Beranda Teknologi 39 Contoh Alamat Email yang Baik untuk Keperluan Pribadi dan Pekerjaan

39 Contoh Alamat Email yang Baik untuk Keperluan Pribadi dan Pekerjaan

Contoh Alamat Email

Kamu membaca artikel ini karena sedang mencari contoh alamat email yang baik untuk keperluan pribadi atau pekerjaan. Pada dasarnya membuat email itu mudah, namun terkadang orang bingung membuat nama email-nya sendiri.

Nah, di artikel ini akan dijelaskan beberapa contoh penulisan alamat email yang disarankan, baik itu untuk keperluan pribadi maupun untuk pekerjaan.

Sebagai permulaan, ada baiknya kamu memahami dulu apa itu email dan untuk keperluan apa email itu kamu buat.

Secara singkat, pengertian email (electronic mail) adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima pesan digital melalui jaringan komputer dan internet.

Pada dasarnya email itu digunakan untuk keperluan beraktivitas di internet. Beberapa kegiatan di internet yang mengharuskan kita memiliki email, misalnya;

  • Berkomunikasi dengan pihak lain via surat elektronik.
  • Membuat akun di situs media sosial.
  • Berbelanja online di situs-situs marketplace atau e-commerce.
  • Mendaftar di situs forum online.
  • Dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin menemukan contoh alamat email yang baik untuk keperluan pribadi dan pekerjaan, maka kamu harus menyimak artikel ini hingga akhir.

Contoh Alamat Email untuk Pribadi

Contoh Alamat Email untuk Pribadi

Saat ini penggunaan email untuk keperluan pribadi sudah sangat jamak. Apalagi mereka yang sudah melek teknologi dan selalu berhubungan dengan komputer dan internet.

Dengan kata lain, sebuah email dapat berperan sebagai identitas pribadi seseorang di internet.

Biasanya email pribadi digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, mengirimkan dan menerima dokumen (pdf, doc, excel), dan kegiatan komunikasi via email lainnya.

Selain itu, email pribadi juga diperlukan untuk membuat akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa contoh alamat email pribadi:

1. Menggunakan Gmail

2. Menggunakan Yahoo Mail

3. Menggunakan Layanan Email Gratis Lainnya

Baca juga: Cara Membuat Email

Contoh Alamat Email untuk Pekerjaan

Saat ini, untuk melakukan kegiatan pekerjaan ataupun bisnis seringkali menggunakan email. Penggunaan email ini biasanya untuk mengirimkan file atau dokumen digital kepada orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan atau profesi seseorang.

Meskipun saat ini banyak perusahaan menggunakan domain situs perusahaan itu sendiri untuk membuat email pegawainya, tidak jarang juga pekerja atau pebisnis masih menggunakan layanan email gratisan.

Berikut ini adalah beberapa contoh alamat email untuk pekerjaan atau bisnis:

1. Contoh Alamat Email Menggunakan Domain Perusahaan

2. Contoh Alamat Email Menggunakan Layanan Email Gratis

Tips Membuat Alamat Email

Tips Membuat Alamat Email

Membuat email memang terkesan sangat mudah untuk dilakukan, namun dalam hal pemilihan nama email tentunya kita tidak boleh sembarangan.

Mengapa demikian?

Karena alamat email dapat menjadi representasi diri seseorang dan bisa saja mempengaruhi penilaian orang lain terhadap orang tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips mudah membuat alamat email yang baik untuk berbagai keperluan kamu:

1. Gunakan Email Gratis yang Populer

Pastikan selalu menggunakan layanan email gratis yang sudah populer, terbukti aman dan nyaman digunakan. Beberapa layanan email gratis Saya rekomendasikan di antaranya;

2. Gunakan Alamat Email yang Sederhana

Jangan membuat nama email yang rumit dan sulit diingat. Buat nama alamat email yang sederhana sesuai dengan nama kamu, berikut beberapa contohnya;

3. Gunakan Tanda Penghubung yang Mudah Diketik

Saya pribadi menyarankan hanya menggunakan tanda titik (.) dan tanda hypen (-) dalam nama alamat email. Namun, bila Anda ingin menggunakan tanda penghubung underscore (_) juga tidak masalah.

Berikut ini contoh email dengan menggunakan tanda penghubung:

4. Jangan Menggunakan Karakter yang Sulit

Terkadang ada saja orang yang membuat alamat emailnya dengan karakter yang sulit. Biasanya untuk email pribadi yang kemungkinan agar tidak mudah diketahui orang lain.

Namun, email pekerjaan atau bisnis sebaiknya jangan menggunakan angka atau karakter yang sulit diingat karena bisa dianggap kurang profesional.

Alih-alih menggunakan angka, akan lebih baik bila menambahkan profesi kamu di dalam nama alamat email. Sebagai contoh;

5. Gunakan Password Email yang Kuat

Jaman sekarang banyak terjadi peretasan akun email dan media sosial. Oleh karena itu, buatlah password yang kuat untuk email yang digunakan, namun tetap mudah diingat.

Baca artikel tentang cara membuat password yang kuat.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah yang sudah ada di Gmail dan Yahoo. Ini untuk memastikan akun email Kamu tidak mungkin dibobol orang lain, kecuali ponsel mu juga dicuri sama si heckel.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa pada dasarnya membuat email itu sangat mudah. Namun, kita harus memperhatikan penggunaan nama dalam email yang akan dibuat karena akan merepresentasikan si pemilik email tersebut.

Selain pemilihan nama dalam email, hal krusial yang juga harus kita perhatikan adalah penggunaan password yang kuat dan mudah diingat untuk akun email tersebut.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai beberapa contoh alamat email untuk keperluan pribadi dan pekerjaan, serta tips membuat nama alamat email yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

9 KOMENTAR

  1. Oh jadi kalau buat email untuk bisnis sebaiknya kalo pake tanda penghubung pake yang mudah dan jangan pake anggka ya supaya lebih profesional. baiklah kalau begitu, terima kasih.

  2. Email memang sangat berguna. Hingga saat ini saya masih menggunakan email pribadi, mungkin suatu saat nanti aku menggunakan email domain untuk blogku. Artikel dan saran-saran yang mencerahkan dari maxmanroe.com dan teman-teman. Salam kenal dan kompak selalu untuk semuanya :)

  3. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan email domain. Cukup bermodalkan hosting murah dan domain, kita sudah bisa menggunakan email domain. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat :)

  4. Kalau saya pakai email domain sendiri, tapi tetap pakai nama panggilan saya didepannya jadi [email protected] , email pribadi dan untuk urusan kerjaan disatukan. Kadang pusing juga sih kalau kecampur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here