Inilah 6 Alasan Klasik yang Seringkali Muncul dari Seseorang yang Menunda Jadi Pengusaha

Image dari Fenesi.com

Image dari Fenesi.com

Saat ini banyak orang yang memang ingin menjadi pengusaha dan pebisnis. Selain untuk melipatgandakan penghasilan, menjadi #entreprenur di masa sekarang ini juga membuat seseorang memiliki gengsi dan kepercayaan diri yang tinggi. Namun sayangnya meski tingkat penerimaan dan keinginan masyarakat untuk menjalani profesi ini sangat tinggi, ternyata tidak sedikit orang yang tidak bisa mewujudkan impiannya menjadi pebisnis.

Salah satu penyebab yang membuat seseorang gagal menjadi pengusaha ini adalah penundaan. Ketika mereka sengaja melakukan penundaan ini, biasanya akan muncul beragam alasan klasik yang bisa kita dengar. Lalu apa saja alasan klasik seseorang yang biasa menunda-nunda untuk jadi pebisnis ini? Berikut ulasannya.

1. Menuggu Momen yang Tepat

Alasan klasik pertama yang bisanya sering muncul dari seseorang yang menunda jadi pengusaha adalah menunggu momen yang tepat. Padahal kalau kita berpikir secara mendalam, apakah memang ada momen yang tepat untuk menjadi pengusaha? Tentu saja tidak ada. Anda sebagai pengusaha harus menentukan momentum Anda sendiri untuk maju ke depan.

Jika Anda berpikir momen yang akan menjadikan Anda sebagai pengusaha, maka Anda selamanya akan terkungkung oleh impian dan khayalan menjadi pengusaha. Maka dari itu percayalah bahwa tidak ada momen yang tepat untuk menjadi pengusaha. Namun memutuskan bergerak dan terjun ke dunia bisnis saat itu juga akan menjadikan momentum akan berpihak kepada Anda.

Artikel lain: Mengenal 3 Karakter Seseorang Ketika Memulai Sebuah Usaha

2. Menunggu Ide yang Sempurna

Anda seharusnya mengerti dan memahami bahwa tidak ada yang namanya yang kesempurnaan. Jika Anda selalu mengejar kesempurnaan maka bisa dipastikan bahwa Anda akan sulit untuk bergerak dan menjalankan apapun termasuk menjadi pengusaha.

Maka dari itu jika Anda telah memiliki ide bisnis cobalah untuk segera menerapkannya. Jangan menunggu ide yang sempurna, karena bisnis tersukses yang pernah ada juga memiliki ide yang sempurna bukan saat ide pertama muncul, namun saat dalam perjalanannya.

3. Takut Gagal

Inilah alasan klasik yang seringkali muncul dari orang-orang yang menunda-nunda menjadi pengusaha. Ketakutan dan kehawatiran mereka akan kegagalan mengalahkan peluang dan kesempatan besar mereka untuk meraih penghasilan yang berlipat-lipat. Resiko memang selalu ada pada sebuah hal dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Namun jika Anda selalu memandang resiko sebagai sebuah monster besar dan menakutkan, maka sampai kapan pun Anda tak akan bisa melecutkan diri Anda untuk meningkatkan diri dalam hal apapun termasuk dalam dunia entrepreneur ini. Jadi buanglah jauh-jauh ketakutan Anda akan kegagalan bisnis jika Anda ingin mewujudkan impian Anda menjadi pengusaha.

4. Belum Punya Modal yang Cukup

Pernyataan diatas juga merupakan alasan klasik yang seringkali muncul dari seseorang yang menunda-nunda menjadi pengusaha. Modal yang belum terkumpul selalu digadang-gadang oleh mereka untuk tidak bertahan dan tidak beranjak ke dunia entrepreneur. Padahal dengan modal yang tidak seberapa Anda bisa saja langsung terjun ke dunia bisnis.




Bagaimana dengan #ide bisnis yang dimiliki dan memang membutuhkan banyak dana? Tentu saja Anda bisa mengeksekusi ide bisnis tersebut ketika bisnis awal Anda berjalan dan menghasilkan keuntungan. Ingat tidak ada sebuah perusahaan besar yang muncul tanpa didahului dengan sebuah bisnis yang kecil. Seribu langkah juga memang harus diawali dengan satu langkah untuk mencapai tujuan, benar kan?

5. Tidak Punya Banyak Waktu

Waktu memang sangatlah berharga. Berutunglah Anda yang bisa mengefektifkan waktu dengan maksimal dan sebaik-baiknya. Ingat kita semua memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam. Jadi untuk menjadi pengusaha bukanlah banyaknya waktu yang dibutuhkan tapi kualitas waktu lah yang harus dikedepankan.

Jadi bukanlah alasan yang tepat jika Anda menyatakan bahwa Anda tidak punya waktu untuk menjadi pengusaha. Anda hanya mencari-cari sebuah pembelaan diri Anda yang sayangnya itu keliru.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis? Cermati 4 Pilar Bisnis Berikut Ini

6. Tidak Punya Koneksi

Terakhir, alasan klasik seseorang untuk menunda jadi pengusaha adalah tidak memiliki koneksi atau jaringan bisnis. Koneksi atau jaringan bisnis memang sangat penting. Tapi pernyataannya adalah apakah semua pengusaha sukses yang ada sekarang memiliki jaringan yang luas ketika pertama kali memulai bisnis? Tentu saja tidak.

Jaringan atau koneksi mereka menjadi besar dan luas ketika mereka menggerakkan bisnisnya. Seiring perjalanan saat mereka menjalankan roda bisnisnya, mereka akan bertemu dan berkenalan dengan banyak orang yang kemudian akan menjadi jaringan atau koneksi usaha.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. aku suka yang nomer 6, ane banget itu gan wkwkwk

  2. Dari dulu saya memang sudah sangat berkeinginan membuka usaha sendiri untuk merubah hidup, namun karena alasan yang semua ada yang diatas membuat saya belum memulai sampai sekarang. Saya sekarang sadar,, secepatnya saya akan membuka usaha walaupun waktu saya sedikit dan modal juga masih sedikit.
    Terimakasih…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud