NoLimit, Startup Situs Monitoring Media Sosial Kreasi Anak Bangsa

NoLimit-Startup-Situs-Monitoring-Media-Sosial

Kreativitas kini memang menjadi hal yang terus mengalami perkembangan di negeri ini. Bagaimana tidak, ratusan ide kreatif yang teraplikasikan dalam berbagai bentuk seperti barang, jasa, startup, website, aplikasi dan lain sebagainya ini sedang bertumbuh dari anak-anak muda Indonesia. Salah satu #startup situs yang juga merupakan hasil kreativitas anak bangsa ini adalah NoLimit (Nolimitid.com).

NoLimit adalah sebuah web rintisan yang digunakan untuk memantau melihat respon publik terhadap sebuah merek, organisasi, ataupun tokoh di sosial media. Seperti apakah situs yang didirikan oleh muda-mudi dari Bandung  dan menjadi juara III dalam kompetisi Startup Asia 2012 di Jakarta ini? Berikut ulasannya.

Ide dan Inspirasi Startup NoLimit

NoLimit lahir dan berawal dari sebuah thesis kakak kelas dari salah satu pendiri NoLimit yaitu Adiska. Saat itu, Aqsath Rasyid Naradhipa (kakak kelas Adiska) sedang mengerjakan thesis tentang sentimen analisis untuk Bahasa Indonesia di media sosial di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kebetulan saat riset itu dikerjakan, di Indonesia sedang booming #media sosial. Adiska lalu melihat adanya peluang untuk mengembangkan konsep thesis kakak kelasnya ini menjadi sebuah situs bisnis analisis percakapan di media sosial untuk menghasilkan data-data tentang reputasi suatu merek atau tokoh masih terbuka lebar.

Dari peluang itulah, kemudian Adiska dan tim pada tahun 2011 mendirikan perusahaan rintisan berbasis internet (startup), dimana Aqsath menjadi CEO-nya, Adiska Fardani dan Anwari Ilman menangani pengembangan bisnisnya, sedangkan Harimurti Prasetio mengurus teknologinya.

Artikel lain: GandengTangan, Startup Untuk Membantu Para Pengusaha Sosial

Dua Versi NoLimit

NoLimit sendiri memang tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk menggunakan NoLimit ini pengguna harus mendaftar dengan cara mengintegrasikannya dengan akun jejaring sosial #Facebook dan Twitter. Untuk NoLimit versi gratis, Anda tidak akan mendapatkan banyak fitur dari NoLimit. Tampilan pada versi gratis ini akan nampak seperti halnya interface media sosial yang digunakan dengan kanal Home dan Wall-nya.




Untuk versi berbayar, Anda akan mendapatkan fitur lebih berupa pemonitoran berapa respon publik mengenai sebuah merek, tokoh ataupun organisasi di Facebook dan #Twitter, yang saat ini kerap digunakan untuk kampanye perusahaan. Dengan fungsi ini, seorang pengguna atau klien akan bisa mengetahui sentimen dan respon publik terhadap produk, organisasi atau terhadap dirinya sendiri sebagai tokoh. Selain mendapatkan data respon publik, pengguna NoLimit berbayar juga akan dapat melihat data tweet apa yang paling banyak di-reply dan di-retweetoleh publik dari produk, organisasi dan citra dirinya.

Layanan NoLimit berbayar ini sangat kompleks. Selain hal-hal tadi diatas, NoLimit versi berbayar ini juga akan memberikan statistik perbandingan merk Anda dengan merek kompetitor. CEO NoLimit, Aqast menyatakan bahwa harga minimal NoLimit versi berbayar adalah Rp 3 juta per bulan, sedangkan harga maksimal Rp 30 juta per bulan. Harga bervariasi ini memang tergantung dari kompleksitas keyword yang mau dipantau dan levelnya dan juga dari keperluan dan keinginan klien.

Dalam situsnya, NoLimit memiliki beberapa kategori layanan yakni edisi Event, Organisasi, UKM, Public Figure, dan Brand Komersil.

Keunggulan NoLimit

Sebenarnya aplikasi monitoring media sosial ini memang bukan hal yang baru di jejaring dunia maya. Namun NoLimit buatan anak-anak bangsa ini diklaim punya keunggulan yang membedakan dari layanan sejenis. Menurut Adiska, dengan harga yang terjangkau, fitur yang ditawarkan NoLimit ini cukup lengkap untuk sebuah perusahaan,organisasi dan tokoh. Apalagi dengan layanan bahasa Indonesia yang sudah baku dan jauh dari kata-kata alay yang sudah disensor. Tentu dengan hal ini akan memudahkan penggunanya untuk memahami beragam data statistik yang nantinya diberikan.

Baca juga: Kreavi, Media Sosial Untuk Para Pekerja Digital Kreatif Indonesia

Peluang NoLimit Di Masa Mendatang

Untuk peluang, Adiska dan teman-temannya meyakini bahwa layanan dari situs NoLimit ini akan mendapatkan respon dan peminat yang besar. Dana memang permintaan yang datang saat ini cukup banyak dimana beberapa dari permintaan itu datang dari perusahaan-perusahaan besar seperti Garuda Food untuk Kacang Garuda, majalah Gatra untuk Gatra Kampus, Microsoft untuk Imagine Cup, dan event organizer TEDx Jakarta.

Sekarang, dalam waktu tiga tahun, startup dari Bandung ini sudah dijalankan 20 orang karyawan dengan operasional yang sudah mandiri tanpa bergantung lagi pada investor. Luar biasa.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Langkah awal yang bagus untuk startup….semoga peluangnya semakin bagus….dan lebih maju ya bang

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud