Fakta Unik dan Menarik Seputar OS Android

Fakta Unik dan Menarik Seputar OS Android

OS-Android

Gaya hidup masyarakat modern kalangan menengah ke atas tak bisa lepas dari penggunaan smartphone. Smartphone telah menjadi bagian penting yang menunjang mobilitas dan kesibukan mereka. Berkirim surat elektronik, chatting, berfoto, bermain game dan mendengarkan musik adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dengan mengandalkan satu unit perangkat smartphone.

Kebutuhan masyarakat akan kehadiran smartphone yang canggih dan menyediakan banyak fitur menyebabkan sistem operasi smartphone mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setelah BlackBerry sukses merajai pasar smartphone Indonesia pada periode tahun 2010 hingga tahun 2012, perlahan-lahan kehadirannya mulai digantikan oleh sistem operasi smartphone bernama Android.

Android berkembang secara pesat, selalu berhasil memperbarui teknologinya dan menyediakan apa yang dibutuhkan oleh para pengguna smartphone, jadilah si robot hijau ini mulai merajai pasaran smartphone di Indonesia sejak awal tahun 2013. Apakah Anda mengetahui fakta-fakta menarik seputar OS Android? Luangkan waktu bersantai Anda untuk menyimak beberapa fakta unik seputar Android berikut ini:

1. Android Sering Dianggap Sebagai Merek Gadget

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat awam yang menganggap Android adalah sebuah merek gadget.

“Pak, saya mau beli HP Android dong…”

“Iya bu, merek apa ya?”

“Merek Android pak…”

Wow, ternyata Android begitu populer, hingga masyarakat awam yang masih asing dengan kemajuan teknologi menganggap Android adalah merek sebuah gadget berkualitas. So, mulailah memahami bahwa Android adalah sebuah sistem operasi smartphone berbasis teknologi yang bekerjasama dengan sejumlah produsen gadget untuk menciptakan aneka jenis smartphone berkualitas.

Artikel lain: Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Rooting

2. Google Bukanlah Penemu Android

Google bukanlah perusahaan yang menciptakan sistem Android, #Google hanya membelinya pada tahun 2005 dan mengembangkannya hingga sekarang. Sejatinya, Android ditemukan oleh sekelompok anak muda yang terdiri dari Andy Rubin, Nich Miner, Chris White dan Nick Sears.

Empat orang anak muda ini tadinya berusaha menemukan sistem operasi untuk kamera digital, namun saat mengetahui tren pasar yang mengarah ke sistem operasi smartphone, mereka lantas beralih untuk ke bidang tersebut. Pengembangannya pun dilakukan dengan memanfaatkan kernel Linux sebagai basis sistem operasi.

3. Android adalah Sistem Operasi yang Terbuka dan Gratis

Sifat Android yang open source ternyata membawa banyak pengaruh positif bagi Android itu sendiri. Platform-nya memungkinkan para developer untuk bebas berkreasi dan mengembangkan beragam jenis aplikasi yang menarik dan dibutuhkan oleh para pengguna smartphone.

Kehadiran Android berhasil menjadi sarana pengembangan berbagai komunitas developer yang senantiasa melahirkan aplikasi-aplikasi brilian. Wow, suatu bentuk simbiosis yang sangat menguntungkan.

4. Android Menggunakan Nama Makanan

Hal ini adalah salah satu keunikan tersendiri yang disuguhkan Android. Android konsisten memakai nama-nama makanan untuk menamai setiap versinya. Nama makanan pun mengikuti urutan abjad dalam bahasa Inggris, seperti ice cream sandwich, jelly bean, kitkat dan lollipop. Jadi, bila sudah sampai abjad Z kira-kira akan pakai nama apalagi ya?

5. Gunakan Android Dengan Bijak

Banyak user yang menyebutkan bahwa sistem operasi Android biasanya berjalan dengan lambat dan memboroskan daya baterai smartphone. Hal ini tentunya tidak akan terjadi bila kita menjadi pengguna smartphone yang bijak.

Jangan meng-install aplikasi dan menyimpan file yang tidak Anda perlukan agar anda tidak memberatkan kinerja smartphone Android. Dengan demikian, smartphone Android anda akan bekerja secara optimal dan tidak memboroskan daya baterai.

6. Android, Sistem Operasi Mobile Terpopuler

Hingga periode pertengahan 2014, Android masih menjadi primadona yang merajai sistem operasi smartphone di dunia. Android berhasil mengalahkan kepopuleran pesaing beratnya, yakni iOS dan Symbian. Saat ini ada lebih dari 100.000 developer perorangan maupun perusahaan yang giat membangun beragam aplikasi Android.

Baca juga: Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

Semua kesuksesan yang diperoleh Android tak lepas dari semangat kerja keras dan inovasi yang dilakukan secara berkesinambungan. Tak ada salahnya lho berbagai rezeki dan peluang bisnis dengan pihak lain, seperti apa yang Android lakukan bersama para developer aplikasi mobile. Hal ini membawa hasil yang baik dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. It’s the real win-win solution.

6 KOMENTAR

  1. Ya maklum sih, nggak semua orang melek teknologi, kadang ada yang baru tau hehe

  2. iya tuh kocak, orang gaptek yang ga ngerti android, kalo mau beli smartphone pasti bilangnya beli HP yang merknya android, wkwk

  3. All About Android

    nice info gan, ngomong-ngomong yang nomor 1 emang nyata iya, banyak sekali yang bilang android itu merk hp haha

  4. Belajar Internet Marketing

    Baru tahu saya kalau ternyata google hanya membeli android, bukan menciptakannya.. btw, nice info mas :)

  5. saya sendiri pengguna Android sangat bangga memakainya, mungkin tidak akan pindah ke lain hati

  6. Tutorial Wordpress Pemula

    orang awam juga suka bilang Tab itu iPad.. Biar kata merknya Advan, mito, samsung…ahhahaha

Tinggalkan Balasan