Pentingnya Menciptakan Atmosfer Kebersamaan Di Lingkungan Kerja

Image dari Hrtrendinstitute.com

Image dari Hrtrendinstitute.com

Dalam dunia kerja, akan selalu adanya hal baru yang terjadi baik antara pekerja dengan atasan atau antar pekerja. Tak jarang pula yang terjadi adalah hal yang kurang menyenangkan. Persaingan, beda pendapatan atau gesekan lain sangat mungkin terjadi bahkan mampu menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

Sebagai penyeimbang hal negatif tersebut, tentu diperlukan sikap yang bijak dari semua pihak. Secara sederhananya, yakni dengan menciptakan rasa kekeluargaan yang erat antar satu dengan yang lain. Masalah bisa saja terjadi, namun dengan rasa kebersamaan yang tinggi, maka semua masalah tersebut cepat atau lambat akan bisa teratasi.

Inilah salah satu peran penting mengapa kita harus menciptakan atmosfir kebersamaan di lingkungan kerja. Namun masih ada beberapa alasan lain lo, mengapa kita harus melakukan hal tersebut. Untuk rekan-rekan yang berpofesi sebagai pekerja kantoran atau karyawan usaha, tidak ada salahnya menyimak info tentang beberapa alasan pentingnya menciptakan suasana kekeluargaan di tempat kerja berikut ini.

1. Meningkatkan Kepercayaan

Untuk membangun bisnis bersama-sama, kepercayaan adalah salah satu modal utama yang wajib selalu dipegang. Dengan kepercayaan antara satu sama lain, masalah yang mungkin terjadipun bisa diminimalisir. Inilah peran penting menciptakan suasana kekeluargaan di lingkungan kerja.

Ketika kita sudah merasa bekerja layaknya dengan keluarga sendiri, tentu rasa percaya itu akan muncul dengan sendiri. Dengan adanya kepercayaan tersebut pula, kita tidak akan merasa was-was menjalankan tanggung jawab yang dipercayaan pada kita, karena kita yakin rekan kerja akan selalu bekerja maksimal dan saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Artikel lain: Cara Sederhana Ini Bisa Membuat Pekerjaan Di Kantor Terasa Lebih Menyenangkan

2. Menyuburkan Kreatifitas

Tujuan yang kedua adalah untuk memupuk rasa kreatifitas kita dalam bekerja. Seringkali pada beberapa posisi di tempat kerja memerlukan kreatifitas yang terus terasah setiap harinya. Namun layaknya manusia biasa tentu wajar kadang merasa penat, dan akibatnya kreatifitas ikut tersendat.

Namun bayangkan, jika rasa kekeluargaan sudah tertanam dalam lingkungan kerja maka rekan kita tentu tidak akan membiarkan kita merasa sendiri. Entah dengan memberikan semangat atau bahkan hanya lewat senyum sederhana, tak jarang fikiran akan sedikit tenang dan kreatifitas pun akan muncul kembali.

3. Menciptakan Suasana Santai

Saat bekerja di kantor atau ditempat kerja, kadang ada saja satu atau dua orang yang mempunyai sifat humoris atau suka membuat hal konyol. Dan saya yakin orang-orang semacam ini sangat diperlukan oleh pekerja lain. Bisa dikatakan orang-orang semacam inilah yang menjadi “lem” perekat rasa kekeluargaan dalam lingkungan kerja.

Faktanya pekerjaan yang kita hadapi setiap hari tentu tidak selamanya mudah, ada kalanya juga menjemukan hingga membuat kita stress. Dengan adanya rasa kekeluargaan yang sudah kita bina sebelumnya, maka tidak ada alasan lagi untuk merasa jenuh. Setidaknya selama beberapa menit saja kita bisa mencari obat penghilang stress lewat candaan ringan atau chit chat lucu dengan rekan kerja.




4. Berpengaruh Pada Loyalitas Pelanggan

Disadari atau tidak, untuk saya sendiri terkadang senang dengan satu tempat usaha karena pegawainya yang friendly dan seakan bisa membaur dengan pelanggan. Hasilnya, saya sendiri lebih senang dengan menggunakan jasa bisnis tersebut. Fakta inilah yang bisa saja terjadi pada bisnis-bisnis lain, adakalanya suasana kekeluargaan yang telah dipupuk antar pekerja akan bisa dirasakan juga oleh para pelanggan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kita harus mempunyai batasan yang jelas ketika bersikap kepada pelanggan. Jangan lantas terlalu sok akrab yang justru akan membuat pelanggan tidak nyaman. Karena memang ada juga pelanggan yang tidak suka dengan kondisi seperti itu. Jadi kuncinya adalah menyesuaikan dengan profil setiap konsumen.

Baca juga: Inilah 5 Tanda Bahwa Anda Bekerja di Perusahaan yang Tepat

5. Meringkankan Beban Kerja

Manfaat yang terakhir dari menciptakan suasana kebersamaan di tempat kerja adalah memberi stimulus agar pekerjaan terasa lebih mudah. Secara umum ketika tiap pekerja mempunyai jiwa individualisme yang tinggi, maka mereka akan lebih memilih hanya fokus pada pekerjaan sendiri dan acuh pada kondisi rekan kerjanya.

Padahal tentu terkadang kita membutuhkan bantuan entah ringan atau berat dan berharap ada orang lain yang bisa membantu. Nah beda cerita jika rasa kekeluargaan sudah mengakar. Antar satu dengan yang lain akan lebih aware dan ketika ada yang membutuhkan bantuan, maka yang luang akan segera membantunya.

Bekerja layaknya berada dalam satu keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Setelah membaca beberapa alasan di atas tentu kita bisa mulai semakin membuka diri dan berusaha menciptakan lingkungan kerja yang ideal tersebut. Dan semua itu bisa kita mulai dari diri kita sendiri!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud