Microsoft Edge ~ Aplikasi Browser Anyar untuk Windows 10

Microsoft Edge ~ Aplikasi Browser Anyar untuk Windows 10

Image dari Techgadgetcentral.com
Image dari Techgadgetcentral.com

Popularitas perusahaan Microsoft sebagai salah satu raksasa #teknologi dunia memang kian cemerlang dari hari ke hari. Mayoritas desktop yang beroperasi di dunia juga memanfaatkan sistem operasi Windows sebagai andalannya. Kemudahan yang terjangkau inilah yang berhasil membuat Microsoft selalu diminati oleh para pengguna teknologi.

Bersamaan dengan peluncuran Windows 10 sebagai sistem operasi dengan teknologi terkini, rupanya Microsoft juga memperkenalkan Micosoft Edge, terobosan aplikasi #browser terbaru untuk melengkapi Windows 10.

Keunggulan apa saja yang ada pada Microsoft Edge dan membuat kita wajib untuk mencobanya di Windows 10?

1. Ungguli Pesaing dalam Hal Kecepatan

Saat ini #Google Chrome berhasil meraih posisi sebagai browser terbaik yang banyak digunakan oleh para pengguna internet. Tetapi mungkin saja posisi ini nantinya bisa digantikan oleh Microsoft Edge jika kita meninjau kembali keunggulan Microsoft Edge.

Microsoft Edge memiliki kecepatan yang lebih baik daripada Chrome. Tak akan ada lagi cerita browser yang lemot seperti saat kita menggunakan Internet Explore dulu. Untuk memperbaiki Edge supaya jadi lebih baik dari Internet Explore 11, Microsoft menambahkan dukungan fitur HTML 5.

Artikel lain: Send ~ Aplikasi Email Terbaru Besutan Microsoft 

2. Mode Membaca yang Nyaman

Mode membaca (reader mode) adalah fitur istimewa yang ada pada Microsoft Edge. Tinggal menggunakan fitur add-on untuk mengaktifkan mode membaca, maka kita bisa membaca informasi hasil browsing dengan nyaman tanpa gangguan dari tampilan browser yang terlalu penuh. Tinggal melakukan 1 kali klik untuk kembali ke webpage original.

3. Hadirkan Fitur Reading List

Hampir sama seperti mode membaca, kita bisa menggunakan third party seperti Pocket untuk melihat kembali hal-hal yang nanti ingin kita baca. Untuk memasukkan daftar hasil browsing yang ingin kita baca nanti, kita tinggal mengklik ikon favorit di taskbar kemudian masuk ke bagian bookmark untuk mengakses kembali reading list yang ingin kita buka.

Baik fitur reader mode maupun reading list keduanya sama-sama fitur baru yang hanya bisa ditemukan di Windows 10.

4. Microsoft Edge Dibekali Sistem Keamanan yang Baik

Mungkin tidak ada yang peduli dengan sistem keamanan pada aplikasi browser. Namun hal ini menjadi perhatian ketat bagi Microsoft untuk menerapkannya pada Edge. Belajar dari pengalaman Internet Explorer yang menjadi sasaran serangan Malware, #virus, dan kelompok hacker, kini pengembangan Edge sangat memperhatikan celah keamanan demi memberikan pengalaman browsing yang lebih aman dan powerfull pastinya.

5. Penggunaan yang Mudah

Kita tentu berpikir bahwa di zaman serba modern ini tidak ada orang yang tidak mengenal #internet. Tetapi nyatanya Microsoft tetap berfokus pada hal ini dan berusaha menghilangkan fitur-fitur yang bisa membingungkan para pengguna internet pemula. Ketika ingin mengakses fitur tertentu, kita bisa memilih menu pengaturan bergambar titik tiga (…) di bagian kanan layar.

6. Dipersenjatai Cortana

Masih ingat dengan Siri yang menjadi kebanggaan iOS?

Kini Edge juga hadir dengan dukungan dari Cortana, sang asisten virtual yang memiliki fungsi layaknya Siri. Melalui Cortana, kita bisa melakukan browsing dengan menggunakan perintah suara. Cortana juga akan membantu menerjemahkan setiap frasa yang kita maksud sebelum menampilkan hasil browsing di Microsoft Edge.

Baca juga: Cara Uninstall Internet Explorer Pada Windows 8 dan 8.1

7. Fitur Simpan Halaman Browser

Kalau ingin menandai bagian-bagian penting pada halaman browser, maka sudah sepatutnya kita mengandalkan Edge. Kita juga bisa menyimpan halaman browser yang kita temukan ke bagian favorit supaya nantinya mudah untuk diakses kembali saat kita membutuhkannya.

Banyak keunggulan Microsoft Edge yang membuat kita tertarik untuk menggunakannya. Namun salah satu hal yang masih jadi kekurangan dari aplikasi ini adalah belum adanya fitur ekstensi (extentions) seperti yang ada pada Google Chrome. Rencana Microsoft untuk mengembangkan fitur ekstensi bagi Edge belum dipastikan untuk beberapa jangka waktu ke depan.

Tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan Microsoft Edge yang nanti akan hadir untuk melengkapi Windows 10. Jika ada kesempatan untuk merasakan teknologi yang lebih canggih, tentunya kita harus menjadi orang nomor satu yang mencicipinya.

2 KOMENTAR

  1. Saya sudah menggunakan windows 10 dan menggunakan browser terbarunya, tapi tidak bisa load youtube

  2. Apa, wondows 10 udah mau keluar dan ada fitur baru IE….saya pake win 8 aja belum lulus nih….

    Makasih atas info terbaru ini mas…

Tinggalkan Balasan