Qlapa ~ Startup Marketplace untuk Jual Beli Produk Kerajinan Tangan Unik Asli Indonesia

qlapa

Kerajinan tangan saat ini memang telah menjadi alternatif gaya hidup dan bisnis di Indonesia. Keunikan dan kualitas yang baik dari kerajinan produksi dalam negeri ini membuat pangsa pasarnya kembali bergairah. Karena potensi yang besar dari produk kerajinan tangan inilah kemudian hadir Qlapa, sebuah #startup marketplace online khusus untuk produk handmade atau kerajinan tangan lokal.

Lalu bagaimanakah detail layanan marketplace khusus kerajinan tangan lokal yang dibuat oleh sejumlah kreator muda tanah air ini? Berikut ulasannya.

Hadirkan Ribuan Produk Handmade Indonesia

Qlapa.com didirikan pada 1 November 2015 oleh CEO Qlapa Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius sebagai co-foundernya. Qlapa sendiri didirikan dengan tujuan untuk membantu memajukan dan memberdayakan kreativitas para perajin handmade tanah air dengan memperkenalkannya melalui #internet.



Di situs marketplace ini pengunjung bisa melihat dan memiliki pilihan untuk membeli ribuan produk kerajinan tangan yang unik dari pembuatnya langsung yang berasal dari seluruh Indonesia. Dari sisi penjualnya sendiri, jika mereka menjual kerajinan tangannya dengan sistem pre-order (pesan terlebih dahulu), maka hal ini juga bisa dilakukan di Qlapa. Manajemen Qlapa memang mencoba menghadirkan tempatnya agar terasa nyaman bagi pembeli dan penjualnya.

Artikel lain: Craftline, Startup E-Commerce Jual-Beli Produk Kerajinan Tangan Kreatif

Fitur Layanan Qlapa

Realisasi dari keinginannya menjadikan Qlapa sebagai tempat yang nyaman bagi pembeli dan penjual ini bisa dilihat dari beragam fitur yang disediakan Qlapa. Di Qlapa, setiap transaksi yang terjadi akan menggunakan sistem yang diotomisasi dan menggunakan rekening bersama (rekber). Dengan adanya rekber maka pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya.

Selain fitur sistem rekber, di Qlapa ada juga fitur penghitungan ongkos kirim serta manajemen pemesanan yang rapi yang akan membuat penjual dapat berjualan dengan lebih efisien dan fokus untuk membuat produk yang berkualitas. Fitur-fitur lain yang ada di Qlapa yang memanjakan pembeli dan penjual yaitu fitur penjualan produk kostumisasi dan juga fitur penawaran variasi produk dengan beragam tipe dan warna.

Mengapa Harus Bergabung Dengan Qlapa?

Saat ini memang telah banyak bermunculan tempat pemasaran offline dan online yang bisa dipilih perajin handmade. Namun ternyata beberapa #media promosi dan pemasaran yang ada sekarang dinilai kurang begitu efektif dan proporsional unuk penjualan handmade. Seperti misalnya pemasaran offline yang sering diminati pengrajin yaitu pameran atau bazar.

Pameran atau bazar ini memang cukup efektif tapi sayangnya untuk ikut event ini perajin harus mengeluarkan modal besar yang belum tentu bisa dipenuhinya. Pameran dan bazar ini juga dinilai terlalu lama karena umumnya diselengarakan tiap satu tahun sekali.

Bagaimana dengan pemasaran online via #media sosial dan instan messaging? Pemasaran produk handmade dengan jaringan online ini saat ini memang banyak digunakan oleh para pengrajin lokal. Tapi sayangnya cara ini dianggap kurang begitu efektif karena sifat medianya yang terlalu umum dan tidak spesifik. Namun dengan marketplace Qlapa, penjual akan mendapatkan situs online yang spesifik dan khusus untuk produk kerajinan tangannya agar bisa terjual dengan lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Crayon’s Craft and Co, Bisnis Kreativitas Kerajinan Tangan Replika dan Miniatur

Menyediakan Sistem yang Sesuai

Bagaimana dengan situs marketplace yang ada selain Qlapa? Perajin handmade memang bisa menjual produknya di marketplace online, namun harus diingat bahwa saat perajin menjual produknya di marketplace tertentu itu mereka mau tak mau harus bersaing dengan produk-produk lain yang diproduksi secara massal. Karena produk handmade ini adalah produk yang memiliki keunikan tersendiri, maka umumnya para perajin hadmade ini akan kesulitan bersaing dengan barang produksi massal.

Pada dampak yang lebih luas, pembeli yang awam akan produk handmade akan lebih memilih produk yang diproduksi massal. Dan pembeli yang benar-benar memahami handmade, mereka justru sering mengalami kesulitan mencari produk kerajinan tangan di tengah ratusan produk lain. Belum lagi sistem #marketplace populer di Indonesia kebanyakan belum memiliki kesesuaian dengan perilaku jual beli produk handmade.

Dari sinilah Qlapa hadir dengan menyediakan tempat di mana seluruh pengrajin lokal di Indonesia bisa berjualan bersama di satu tempat dengan sistem yang sesuai dengan kondisi para perajin handmade.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. menarik sekali ulasan startup kerajinan tangan ini. Semoga semakin memperbanyak konten untuk startup yang lain

  2. Marketplace ini bisa jadi solusi buat pengrajin lokal yang susah dalam pemasarannya. Smoga sukses di bulan pertama launchingnya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud