Cara Ini Akan Membuat Anda Memiliki Banyak Teman Di Lingkungan Kerja

Cara Ini Akan Membuat Anda Memiliki Banyak Teman Di Lingkungan Kerja

memiliki banyak teman di lingkungan kerja
Image dari Amazon.com

Kadang meski dalam sebuah lingkungan kerja meski ramai dengan orang-orang, namun belum tentu kita memiliki banyak teman di dalamnya. Tak jarang kita seperti terasingkan dalam keramaian lingkungan kerja. Banyak hal yang bisa menyebabkan ini terjadi, dan tentunya hal ini akan mempengaruhi kerja Anda di perusahaan. Lingkungan kerja yang tidak nyaman otomatis akan membuat suasana kerja juga tidak nyaman, terutama bagi Anda sendiri.

Berbeda jika Anda memiliki banyak teman di tempat Anda bekerja, banyak teman akan membuat bekerja lebih semangat, suasana penuh dengan keakraban dan nyaman. Lingkungan kerja seperti ini jauh lebih sehat dan akan membuat Anda semakin produktif dalam bekerja. Jika Anda merasa kesepian atau kurang memiliki teman dan ingin memiliki banyak teman di lingkungan kerja maka Anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Jangan Takut Berbagi

Berbagi adalah suatu hal yang masih menjadi sesuatu yang berat dilakukan oleh sebagian besar karyawan. Terutama dalam hal keilmuan, banyak karyawan yang cenderung tidak mau berbagi ilmu kepada rekan kerja yang lain. Mereka seperti takut tersaingi jika membagikan ilmu yang mereka miliki. Umumnya karyawan akan berpura-pura tidak mengerti jika dimintai bantuan untuk mengajarkan sesuatu.

Hal ini sebenarnya tidak perlu Anda lakukan, berbagilah dan jangan menjadi orang yang pelit dengan ilmu. Percayalah, berbagi ilmu tidak akan membuat Anda menjadi kekurangan ilmu, justru sebaliknya Anda akan mendapatkan tambahan ilmu yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Dengan Anda suka berbagi kepada teman kerja yang lain, maka tentu saja Anda akan disukai oleh rekan kerja Anda.

Artikel lain: Pentingnya Menciptakan Atmosfer Kebersamaan Di Lingkungan Kerja

2. Hargailah Teman Kerja yang Lain

Salah satu cara agar bisa memiliki banyak teman di lingkungan kerja adalah dengan menghargai teman kerja yang lain. Anda harus jadi orang yang bisa menghargai apapun dari rekan kerja Anda. Hormati suku, ras dan agama mereka, jangan pernah melecehkannya. Selain itu, hargai juga pendapat dan sikap mereka terhadap sesuatu.

Mungkin ada kalanya pendapat mereka tidak sama dengan Anda, namun jangan kemudian Anda memaksakan pendapat Anda dan membenarkannya. Akan lebih baik jika saling menghargai dalam berdiskusi untuk mendapatkan hasil yang paling bagus pada perusahaan.

3. Jangan Menjadi Penjilat di Lingkungan Kerja

Ini penting sekali Anda lakukan, jangan menjadi orang bermuka dua atau malah penjilat dalam lingkungan kerja. Anda harus bekerja profesional, kedepankan kinerja dan prestasi Anda untuk mendapatkan karir yang bagus. Jangan sampai Anda menjelek-jelekkan rekan kerja yang lain di mata atasan Anda.

Mungkin saat ini belum ada yang mengetahui, namun cepat atau lambat pasti akan diketahui juga oleh rekan kerja Anda yang lain. Dan jika itu terjadi, pasti Anda akan dijauhi oleh teman kerja Anda, dan tentu saja Anda akan terkucilkan dan tidak memiliki teman.

4. Turut Serta Dalam Kegiatan Teman Kerja

Aktiflah dalam kegiatan yang diadakan rekan kerja Anda. Jangan mengasingkan diri dalam kesepian, ikutlah sesekali dalam kegiatan yang diadakan oleh teman kerja Anda, inilah kunci agar bisa memiliki banyak teman di lingkungan kerja. Seperti misalnya jika teman Anda mengajak berolahraga bersama di akhir pekan, ikuti saja.

Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan rekan kerja di luar jam kerja, akan membuat pertemanan Anda dengan mereka semakin akrab dan tentu saja akan membuat Anda lebih nyaman berhubungan dengan mereka. Dan ini sedikit banyak akan terbawa dalam lingkungan kerja di mana Anda bekerja di dalamnya.

Baca juga: Ingin Menjalani Pekerjaan Tanpa Beban? Coba Terapkan 5 Prinsip Ini

5. Jangan Pernah Mencuri Ide Dari Teman

Ini sangat penting sekali untuk tidak Anda lakukan jika ingin memiliki banyak teman di lingkungan kerja. Jangan sampai Anda mencuri ide kreatif dari teman kerja Anda. Mungkin saja suatu saat Anda akan ditanya oleh atasan Anda mengenai sesuatu di perusahaan.

Jika Anda mempunyai ide sendiri ya sampaikan saja langsung kepada atasan Anda. Dan barangkali Anda mengetahui ide teman Anda, Anda bisa menyampaikannya juga namun tentu dibarengi dengan memberitahukan kepada atasan bahwa ide tersebut dari teman Anda. Atau Anda bisa menyampaikan saja secara sekilas agar nantinya biar teman Anda sendiri yang menyampaikan seutuhnya kepada atasan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan