Canggihnya Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo

Canggihnya Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo

Aplikasi-Duolingo
Image dari Wikipedia

Bahasa merupakan salah satu kemampuan yang penting dipelajari di zaman modern ini. Ya, dengan mempelajari bahasa asing, kita bisa menjalin komunikasi secara lebih baik dengan orang-orang yang berasal dari negara lain. Bila komunikasi tak lagi menjadi kendala utama, kita tentu bisa menjalin hubungan baik dan memperoleh beragam manfaat dari pergaulan yang luas.

Namun sangat disayangkan, tak banyak orang yang bisa menguasai bahasa asing dengan baik. Kebanyakan dari kita biasanya mulai lupa dengan bahasa asing yang dipelajari di bangku sekolah karena sudah lama tidak digunakan. Kini kita tak perlu risau lagi dengan hal tersebut, karena kita bisa memanfaatkan gadget kita untuk kembali mempelajari bahasa asing melalui aplikasi Duolingo. Ingin tahu apa saja kemudahan yang ditawarkan didalamnya? Yuk kita intip bersama :)

Artikel lain: Takita ~ Sosial Media Pengembang Bakat Anak

Apa itu Duolingo?

Duolingo.com/id  adalah salah satu #aplikasi  yang akan membuat kita lebih mahir berbahasa asing. Bukan hanya bahasa Inggris saja yang bisa kita pelajari melalui Duoliongo, karena Duolingo juga menyediakan pilihan pembelajaran bahasa lainnya seperti bahasa Spanyol, bahasa Perancis, bahasa Belanda dan beragam bahasa lainnya.

Bila kita sudah cukup mahir berbahasa Inggris, maka kita bisa mempelajari semua pilihan bahasa yang disediakan Duolingo pada awal penggunaan aplikasi. Sedangkan bila kita hanya mahir berbahasa Indonesia atau Vietnam, maka kita hanya bisa mempelajari bahasa Inggris.

Bagaimana ya cara menggunakan Duolingo?

Pada tahap awal saat pertama kali membuka Duolingo, kita akan diberikan dua pilihan yakni “new user” dan “existing user”. Bila kita adalah pengguna baru, maka mulailah meregistrasikan akun baru menggunakan email, akun #Facebook atau akun #Twitter.

1.Proses belajar

Setelah selesai melakukan registrasi, kita akan diarahkan untuk memilih jenis bahasa apa yang ingin kita pelajari. Kita juga akan diajak untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui berbagai tes seperti 2 tingkat tes dasar, frasa, makanan, nama-nama hewan, frasa dalam bahasa asing, nama-nama warna, kata hubung dan berbagai tes dasar lainnya.

Artikel lain: Kabar Gembira untuk Kita Semua, Kulit Manggis Kini Ada Game-nya

Pada setiap bahasa yang akan kita pelajari, bahasa asing tersebut dibagi menjadi 8 kategori yang masing-masing berisi 15 pelajaran yang berbeda-beda. Proses awal belajar tentu akan diisi oleh materi yang mudah dengan level kesulitan yang terus meningkat. Bila kita lulus dalam beberapa materi pelajaran, kita akan mendapatkan bonus reward untuk naik ke level selanjutnya. Dalam setiap tes pelajaran di Duolingo, kita punya 4 nyawa yang harus dipertahankan agar tidak kembali lagi ke tes bagian awal.

2. Fitur friend

Duolingo juga menyediakan fitur friend yang menghubungkan kita dengan pengguna Duolingo lainnya. Kita bisa membandingkan score kita dengan score orang lain yang telah kita follow.

3. Toko Duolingo

Fitur yang satu ini sangat unik dan seru, seperti halnya kita mengunjungi toko equipment saat bermain game. Bila kita memainkan banyak tes untuk mendapatkan Lingot (mata uang dalam Duolingo) sebanyak-banyaknya, maka kita bisa membeli berbagai item yang akan memudahkan proses belajar. Ada item “heart refill” yang akan menambah satu nyawa secara otomatis saat kita salah menjawab dalam tes. Serta ada pula fitur lainnya sebagai tambahan outfit untuk avatar yang kita gunakan.

Serunya Belajar dan Bermain Bersama Duolingo

Duolingo sengaja mengusung konsep “bermain sambil belajar” agar terasa lebih menyenangkan dan mudah digunakan oleh semua kalangan umur. Kita tentu sudah merasa penat melakukan rutinitas harian, dan kita bisa sejenak bersantai sambil belajar bahasa asing bersama Duolingo. Kita tentu ingat bagaimana generasi 90-an mulai mahir berbahasa Inggris berkat berbagai konsol game yang rutin dimainkan setiap hari.

Baca juga: Primagain ~ Startup Software Pendidikan Karya Anak Bangsa

Hal inilah yang ingin dicapai Duolingo untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi orang banyak. Atas inovasi tersebut, Duolingo berhasil memperoleh penghargaan Google Play’s Best of The Best 2013 dari Google karena teknik gamification yang digunakan sangat ampuh membuat banyak orang mempelajari pengetahuan baru.

Tertarik untuk bermain sambil belajar dengan Duolingo? Yuk segera unduh aplikasinya secara gratis,

2 KOMENTAR

  1. canggih juga ini aplikasi

Tinggalkan Balasan