Barang Antik Berharga Mahal, Mungkinkah Handphone Jadul Juga Jadi Mahal?

harga ponsel jadul

Image dari Wikipedia.com

Ini adalah pemikiran yang tiba-tiba datang pada saya beberapa hari belakangan ini. Selain itu pemikiran ini sendiri datang dari percakapan dengan teman saya yang datang bertamu ke rumah. Saat itu teman saya ini berkata bahwa tempo hari ia membeli ponsel lama dengan harga yang tinggi. Percaya tidak percaya, saya sendiri kemudian mencoba berpikir positif dan mendalami keadaan ini. Saya sendiri sebelum kedatangan teman saya ini sering terpikir tentang mahalnya harga handphone jadul pada waktunya.

Asumsi ini sendiri muncul dari pengalaman penulis yang sering mengamati harga-harga barang lawas yang harganya mahal. Bahkan penulis sendiri pernah mendatangi pameran barang lawas di ibu kota yang memang harganya cukup membuat mata terbelalak. Bahkan saya sendiri hampir tak percaya dengan harga fantastis dari produk-produk lawas di pameran tersebut.

Faktor Kelangkaan dan Keunikan

Mahalnya produk-produk lawas ini memang bisa jadi terjadi. Pasalnya, dengan jumlahnya yang sangat terbatas maka bisa menyebabkan kelangkaan yang jarang bisa didapat. Kelangkaan yang ada pada barang lawas ini diperkuat dengan adanya permintaan dari pasar yang besar. Dari jumlah barang yang terbatas dan tingginya permintaan yang ada ini maka akan membuat harga barang makin melambung tinggi.

Hal ini pada akhirnya juga berlaku pada produk handphone lawas yang memiliki dua syarat tadi tentunya yaitu memiliki jumlah yang terbatas dan permintaan yang tinggi. Satu syarat tambahan lagi yang bisa membuat harga barang lawas jadi tinggi adalah keunikan yang terkandung di dalamya. Keunikan barang memang hal yang selalu diburu oleh para kolektor. Inilah yang kemudian membuat harga produk lawas melambung tinggi.

Artikel lain: Inilah 7 Hal yang Seringkali Membuat Kita Kangen Pada Ponsel Jadul

Tidak Semua Handphone Jadul Berharga Mahal

Seperti yang dinyatakan sebelumnya bahwa syarat barang lama untuk berharga mahal adalah jumlahnya terbatas dan permintaan pasar yang besar. Faktor tambahan keunikan juga tak bisa disepelekan untuk mendukung harga handphone lawas menjadi tinggi.

Dari sinilah maka produk handphone lawas juga bisa jadi mahal karena dua syarat utama dan satu syarat tambahan tadi. Namun yang perlu diingat tidak semua handphone jadul ini menjadi mahal. Namun hanyalah produk-produk handphone seri tertentu sajalah yang mampu mencapai harga tertinggi

Lakukan Riset dan Pengamatan

Sejurus, saya pun mulai melakukan riset dan pengamatan kecil-kecilan. Riset sendiri saya lakukan dengan melakukan pencarian di mesin pencari #Google dengan kata kunci “handphone jadul mahal”. Dari pencarian ini saya menemukan dua artikel dari dua blog yang membahas tema yang saya cari ini. Info pertama datang dari blog SimpangWaru. Dari blog ini dibahas bahwa memang ada beberapa handphone lawas yang berharga mahal.

Di blog ini disebutkan beberapa handphone jadul yang mempunyai harga mahal adalah Sony Ericsson W380 yang nilai Rp1.600.000. Ada juga Nokia 3250 black perfect yang memiliki harga Rp900.000. Handphone jadul Nokia 2720 juga memiliki nilai yang fantastis yaitu Rp1.200.000. Harga ini sendiri memang harga di marketplace C2C (costumer to costumer), namun demikian harga ini cukup membuat saya terkejut.

Selain blog Simpangwaru, ada juga blog Jadul.id yang juga membahas beberapa handphone jadul yang mahal. Beberapa handphone lawas yang mahal yang dibahas di blog ini antara lain Nokia 7280 dan Nokia 7320. Si kembar Nokia ini memang sangat unik, pasalnya ia memiliki bentuk persegi panjang seperti lipstik dan tombol alfanumerik.




Baca juga: Unik! 10 Tokoh Sukses Dunia Ini Masih Setia Dengan Ponsel Jadulnya lo

Harga Nokia ini sendiri memiliki rentang harga antara Rp1,5-2,5 juta yang batangan tanpa dus dan Rp 2-5 juta untuk yang masih lengkap dus dan aksesorisnya. Selain Nokia 7280 dan 7320, ada juga Nokia Masterpiece seri 8800 yang memiliki harga Rp 1-2,5 juta untuk handphone batangan dan Rp 1,5-4 juta untuk yang fullset.

Handphone jadul Motorola Aura juga memiliki harga yang tinggi. Dengan kisaran Rp 2-3 juta untuk yang batangan dan Rp 2,5-6 juta untuk yang fullset membuat Motorola Aura menjadi salah satu handphone jadul yang patut diperhitungkan. Handphone lawas Ericsson r250 (paus) dan juga Ericsson r310 (hiu) juga memiliki harga yang tinggi antara kisaran Rp 1-4 juta untuk batangan dan Rp 1,5-6 juta untuk yang full set.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud