Takita ~ Sosial Media Pengembang Bakat Anak

Image dari Blog.IndonesiaBercerita.org

Image dari Blog.IndonesiaBercerita.org

Salah satu manfaat media sosial adalah mudahnya akses hubungan jarak jauh antar para pengguna sosial media. Namun ternyata sosial media bukan hanya membawa dampak positif, tapi juga dampak negatif. Salah satu dampak negatif sosial media terjadi pada anak-anak yang masih dibawah umur.

Banyak anak-anak yang belum cukup umur justru merasa ketagihan dan tertantang menggunakan beragam #media sosial. Mereka merasa bahwa dunia maya merupakan salah satu sarana bermain yang mengasyikkan dan dapat di-explore lebih mendalam. Bila sudah begini biasanya sang anak memilih duduk diam dengan gadget selama berjam-jam daripada bermain dengan teman-teman sebayanya.

Fenomena modern tersebut kemudian melatarbelakangi Ketua Umum Indonesia Bercerita (IndonesiaBercerita.org), Budi Setiawan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang sifatnya fungsional dan edukatif untuk membantu para orang tua mengontrol kegiatan online sekaligus mengoptimalkan bakat sang anak. Aplikasi yang dikemas dalam bentuk sosial media tersebut kemudian diberi nama Takita (TemantaKita.com).

Dari keterangan pengembangnya, alasan mengapa Takita lebih mengadaptasi konsep aplikasi sosial media adalah saat ini model komunikasi via sosmed dirasa lebih “keren” sehingga akan lebih mudah meraih perhatian generasi muda jika menggunakan model layanan sosial media. Selain itu, dengan munculnya sosial media Takita diharapkan peta aplikasi dunia maya di Indonesia bisa lebih inovatif dan edukatif, mengingat sosial media bertema pendidikan anak memang masih tergolong baru di Indonesia.

Artikel lain: Kelase ~ Startup Inovatif di Bidang Pendidikan Online

Apa Saja Fitur yang Terdapat Pada Aplikasi Takita?

Takita dibuat sebagai sebuah wadah sosial media khusus anak sekaligus sebagai fasilitator untuk menemukan serta mengoptimalkan bakat dan minat anak. Untuk mewujudkan hal tersebut, hingga pertengahan 2014 ini Takita menyediakan 3 fitur utama. Fitur pertama adalah Tes Kecerdasan Majemuk. Tes ini dapat dilakukan secara gratis untuk mengetahui 3 bakat terbesar yang dimiliki oleh anak. Tes kecerdasan majemuk menyajikan fitur yang mudah digunakan dengan pemilihan gambar-gambar yang menarik.

Pada fitur ini, terdapat 8 tokoh kartun khas Indonesia lengkap dengan nama dan karakteristiknya masing-masing. Kedelapan tokoh kartun ini dibuat untuk menggambarkan 8 jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. 8 jenis kecerdasan tersebut adalah kecerdasan aksara, musik, relasi, tubuh, kecerdasan diri (intrapersonal), kecerdasan imaji (image), kecerdasan logika dan kecerdasan alam. Setiap manusia merupakan mahkluk yang unik dan dianugerahi bakat yang istimewa. Oleh sebab itu Takita mengajak para orang tua untuk membantu sang anak menemukan bakat dan minatnya sejak usia dini.

Fitur kedua yang disediakan oleh Takita adalah fitur tantang majemuk. Fitur tantangan majemuk menyediakan beragam permainan yang dapat dimainkan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Konsep permainan yang dibuat mewakili 8 jenis kecerdasan manusia. Sehingga melalui fitur ini, anak-anak ditantang untuk mengasah kecerdasan mereka melalui konsep bermain sambil belajar. Misalnya sang anak memiliki bakat dan minat di bidang musik, maka anda dapat membantu anak anda untuk memainkan tantangan yang berhubungan dengan bidang musik. Selain itu, hasil dari aktivitas tantangan yang dilewati juga dapat diunggah ke database Takita.

Artikel lain: Public Figur Dengan Followers Palsu Terbanyak di Twitter, Siapa Saja?

Fitur yang ketiga adalah fitur Lingkaran Pertemanan. Fitur yang satu ini akan memfasilitasi anak anda untuk mengunggah hasil tantangan mereka sehingga mereka dapat menemukan teman-teman lain yang memiliki bakat yang sama atau berbeda. Lingkaran pertemanan dapat menciptakan interaksi yang komunikatif antar anak-anak. Mereka dapat memulai obrolan bahkan berbagi tips mengenai cara mudah menyelesaikan sejumlah games tantangan di Takita.




Pengembangan Konsep Takita

Hingga saat ini Takita masih melakukan perbaikan dan penambahan fitur-fitur edukatif untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Takita juga menggiatkan penggunaan aplikasi yang edukatif dengan membentuk tim solid yang terdiri dari psikolog, desainer web dan mobile, programmer, community relation officer serta ilustrator.

Jadi para orang tua tak perlu lagi kawatir dengan sarana permainan online bagi anak-anak. Kini anda dapat mendampingi dan membimbing anak-anak untuk mulai menggunakan aplikasi Takita sebagai salah satu sarana permainan online yang fun dan edukatif. Tak hanya itu saja, anda juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan fitur-fitur Takita.

Berbagai usulan, informasi maupun masukan materi tantangan dapat dikirimkan melalui email yang disediakan oleh tim Takita. Untuk saat ini, aplikasi Takita dapat diunduh dan digunakan secara gratis melalui Apple App Store. Di kemudian hari tim Takita akan mengembangkan beragam fitur berbayar yang penggunaannya harus melalui persetujuan orang tua.

Baca juga: Prof. Yohanes Surya PhD – Carikan Saya Anak Yang Paling Bodoh

Semoga kehadiran Takita memberikan motivasi bagi para generasi muda untuk mulai mengembangkan beragam aplikasi online yang unik, kreatif dan mengutamakan nilai-nilai edukasi.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Nice info. Sekedar sharing juga nih, belum lama nemu sosmed Indo yang punya fitur mantep nih gan ada fitur safety juga loh . Bisa ngasih tau lokasi dan tracking gps kita gitu. Yaa lumayan buat yang suka pulang malem ada bisa dijagain.Monggo cek disini gan sbgs.in/web

  2. Khusus untuk yang pakai android ya mas, untuk yang windows gimana? ada nggak?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud