Inilah 4 Cara Alternatif Untuk Lunasi Hutang, Tak Ada Salahnya Mencoba

cara melunasi hutang

Image dari Reformasihutang.com

Dalam hidup ini terkadang kita memang tak bisa terlepas dari hutang-piutang. Dalam beberapa situasi dan keadaan maka pilihan sulit tak bisa dihindari dan menjadikan kita akhirnya berhutang. Nah, ketika kita berhutang maka Anda tidak boleh terlena dengan keadaan ini dan harus memiliki niat untuk segera melunasi hutang tersebut agar Anda tidak terlilit hutang yang lebih banyak.

Sayangnya tidak semua orang lantas bisa melunasi hutangnya dengan dan seperti apa yang mereka harapkan. Alih-alih melunasi hutang yang pertama, mereka malah terjerat dengan hutang yang baru hingga kemudian terjadilah istilah ‘gali lubang tutup lubang’. Keadaan ini tentu saja sangat berbahaya dan mengkhawatirkan bagi Anda jika situasi gali lubang tutup lubang ini terjadi pada Anda.

Jadi, bila Anda memang sulit untuk melunasi hutang dengan cara umum ini maka Anda bisa melunasi dengan cara atau metode alternatif. Lalu seperti apakah cara atau metode pelunasan hutang dengan cara alternatif ini? Berikut ulasannya.

1. Membatasi Pengeluaran

Cara atau metode alternatif pertama yang bisa Anda pakai untuk melunasi hutang adalah dengan membatasi pengeluaran. Bisa jadi memang hal yang membuat Anda sulit untuk membatasi hutang adalah banyaknya pengeluaran yang muncul. Ya, dengan semakin banyaknya pengeluaran maka semakin sulit juga Anda akan melunasi hutang.

Bagaimana bisa melunasi hutang, sebab uang yang Anda gunakan sudah terpakai habis dengan untuk membeli beberapa pengeluaran Anda. Karena itu, jika Anda memiliki hutang maka Anda harus mau mengurangi atau membatasi pengeluaran Anda. Tanpa adanya keinginan kuat untuk mengurangi pengeluaran maka Anda akan mendapatkan sisa pendapatan untuk mencicil melunasi hutang.

Artikel lain: Mau Berhutang? Tunggu Dulu, Renungkan Baik-baik 5 Efek Buruknya Berikut Ini

Jadi cobalah sekarang untuk mulai menghitung jumlah penghasilan dan pengeluaran yang ada. Jika memang pengeluaran terlampau banyak dan menghabiskan pendapatan, maka memang Anda harus coba mulai ‘memangkas’ pengeluaran tadi agar bisa melunasi hutang Anda.

2. Prioritas Pembayaran Hutang

Berikutnya, cara atau metode alternatif untuk melunasi hutang adalah dengan membuat pola pikir untuk selalu memprioritaskan pembayaran hutang. Ya, tertundanya pembayaran hutang ini memang bisa terjadi karena pola pikir Anda yang tidak terlalu memfokuskan diri pada pembayaran hutang.

Saat Anda menganggap enteng pembayaran hutang maka memang yang seringkali terjadi adalah hutang yang sulit terbayar. Dari sini maka kemungkinan besar Anda akan terlilit hutang yang semakin besar. Untuk itulah cobalah perbaiki pola pikir Anda dengan cara memfokuskan diri pada prioritas pembayaran hutang. Dengan pola pikir yang demikian maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan pelunasan hutang tersebut.

3. Membayar Kredit Minimal

Selanjutnya, cara atau metode alternatif untuk melunasi hutang adalah dengan membayar kredit minimal. Hutang dari kartu kredit memang menjadi salah satu dari masalah kehidupan masyarakat di Indonesia, terutama di kota Jakarta. Nah kartu kredit memang bisa ‘menyumbang’ hutang yang besar dan bisa membuat pusing pemakainya bila tidak bisa melunasi cicilannya.




Cicilan kartu kredit setiap bulannya ini memang haruslah diperhatikan. Jika Anda sengaja telat membayarnya maka nantinya akan ada tukang tagih (debt collector) yang akan terus menerus membayangi hidup Anda. Kemungkinan buruk lain jika hutang kartu kredit ini tidak segera dilunasi adalah adanya penyitaan aset.

Maka dari itu cobalah untuk mendahulukan untuk membayar hutang ini. Jika memang Anda tidak bisa melunasi seluruh tagihan, Anda memiliki alternatif untuk membayar hutang kartu kredit ini dengan cicilan minimal. Ya, hampir pada setiap peraturan penggunaan kartu kredit yang ada memang memungkinkan Anda untuk bisa membayar cicilan minimal atau minimum agar pemakai tidak terkena pinalty atau denda.

Jadi dari sini Anda memang boleh tidak membayar keseluruhan tagihan jika keuangan Anda sedang cekak atau menipis. Hanya dengan membayar jumlah cicilan minimal maka Anda bisa dianggap bank mau berinisiatif melunasi hutang. Tapi bila memang Anda ada dana atau uang untuk bisa melunasi semua tagihan satu bulan itu maka jangan tunda juga untuk melunasi semuanya.

Baca juga: 6 Pantangan yang Wajib Dihindari Pemilik Hutang

4. Ajukan Penjadwalan Ulang

Terakhir, cara atau metode alternatif untuk melunasi hutang adalah dengan mengajukan penjadwalan ulang. Jika memang Anda sedang tidak ada dana untuk melunasi hutang untuk satu bulan ini maka Anda bisa meminta pada pihak peminjam untuk bisa menjadwal ulang pembayaran. Mohonlah keringanan untuk hal ini pada pihak peminjam modal.

Tapi dalam permohonan ini Anda juga harus menyatakan bahwa Anda berjanji akan melunasi hutang di periode mendatang dengan sebuah keyakinan. Dan Anda harus konsisten pada janji Anda untuk menyelesaikan tanggungjawab tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud