Ingin Beli Apple Airpods? Berikut Ini Informasi yang Wajib Anda Ketahui

airpods

Image dari Redmondpie.com

Pada saat seri terbaru produk smartphone Apple iPhone 7 dana iPhone 7 plus dirilis, tidak sedikit dari konsumen yang berfikir kembali untuk membeli seri tersebut karena dihilangkannya fitur headphone jack 3,5mm untuk sarana audio. Namun hal tersebut, kemudian tidak lagi menjadi masalah karena pihak Apple memberikan solusi lewat adapter khusus yang bisa digunakan untuk menyambungkan iPhone 7 dengan jack headphone 3,5mm pada paket pembelian.

Dan akhirnya, setelah beberapa waktu Apple membuka rahasia dari rencana besar yang akan dijalankan, yakni dengan merilis fasilitas teknologi baru yang diberi nama Airpods. Airpods merupakan satu dari beberapa produk earphone wireless yang telah diperkenalkan di pasaran. Mengusung teknologi yang lebih canggih, kabarnya earphone berbentuk mirip gagang sikat gigi mini tersebut juga mampu menjalankan beberapa fungsi yang tidak ditemui pada pesaing lainnya.

Teknologi Chip W1

Dalam sebuah pernyataan menyebut bahwa pihak pengembang #Apple saat ini sedang memberikan konsentrasi penuh untuk menciptakan beragam teknologi baru yang memfokuskan pada produk wireless alias tanpa kabel. Inilah yang kemudian mendorong pembuatan perangkat Airpods.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perangkat Airpods ditanami teknologi terbaru yakni chip w1 yang merupakan salah satu teknologi wireless terdepan saat ini. Dengan adanya chip tersebut, kabarnya proses dan juga efisiensi penggunaan Airpods bisa jauh lebih meningkat.

Artikel lain: Produsen Perangkat Audio Wireless Sonos Rilis Kerjasama Terbaru Dengan Apple




Ketika ingin memasangkan perangkat iPhone dengan Airpods, chip w1 membantu mengkoneksikannya jauh lebih cepat. Karena hanya dengan mendekatkan kedua perangkat tersebut, maka iPhone akan langsung mendeteksi dan memberikan pilihan untuk mengkoneksikannya. Ini tentu membuat proses sinkronisasi berjalan lebih cepat yang berimbas juga pada konsumsi baterai.

Berbicara tentang baterai, proses transfer secara wireless dari file audio juga akan berjalan lebih efisien. Dibuktikan dengan daya tahan baterai yang bahkan bisa memutar 5 jam penuh untuk sekali pengisian daya.

Ditanami Teknologi Terbaru

Yang menarik, chip w1 ini tidak hanya ditanamkan pada perangkat Airpods saja melainkan beberapa produk besutan Apple lain seperti Beats Solo3 Wireless, Powerbeats3 Wireless dan the Beats X. Artinya, semua perangkat tersebut bisa dikoneksikan sama mudahnya dan dengan tingkat efisiensi sama bagusnya.

Selain itu, Airpods juga menggunakan jual optical sensor yang dapat digunakan untuk menjalankan fungsi seperti pause dan play musik yang sedang didengar. Tidak hanya itu dual-voice accelerometers juga mampu mendeteksi ketika kita sedang berbicara, dan secara otomatis mengecilkan volume musik yang didengar sesuai dengan kebutuhan.

Tidak seperti beberapa jenis perangkat earphone wireless yang sudah dirilis di pasaran, mereka harus bekerja secara bersama alias tidak bisa digunakan jika hanya satu bagian saja. Namun tidak dengan Airpods, yang ternyata bisa digunakan satu sisi saja. Proses sinkronisasi dengan perangkat iPhone tetap bisa dilakukan pada 1 sisi earphone yang digunakan.




Jika Anda juga menggunakan, perangkat Apple lain seperti Apple Watch dan Mac nantinya juga bisa langsung terkoneksi dengan Airpods, selama perangkat tersebut sudah menggunakan software terbaru yakni watchOS 3 dan macOS Sierra.

Kemudahan ini juga didukung dengan kemampuan Airpods untuk berkomunikasi dengan digital assistant Siri. Dengan gerakan double tap pada Airpods, kita bisa langsung berkomunikasi dengan Siri untuk menjalankan beberapa perintah sederhana, contohnya seperti mengubah volume musik atau untuk menerima panggilan.

Namun tentunya, perangkat ini tetap memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya yakni, belum memiliki teknologi tahan air. Ketika perangkat iPhone 7 sudah bisa digunakan untuk berbasah-basah ria, nyatanya Airpods masih hanya mampu bertahan untuk kondisi lembab dalam tingkat normal seperti dalam pemakaian ketika berolahraga.

Baca juga: “Buang” Jack 3,5 MM, Apple Pede iPhone 7 Makin Greget

Saat ini, meskipun telah diperkenalkan secara luas, produk Airpods masih belum bisa dibeli karena baru akan dijual menjelang akhir bulan Oktober mendatang. Yang menjadi pertanyaan tentu berapakah harga yang dipatok untuk perangkat wireless tersebut.

Bisa dibilang perangkat ini masih berada di kisaran harga lumayan tinggi yakni sekitar $160. Namun jika dibandingkan dengan beberapa produk earphone wireless kain yang sudah dijual di pasaran, umumnya memiliki nonton harga yang lebih mahal yakni mulai dari $250.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Apple memang menjadi salah satu merek perangkat komputer tercanggih untuk saat ini,tapi memang pada kenyataannya harga dari merek yang satu ini sangatlah mahal sekali untuk ukuran kantong saya. Terima kasih atas pelajaran oline yang Joeragan bagikan ini,sukses selalu buat Joeragan!!!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud