Bistip.com ~ Startup Titip-Menitip Barang Luar Negeri yang Mudah dan Praktis

Bistip.com

Image dari Wego.co.id

Titip menitip barang memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Tak hanya nitip barang di rumah teman atau di rumah kerabat, tapi titp menitip barang atau produk luar negeri pada teman yang sedang berada di luar Indonesia pun kerap kali dilakukan. Dengan nitip barang pada teman yang ada di luar negeri memang menguntungkan karena harga yang dibayarkan tentunya lebih murah.

Bagi orang yang nitip barang mungkin menguntungkan, tapi belum tentu bagi orang yang dititipi. Selain setidaknya akan merepotkan, kebiasaan menitip bagi yang dititipi akan membuat mereka kesal. Namun bagi Willy Ekasalim dan Doddy Lukito yang juga sering dititipi barang dari teman-temannya, hal ini mereka jadikan peluang bisnis yang menguntungkan dengan cara mendirikan Bistip.com.

Lalu seperti apakah bisnis Bistip.com yang menjalankan jasa titipan pembelian barang via jaringan online ini? Berikut ulasannya.

Awal Mula Pendirian Bistip.com

Bistip.com sendiri mulai dikerjakan oleh Willy dan Doddy pada akhir tahun 2010 dan dijalankan pada Maret 2011. Meski pada awalnya banyak yang menganggap Bistip.com adalah hal yang remeh namun Willy yang menjalankan pendidikan tinggi di Australia dan Doddy yang merupakan lulusan Amerika ini melakukan investasi yang terbilang besar yakni mencapai Rp 1 miliar.

Dana besar ini digunakan Willy dan Doddy untuk membangun sistem, layanan dan pemasaran. Bahkan tak tanggung-tanggung Willy dan Doddy juga menggunakan mesin server dari luar dengan teknologi cloud.

Artikel lain: Pinjam.co.id ~ Solusi Kebutuhan Finansial Lewat Gadai Online

Cara dan Metode Kerja Bistip.com

Cara kerja Bistip.com secara umum yaitu bila ada pelancong (traveler) yang sedang ke luar negeri mereka dapat menyampaikan pesan pada Bistip bahwa ia bersedia dititipi membeli barang. Nah dari sini Bistip akan menerima pesan dan akan menampilkannya ke situs. Orang-orang yang ingin memiliki barang dari luar negeri kemudian bisa menitip barang yang diinginkan via Bistip. Pada setiap titipan via Bistip sendiri akan ada batas biaya yang disesuaikan dengan keinginan pelancong tersebut.

Ketika barang sudah diterima oleh pihak penitip maka pihak yang dititipi akan memperoleh uangnya. Setelah transaksi titip menitip selesai, maka kedua belah pihak (penitip dan tertitip) bisa memberikan penilaian antar mereka di website. Jadi nantinya semakin bagus penilaian yang diberikan maka akan semakin kredibel atau tepercaya pula dirinya.

Pelayanan Bistip.com

Pelayanan Bistip.com sendiri saat ini sudah menjangkau dalam dan luar negeri dengan traffic negara tujuan tertinggi adalah Singapura. Mengenai barang yang bisa dititipkan sendiri bisa apa saja asal tidak ilegal. Barang terfavorit yang dititipkan sampai sejauh ini adalah kosmetik. Dalam perkembangan bisnis Bistip sendiri, Willy dan Doddy juga menawarkan layanan paket premium courier. Layanan ini sendiri berlaku saat penitip tidak mendapati traveller atau rute.

Nah saat hal ini dijumpai penitip, maka Bistip akan menawarkan paket premium dengan memberangkatkan seseorang (ambassador) ke negara yang tidak ditemukan tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi penitip yaitu adanya tip yang sesuai dan menutup biaya perjalanan ke negara tersebut.




Menjaga Keamanan Transaksi 

Untuk menjaga keamanan transkasi, maka dalam ketentuan Bistip penitip dan yang dititipi diwajibkan melakukan kesepakatan dilakukan di awal. Bistip sendiri memang berada di posisi sebagai penengah dan hanya menyediakan fasilitas dan tentunya ketentuannya. Selain menetapkan ketentuan, Willy dan Doddy juga membuat sistem keamanan transaksi via Bistip dnegan cara menyediakan rekening bersama (rekber).

Dari sini maka nanti setelah antar pihak yang tidak saling mengenal ini telah mencapai deal, maka pihak penitip akan mentransfer uang (sebesar harga barang plus besaran tip) ke rekening bersama di SafePay. Namun sebelum tercapai deal sendiri Willy dan Doddy juga menyediakan fasilitas untuk tawar-menawar melalui messaging tanpa campur tangan pihak Bistip.

Baca juga: Aplikasi Uneed ~ Penyedia Layanan Jasa Professional Anti-Mainstream

Pencapaian dan Pemasaran Bistip.com

Pencapaian bistip sampai saat ini cukup membanggakan. Pasalnya anggota Bistip.com sudah mencapai angka lebih dari 15 ribu dengan rata-rata berusia 20-30 tahun. Pencapaian ini sendiri tidak terlepas dari usaha Willy dan Doddy dalam memasarkan Bistip.com.

Dalam hal pemasaran, Willy dan Doddy melakukan bebarapa hal seperti pemasangan iklan di Kaskus dan juga menyelenggarakan berbagai ajang baik online maupun offline. Selain itu Willy dan Doddy juga melakukan afiliasi dengan situs-situs seperti EasyTravel, Weego dan RajaKamar. Tak lupa juga Willy dan Doddy juga menjalin bekerja sama dengan traveler ternama Claudia Kaunang.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud