Bullion Stitch ~ Startup Marketplace Online Dengan Misi Mengangkat Potensi Bisnis Kerajinan...

Bullion Stitch ~ Startup Marketplace Online Dengan Misi Mengangkat Potensi Bisnis Kerajinan Sulam Tangan

Bullion Stitch
Image dari Bullionstitch.com

Image dari Bullionstitch.com

Dalam catatan yang dirilis oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, menunjukkan adanya peningkatan jumlah ekspor untuk produk kerajinan dari Indonesia ke wilayah Asia Tenggara selama kurang waktu 5 tahun terakhir. Dari data tersebut, ekspor produk kerajinan ke ASEAN selama lima tahun terakhir mengalami pertumbuhan 14,11% dengan nilai USD 27,8 juta pada 2014.

Seperti yang dilansir pada website resmi Kementrian Perdagangan Republik Indonesia pada april 2015, bahwa untuk menghadapi MEA, kemendag akan mendukung industry kreatif kerajinan lewat INACRAFT 2015. Inacraft 2015 mampu menunjukan bahwa selama 5 hari kegiatan berhasil menarik rata-rata lebih dari 33.000 pengunjung setiap hari, rata-rata keuntungan per stand sekitar Rp 2,09 miliar dengan Rp 419 juta per hari dan nilai kontrak dagang senilai Rp 2,2 miliar per stand.

Menilik Potensi Bisnis Kerajinan Sulam Tangan di Indonesia

Hal ini tentunya memberikan angin segar pada seluruh industri kreatif. Tidak terkecuali pada industri kreatif sulam tangan yang selama ini masih belum terlalu terlihat. Kebanyakan pelaku sulam hanya menyalurkan hobi-nya, namun siapa sangka jika ditekuni akan menjadi peluang bisnis yang potensial.

Mulai dari produk sederhana sampai yang rumit, pemesanan partai besar maupun yang hanya sekedar iseng, dari mulut ke mulut hingga diliput media. Bahkan jika rajin mengikuti pameran omset bersih dapat mencapai Rp16 juta hingga RP 35 juta. Potensi yang besar ini tentunya dapat berkembang lebih besar lagi jika mendapat dukungan dari berbagai sisi, salah satunya dari sisi teknologi. Terlebih saat ini di mana perkembangan #teknologi semakin menyokong pertumbuhan sektor bisnis, tentunya akan lebih mudah bagi para pengrajin sulam tangan untuk menjual hasil karyanya.

Artikel lain: Qlapa ~ Startup Marketplace untuk Jual Beli Produk Kerajinan Tangan Unik Asli Indonesia

Lahirnya Bullion Stitch

Melihat besarnya #peluang bisnis kerajinan sulam tangan, melahirkan ide dari sekelompok entrepreneur muda untuk membuat sebuah startup marketplace yang dapat memfasilitasi para pengrajin sulam tangan dimanapun untuk ikut berkontribusi aktif dalam pemasaran produk mereka secara online.

Mereka adalah 4 orang mahasiswi Jurusan Sistem Informasi Bisnis ESQ Business School, bernama Syatitah Muharina, Ratih Seprima Effendi, Puspa Tanjung Sari dan Ila Nurul Fadilah. Jadilah mereka membangun #startup Bullion Stitch yang mengusung misi tersebut. Secara umum Bullion Stitch merupakan platform online dimana konsumen bisa membeli produk sulam tangan dengan design custom atau sesuai dengan keinginan.

Mengenai produk yang ditawarkan ada 3 jenis produk yakni wall display, toote bag serta tablecloth. Dari ragam produk tersebut Bullion Stitch menyediakan beberapa jenis desain seperti simple flower, penting, printing serta design Doodle quotes yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau tema tertentu lewat kata-kata unik.

Baca juga: Craftline, Startup E-Commerce Jual-Beli Produk Kerajinan Tangan Kreatif

Membantu Meningkatkan Industri Sulam Tangan

Para pendiri Bullion Stitch melihat bahwa saat ini usaha kerajinan sulam tangan masih terkendala beberapa hal seperti sulitnya proses pemasaran. Bagi mereka yang hanya menjadikan kegiatan sulam tangan sebagai hobi, sebenarnya mempunyai potensi besar jika mau serius mengembangkannya. Dan di sisi lain bagi mereka yang telah menjadikan kerajinan sulam tangan sebagai bisnis, tak jarang terkadang kurang memperhatikan kualitas hasil produknya.

Oleh karena itu Bullion Stitch ingin menjadi jembatan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan di atas dengan menghadirkan sebuah platform online yang bisa digunakan oleh siapa saja dengan mudah. Selain sebagai tempat jual beli produk sulam tangan, Bullion Stitch juga berupaya untuk memberikan edukasi dengan menggelar beberapa pelatihan pembuatan produk sulam tangan kepada masyarakat. Tujuannya tentu untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta memberikan keterampilan lebih guna menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Bagi rekan-rekan yang mempunyai ketertarikan dibidang kerajinan sulam tangan, atau ingin mempelajari lebih dalam tentang peluang bisnis yang satu ini bisa langsung mengunjungi situs resminya di Bullionstitch.com.

1 KOMENTAR

  1. bagus sekali artikelnya , tentang start up .
    Dengan semakin banyaknya start up maka akan banyak menghasilkan lapangan kerja

Tinggalkan Balasan