Baru Diluncurkan Windows 10 Sudah Tuai Kecaman, Kenapa?

Image dari cnet.com

Image dari cnet.com

Selalu ada saja kabar menarik yang datang dari dunia #teknologi. Tidak hanya mengenai perkembangan teknologi yang selalu dinantikan oleh para penggunanya, kabar menarik seputar hubungan antara para penyedia teknologi juga senantiasa menggelitik untuk diamati.

Belum lama ini #Microsoft secara resmi merilis sistem operasi Windows 10 yang diklaim memberikan banyak keunggulan baru yang tidak ditemukan dari para pendahulunya. Berita baik ini nyatanya tidak selalu diiringi dengan kabar baik, sebab ternyata peluncuran Windows 10 malah membuat bos Mozilla Firefox, Chris Beard menjadi gusar dan marah. Apa penyebab kemarahan tersebut?

Kehadiran Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah aplikasi #browser default (peramban pilihan secara otomatis) yang sudah disediakan untuk mendukung teknologi baru di Windows 10. Tidak seperti Internet Explorer yang kini sudah ditinggalkan oleh para pengguna internet, kehadiran Microsoft Edge diyakini mampu membawa warna baru bagi persaingan antar penyedia aplikasi browser.

Microsoft Edge dinilai jauh lebih baik daripada saudara tuanya, Internet Explorer. Dilengkapi dengan sejumlah mode canggih dan kecepatan akses #internet yang lebih baik, tim Microsoft meyakini kalau Microsoft Edge sudah pantas dan mampu bersaing dengan sejumlah aplikasi browser favorit lainnya.

Artikel lain: Microsoft Edge ~ Aplikasi Browser Anyar untuk Windows 10




Mozilla Ternyata Sudah Mengincar Windows 10

Sebagai salah satu penyedia browser paling diminati di dunia, awalnya Mozilla Firefox tidak begitu antusias terhadap peluncuran Windows 10. Sebab tim Mozilla menilai bahwa jumlah pengguna Mozilla Firefox di Windows menurun drastis selama 2 tahun terakhir dengan persentase sebesar 42%.

Penilaian lain yang dilakukan Mozilla menemukan hasil bahwa masih ada peluang untuk menguasai 12% persentase pengguna browser di Windows 10. Sehingga hal ini menjadi secercah harapan bagi Mozilla Firefox untuk tetap bertahan pada sistem operasi Windows, khususnya Windows 10.

Untuk mewujudkan aplikasi browser versi terbaru yang lebih kuat dan cepat, kini Mozilla berencana untuk menyiapkan teknologi barunya untuk disertakan di Windows 10. Meskipun belum ada informasi lebih rinci mengenai teknologi Mozilla yang akan hadir di Windows 10, namun Mozilla Firefox sudah menjelaskan kalau nantinya teknologi tersebut akan lebih independen dan unggul dari teknologi Mozilla Firefox terdahulu. Inovasi teknologi memang sangat diperlukan mengingat nantinya Mozilla Firefox juga akan bersaing dengan browser besutan sistem operasi #iOS di Windows 10.

Kegelisahan Mozilla Terhadap Microsoft Edge

Setelah berkoar akan menyiapkan teknologi terbaru untuk Windows 10, kabar yang cukup mengejutkan kembali datang dari pihak Mozilla Firefox. Peluncuran Windows 10 yang dilengkapi dengan Microsoft Edge rupanya membawa kegelisahan dan kemarahan bagi tim Mozilla Firefox. Sang CEO Mozilla Firefox, Chris Beard bahkan secara terang-terangan menyatakan kemarahannya lewat surat terbuka yang ditujukan untuk CEO Microsoft, Satya Nadella.

Beard yang sudah mencoba teknologi Windows 10 menemukan fakta bahwa Windows 10 seakan “memaksa” para penggunanya untuk menggunakan Microsoft Edge sebagai browser default (browser utama). Kendati pengaturan untuk memilih jenis browser lainnya bisa dilakukan, namun prosesnya jauh lebih rumit dan bisa membuat pengguna Windows 10 jadi enggan menggunakan browser lain.




Hal ini secara tak langsung dianggap sebagai cara halus untuk menyingkirkan penyedia browser lain. Sebab bisa saja para pengguna Windows 10 pasrah pada arahan yang disiapkan tim Microsoft untuk menggunakan Microsoft Edge sebagai browser default. Namun hal ini akhirnya ditepis oleh Satya Nadella.

Baca juga: Ini Fitur Andalan Windows 10, Sayang Untuk Dilewatkan

Menurut Satya, Windows 10 didesain untuk memberikan pengalaman teknologi yang lebih baik bagi para pengguna. Sehingga nantinya penggun Windows 10 bisa membuat default sesuai dengan keinginan, termasuk memilih sendiri browser yang ingin digunakan. Hal ini akan membuktikan kalau Microsoft tidak berbuat sengaja memaksa penggunanya untuk memilih Microsoft Edge di Windows 10.

Mana yang akan jadi pilihan kita di Windows 10? Microsoft Edge, Mozilla Firefox, atau justru browser lainnya? Biar waktu yang akan menjawab kebutuhan kita. Karena kita pada akhirnya pasti memilih satu browser yang paling canggih dan ergonomis dari sekian banyak browser lainnya.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. kalau pilihan saya tetap ke mozilla mas, karna dari mulai dulu sudah biasa mengoperasikan mozilla mungkin ya. Jadi fiturnya sudah bnyak hapal.

  2. persoalan bisnis memang membuat lupa yaa, mana posisi dan milik kita dan mana posisi dan milik orang lain.

    dari dulu memang windows terkesan memonopoli khususnya di bidang browser semenjak lahirnya internet explorer yang saat itu sempat membuat mozilla bangkrut.

    tapi disini lain juga pihak mozilla terkesan begitu ‘cengeng’ akan kehilangan penggunanya, sementara mau tidak mau hal semacam ini yang mereka harus hadapi dalam berbisnis.

    yang menggelitik saya adalah, apakah mozila pantas marah terhadap produk “yang bukan miliknya” ??

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud