5 Tips Sukses Membangun Loyalitas Pelanggan

bisnis langganan

Setiap pebisnis pasti menginginkan punya pelanggan yang banyak dan setia. Namun ternyata tidak mudah untuk bisa mempertahankan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Ada banyak penyebab yang membuat para pelanggan ini kemudian berhenti berlangganan dan berpindah pada yang lain. Pelanggan yang juga manusia dengan rasa dan emosinya kadang menjadi tantangan sendiri buat para pengusaha untuk mempertahankan mereka tetap membeli produk dan layanan kita.

Setiap pelanggan memang memiliki arti tersendiri buat pebisnis. Bagaimana tidak, pelanggan yang merupakan sosok paling berharga dan terpenting dalam perkembangan sebuah bisnis ini tentu akan menjadi sesuatu yang krusial untuk dipertahankan.

Maka pebisnis sering kali melakukan berbagai cara agar mereka bisa mempertahankan para pelanggan yang sudah ada. Namun sayangnya tak semua pebisnis bisa sukses mempertahankan para pelanggan mereka.

Berikut ada lima tips yang bisa Anda gunakan agar mampu mempertahankan loyalitas pelanggan dan membuat bisnis Anda berkembang lebih maksimal.

Artikel lain: 6 Tindakan Nyata Untuk Bisa Lebih Memahami Para Pelanggan Bisnis Anda

1. Ciptakan Produk Yang Unik

Umumnya setiap pelanggan memang cenderung akan tetap bertahan untuk berlangganan pada suatu produk atau layanan bisnis jika mereka sudah tak menemukan lagi produk yang serupa dengan produk tersebut. Inilah yang disebut dengan keunikan atau differensiasi.

Produk yang unik memang selalu membuat seseorang tertarik untuk membeli dan terus membeli. Ciri khas dan keunikan yang tidak didapat di tempat lain membuat mereka mau tak mau harus membelinya dari kita.

Untuk menciptakan produk atau layanan bisnis yang unik, Anda akan dituntut untuk kreatif. Ya tampil beda dengan yang lain memang membutuhkan pemikiran dan terobosan yang mungkin saja belum pernah kita bayangkan. Maka dari itu latihlah sejak dini kreatifitas Anda untuk menciptakan produk atau layanan bisnis yang unik dan menarik.

2. Buatlah Pelanggan Anda Merasa Nyaman

Sebagian besar pembeli akan senang jika ia berbelanja di tempat yang nyaman. Dengan kenyamanan yang didapatkan, para pembeli ini bisa betah dan berlama-lama berada disuatu tempat perbelanjaan. Maka dari itu untuk membuat bisnis berlangganan Anda tetap diminati para pembeli dan pelanggan Anda, Anda harus membuat tempat Anda jualan menjadi nyaman seperti rumah mereka sendiri saat berbelanja.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat para pelanggan nyaman, seperti memberikan layanan customer service, memperbaiki dan merenovasi toko dan lain sebagainya. Jika Anda bisa, cobalah lakukan survei pada para pelanggan Anda tentang apa yang bisa membuat nyaman mereka berbelanja. Ini akan sangat efektif karena Anda langsung bisa tepat sasaran saat mengeksekusinya.




3. Buatlah Bisnis Anda Berharga Dimata Konsumen

Di dunia ini sesuatu yang berharga dan bernilai memang akan selalu dicari banyak orang. Temasuk dalam bisnis, jika Anda mampu membuat bisnis Anda berharga atau bernilai tinggi dihadapan mereka, maka Anda akan berpeluang untuk terus mempertahakan para pelanggan dalam waktu yang lama.

Untuk menjadikan bisnis berharga dimata konsumen ini tidak harus ditempuh dengan mengeluarkan dana yang besar. Terkadang hanya dengan senyuman kecil setiap kali pembeli datang akan membuat bisnis Anda bernilai dan berharga bagi para pembeli dan pelanggan Anda.

4. Buat Bisnis Yang Menginspirasi

Tips berikutnya yang bisa Anda coba untuk membangun bisnis berlangganan Anda adalah membuat bisnis yang mampu menginspirasi. Sebuah bisnis memang seharusnya tak memulu soal mencari keuntungan. Banyak sekali hal postif yang bisa kita gali dari sebuah bisnis yang kita jalankan.

Dari membuka lapangan kerja, semangat #entreprenur, membantu orang, mewujudkan impian merupakan beberapa inspirasi yang bisa muncul dari sebuah bisnis. Maka dari itu cobalah Anda gali sedalam mungkin, inspirasi apa yang bisa Anda perkenalkan kepada publik dan pelanggan Anda agar kemudian mereka akan tetap memilih Anda.

Baca juga: Tips Ampuh Agar Konsumen Jadi Pelanggan Setia

5. Jadikan Bisnis Yang Berpetualang

Petualangan memang hal yang mengasyikan bagi siapa pun. Selain mendapat hal yang baru, petualangan akan membuat kita kembali segar dan bersemangat kembali. Begitu pula dalam bisnis, jika Anda mampu membuat bisnis Anda bertema petualangan baik untuk pelanggan dan Anda sendiri sebagai penguasaha, maka Anda tidak akan kesulitan untuk mempertahankan para pelanggan setia Anda serta Anda akan lebih mudah membangun bisnis berlangganan Anda.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. orang indonesia takun untuk memulainya gan. ternasuk saya gan hehe

  2. caranya bisa dicoba buat pebisnis pemula …

  3. Boleh juga dicoba nih tipsnya bang, saya ijin contek dulu ya biar bisa dipelajari

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud