluginnya. oh ya mau nanya mas. apakah setiap plugin itu perlu di update ya?.

    Reply
  79. Makasih ya bang, saya yang kemarinan itu ngrimin abang lewat email. sekarang web saya dengan plgin itu baru 3 hari udah nyampe 2 juta.. (khusus nya yang yoast)
    makash :-)

    Reply
  80. Aku gunakan plugin-plugin diatas di blog aku ka’ max. Itu rata2 plugin utama yang wajib ada. Sisanya tinggal menyesuaikan dengan content blog, dan tentunya, selera pemiliknya, hehe.

    Satu lagi, untuk wp.org sebaiknya gunakan Limit Login Attemps untuk membatasi jumlah limit waktu login dan Lockdown WP Admin untuk mengubah alamat akses ke wp-admin.

    Reply
    • Yup setuju, plugin keamanan harus ditambahkan di dalam web WordPress. Web saya ini sering ‘diserang’ orang nakal, untungnya sudah ada tindakan pencegahan. Plugin Login Limits, Firewall, dan Bullet Proof security, harus dipasang di web WordPress.

      Reply
  81. Makasih infonya bos. Saya juga tertarik nih dgn theme blog ini. Gratisan apa premium bos, bisa share gak?

    Reply
  82. Gan saya pake seo all in one,,,,,Seandainya saya ganti pakai seo by Yoas apa akan ada perubahan misalnya web saya ada di tampilan no. 2 apa akan mundur lagi atau tetap…
    thk…….mohon infonya

    Reply
    • Sebenarnya fungsi kedua plugins ini hampir sama, jadi menurut saya mengganti AIO SEO dengan WP SEO by Yoast tidak akan merusak posisi situs Anda di SERP.

      Reply
    • bukan plugin yang membuat posisi web anda turun pak,tapi cara optimasinya.. seo yoast mantap buat seo,apalagi yang berbayar.. saya si makenya baru yang gratisan,heee.. salam pak admin

      Reply
  83. mas kalau bisa disetiap plugin yang direkomendasikan diatas diberi developnya by siapa gt
    biar tambah jelas
    matur suwun

    Reply
  84. Wah pas banget yang aku cari,trims gan. mudah-mudahan web-ku juga selalu nongkrong di halaman one,….

    Reply
  85. meskipun website saya tidak senice dg website anda,tapi saya selalu suka untuk bahasan plugin seperti ini,umumnya membahas wordpress.. maaf bang kalo ngga nyambung.. sebab sy juga pake banyak plugin

    Reply
    • Kelebihannya; menghapus cache website kita secara otomatis sehingga membuat web lebih ringan loadnya. Kekurangan: Kadang ga kompatibel dengan plugins lain, sehingga bisa menyebabkan crash.

      Reply
  86. Wahh… makasih banget udah share artikel yg kaya gini.., mau langsung cobaahh.. Top dan sukses , biar banyak pengunjung.. Mantaafff… Thx banget

    Reply
  87. Terima kasih untuk artikelnya…. ini sangat membantu saya untuk memasang plugin di wordpress yang sedang saya install.

    Reply
  88. kog baru sekarang saya menemukan artikel ini…tapi gpp deh dari pada nggak…

    makasih sudah share artikel bermanfaatnya gan…

    salam kenal gan..

    Reply
  89. makasih infonya mas…kenapa saya tidak bisa install plugin w3tc selalu gagal..fatal error mohon info nya?

    Reply
    • Pugin cache w3tc memang sering bentrok dengan plugin lain, itu yang bikin error. Settingan w3tc juga agak rumit dibanding dengan plugin cache lain. Saya lebih suka pake plugin WP super cache

      Reply
  90. mau tanya nih mbak ..
    saya tidak bisa masuk ke dashboard web saya setelah saya pasang plug-in yang membuat web saya bisa di gunakan oleh pengguna smartphone ..
    apakah mungkin web saya terkena ban ? dan apa yang menyebabkan saya tidak dapat masuk ke dashboard web saya ? serta bagaimana caranya agar saya bisa mengakses kembali web saya..
    saya minta bantuannya mbak karena saya sangat bingung

    Reply
    • Pertama, saya laki-laki lho bukan perempuan hehehe.

      Harus diketahui dulu apa penyebab tidak bisa login ke dashboard. Kalau memang disebabkan oleh sebuah plugin, kamu bisa deactivate atau menonaktifkan plugin tersebut dari cpanel.

      Kalau wordpress berarti kamu pake WP self hosted ya, kemungkinan besar karena salah satu plugin. Coba kamu nonaktifkan semua plugins dari cpanel, caranya tinggal ganti nama folder saja dengan menambah garis bawah jadi seperti ini _namafolder. Nanti bisa bisa dikembalikan lagi nama foldernya.

      Reply
  91. Ya banyak memang penawaran untuk menggunakan plugin, tapi minimnya informasi maka user pemula tambah bingung, mudah-mudahan saran ini jaupun opiniadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki artikel at.

    Reply
    • Mas, kalau tetep pengen pakainya w3tc, ada tutorialnya supaya nggak gagal installnya nggak ya? Atau mungkin penyebab2 gagalnya..Penasaran, di temen bisa tapi nyoba sendiri ga bisa2

      Reply
      • Biasanya crash itu karena salah satu plugins lainnya bentrok atau tidak cocok dengan w3tc. Setau saya ada tutorial cara setting w3tc, coba kamu cek blog WPbeginer.com, di situ topik tentang WordPress lengkap.

        Reply
  92. Terimakasih informasinya, sangat membantu, ijin bertanya perbedaan antara plugin WordPress SEO Images dan SEO frendly image apa ya? apakah sama saja. terimakasih

    Reply
    • Dari namanya udah bisa kita tahu bahwa fungsinya sama aja mas. Membuat images dalam konten di website kita menjadi lebih SEO :)

      Reply
  93. Terimakasih pencerahnnya mas. Saya lagi coba mau bangun blog wordpress nih, jadi dengan artikel ini dapat sedikit pengetahuan dasar tentang wordpress saya. Terimakasih

    Reply
  94. wah luar biasa dapat informasi baru lagi terkait pulgin inti di wp, terimakasih banyak mas atas informasi dan tips nya sangat bermanfaat, wp touchnya saya cari-cari tidak ada mas, dimana ya? ataua da usulan lain buat mobile :)

    Reply

Leave a Comment