Berani Saja Tidak Cukup Lho Buat Berwirausaha, Anda Harus Punya Ini Juga

tips memulai berwirausaha

Image dari Startahomepartybusiness.com

Banyak mungkin cerita sukses seorang pebisnis yang menekuni karirnya berawal dari modal nekad. Keberanian memang sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis, terlebih jika Anda belum pernah sama sekali menekuninya sebelumnya. Namun perlu juga Anda ketahui bahwa modal nekad dan berani saja tidak cukup untuk membawa Anda dalam tangga kesuksesan dalam berbisnis.

Banyak sekali variabel pendukung yang juga harus Anda miliki untuk bisa bertahan dan survive dalam mengelola sebuah bisnis. Tanpa faktor pendukung utama, berat rasanya Anda bisa dan mampu memenangkan persaingan yang sangat ketat dalam dunia bisnis. Dan kesemuanya itu juga memerlukan sebuah proses tumbuh dan berkembang yang di dalamnya tentu saja akan ada banyak sekali suka duka yang mungkin akan Anda alami.

Artikel lain: Mengenal 3 Karakter Seseorang Ketika Memulai Sebuah Usaha

Untuk itu jika Anda benar-benar berani terjun ke dunia bisnis dan berwirausaha, jangan hanya mengandalkan keberanian saja, lengkapi modal Anda dengan beberapa faktor di bawah ini.

1. Asah Kemampuan Dalam Melihat Peluang Berwirausaha

Bagaimana Anda akan terjn ke dunia bisnis tanpa Anda mampu melihat #peluang bisnis yang potensial. Apa yang akan Anda kerjakan jika Anda tidak mampu dan jeli melihat peluang bisnis. Maka dari itu, di sini Anda harus berlatih terus menerus dan mengasah kemampuan Anda dalam melihat peluang bisnis.

Caranya bagaimana? cara yang paling bagus adalah dengan langsung praktik dan mengimplementasikan setiap sesuatu yang Anda anggap sebagai peluang usaha. Ketika yang Anda lakukan tersebut buntu, maka jangan menyerah, segera berpikir dan mencari peluang yang lain. Dengan cara ini Anda akan terbiasa selalu melihat celah dan peluang yang ada dalam setiap segmen kehidupan.

2. Tingkatkan Ilmu Pemasaran Anda

Setelah Anda mengambil keputusan untuk terjun dalam dunia bisnis dan berwirausaha, maka dengan serta merta Anda harus meningkatkan kemampuan Anda dalam pemasaran. Tanpa adanya pemasaran yang baik, maka bisnis apapun tidak akan menjadi besar. Bagaimana #strategi pemasaran Anda dalam menghadapi berbagai pangsa pasar tentu harus Anda perhatikan. Karena masing-masing segmen pasar tentu tidak sama.

Media yang Anda gunakan juga harus disesuakin dengan pasar yang Anda targetkan. Misalnya target pasar Anda adalah para pengguna #media sosial, maka Anda juga harus menyesuaikan strategi Anda dengan fokus pada pemasaran dengan media sosial.

3. Kembangkan Networking Dalam Bisnis Anda

Ini sesuatu yang harus Anda lakukan, dalam berwirausaha jangan hanya menjadi katak dalam tempurung saja. Kembangkan jaringan Anda seluas-luasnya, ini bagus juga Anda lakukan sebelum atau sedang dalam pengembangan bisnis Anda. Dalam mengembangkan jaringan, jangan hanya berkutat dalam satu #komunitas bisnis saja. Anda bisa masuk ke dalam berbagai komunitas bisnis untuk menambah ilmu dan pengalaman Anda.

Selain itu, memasuki beberapa komunitas juga bisa meningkatkan potensi Anda dalam menangkap peluang bisnis yang ada. Tapi perlu juga Anda ketahui ketika Anda memasuki komunitas atau orang-orang dengan bisnis yang berbeda, jangan mudah terpecah fokus Anda kemudian Anda berubah haluan. Tetap stay focus dan cerna dan selalu pikirkan baik-baik setiap langkah yang akan Anda ambil.




Baca juga: Inilah 6 Alasan Klasik yang Seringkali Muncul dari Seseorang yang Menunda Jadi Pengusaha

4. Segera Beraksi, Jangan Tunggu Lebih Lama

Selalu saja, tanpa adanya tindakan nyata, apapun rencana bisnis Anda, sebagus apapun strategi Anda, maka itu semua tidak berarti apa-apa. Untuk itu, Anda harus segera mengambil langkah nyata untuk mengeksekusi ide kreatif bisnis Anda. Tidak ada waktu menunggu lagi, jangan sampai #ide bisnis Anda diambil orang lain karena terlalu lama Anda tidak menjalankannya.

Jika mungkin terasa berat, lakukan proses berwirausaha dengan pelan-pelan mulai dari yang kecil dulu. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan terlebih dulu, jangan memaksakan diri. Lakukan semua itu penuh dengan perhitungan yang matang. Percayalah, bisnis kecil yang dilakukan dengan jalan yang benar, pasti akan membesar juga.

Jadi, siapkah Anda berwirausaha? Nekad oke, berani oke, namun semua itu harus didukung dengan variabel pendukung yang tidak bisa Anda tinggalkan. Jadilah orang yang cerdas dalam melangkah, jangan asal berani saja dalam berbisnis.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud