Cara Efektif Menghadapi Penindasan Di Kantor

Menghadapi Penindasan Di Kantor

Image dari Bloomberg.com

Penindasan atau bullying ternyata tidak saja dialami oleh anak-anak sekolah. Di kantor dan tempat kerja pun sering terjadi penindasan, terutama biasanya oleh rekan-rekan kerja sendiri. Sulit dihindari memang, persaingan yang begitu kental dalam meraih prestasi sering menjadikan seseorang cenderung menghalalkan segala cara untuk meraihnya. Sering kita jumpai hal seperti ini, atau bahkan justru Anda pernah mengalaminya.

Biasanya yang menjadi korban dalam kasus seperti ini adalah mereka-mereka yang lemah secara posisi dan bisa juga mereka yang memiliki prestasi mencolok dibanding yang lain. Intimidasi atau bullying yang dilakukan pada yang berprestasi untuk menindas mereka agar tidak bisa menunjukkan prestasinya lagi di kantor.

Nah, jika teman-teman menjadi salah satu korban dari keadaan ini dan ingin menghadapi penindasan di kantor, sebaiknya segera atasi dan coba cara-cara di bawah ini.

1. Perkuat Mental Anda, Jangan Pernah Tunjukkan Rasa Takut

Penindasan di kantor adalah sesuatu yang sering terjadi dalam lingkungan kerja. Jika Anda barangkali masih baru dalam lingkungan kerja, jangan kaget terhadap hal ini. Juga jangan takut menghadapinya, karena semakin Anda takut maka mereka yang menindas Anda akan semakin senang dan merasa berhasil. Maka dari itu, jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya persiapkan mental Anda dengan baik.

Kuatkan hati Anda dalam menghadapi hal ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan berbicara antar rekan kerja yang lain. Ini dilakukan agar Anda tidak merasa sendirian, pastikan teman kerja yang Anda ajak bicara adalah orang yang tepat, artinya bukan orang yang berteman dekat dengan pembully. Katakan apa yang terjadi pada Anda, lalu diskusilah dengannya terkait langkah apa yang harus dilakukan terkait hal itu.

Artikel lain: Sering Mendapatkan Kritik Pedas di Kantor, Coba Hadapi Dengan Tips Ini

2. Hindari Sebisa Mungkin Potensi Perselisihan yang Ada

Untuk meminimalisir dan menghadapi penindasan di kantor, Anda bisa mengambil langkah preventif dengan menghindari potensi perselisihan atau konflik yang ada. Biasanya dalam sebuah perusahaan ada beberapa kelompok atau grup antar karyawan yang memiliki pemikiran sama.

Hal ini sebenarnya bisa menimbulkan potensi konflik dalam lingkungan kerja, maka sebaiknya Anda menghindari ikut dalam kelompok-kelompok seperti ini. Bekerja saja dengan serius tanpa harus ikut dalam sebuah kelompok tertentu dalam sebuah perusahaan. Tak ubahnya seperti di sekolah, kelompok-kelompok kecil sangat berpotensi menimbulkan konflik dan perselisihan.

Akan lebih baik jika perusahaan mengetahui hal ini dan mencegahnya sedini mungkin untukmenjaga stabilitas etos kerja perusahaan.

3. Usahakan Tetap Fokus Pada Pekerjaan Dan Tunjukkan Prestasi

Meski Anda dalam keadaan ditindas dan dibully, usahakan Anda tetap fokus bekerja dan konsentrasi. Tunjukkan kinerja maksimal Anda, jangan sampai prestasi Anda terganggu karena Anda dibully. Mereka yang menindas Anda sebenarnya adalah orang yang iri dengan prestasi Anda, so, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tak mudah menyerah dan tetap berprestasi meski dalam kondisi tertekan.




Jika memungkinkan, tingkatkan prestasi Anda, cara ini akan semakin membuat mereka frustrasi karena upaya mereka untuk menjegal Anda tidak berhasil. Tekanan justru akan berbalik kepada si pembully karena mereka tidak mampu menghalangi prestasi Anda di perusahaan.

Baca juga: Cara Sederhana Ini Bisa Membuat Pekerjaan Di Kantor Terasa Lebih Menyenangkan

4. Jangan Diam Saja, Lakukan Sesuatu

Jika berbagai upaya pencegahan yang sudah Anda lakukan ternyata tidak berpengaruh terhadap mereka, maka Anda jangan diam saja. Maksudnya adalah, lakukan tindakan nyata untuk menghentikan penindasan mereka yang dirasa sudah keterlaluan. Anda bisa langsung lapor atasan tentang apa yang sudah mereka perbuat terhadap Anda.

Untuk menghindari tuduhan fitnah, maka sebaiknya Anda sertakan saksi dan bukti kuat ketika Anda melapor kepada atasan. Jadi Anda juga harus mempersiapkan semuanya secara matang, jangan sampai Anda melaporkan ke atasan dengan tanpa bukti maupun saksi yang kuat, sangat berbahaya untuk karir Anda sendiri, karena laporan Anda akan dianggap sebagai fitnah.

Memang kondisi di kantor tidak selalu nyaman dan sesuai dengan keinginan kita. Hal-hal buruk yang tidak kita prediksi sebelumnya bisa saja terjadi kapan saja. Jadi Anda juga harus menjadi orang yang mawas diri agar bisa terhindar dan bisa mampu mengatasi hal buruk yang mungkin terjadi di kantor.



1 comment on this postSubmit yours
  1. hmmm ternyata didunia kerja juga ada ya ajang bullying gini :’) ….
    setuju banget sama saran yang di sampaikan ” fokus saja sama kerjaan” ini yang penting …
    salam dari dapurtips.com

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud