Bangun Loyalitas Pelanggan Dengan Beberapa Tips Berikut Ini

Bangun Loyalitas Pelanggan Dengan Beberapa Tips Berikut Ini

Loyalitas Pelanggan

Banyak bisnis besar yang dulu hanyalah usaha kecil dengan pasar yang tidak terlalu besar pula. Namun apa yang bisa membuat bisnis tersebut akhirnya bisa berkembang bahkan menjadi bisnis yang menggurita? Jawabnya adalah karena adanya loyalitas pelanggan.

Dalam berbisnis, menarik konsumen adalah hal yang penting. Dan lebih penting lagi yakni bagaimana mengubah konsumen biasa menjadi seorang pelanggan bisnis. Namun ternyata pada tahap yang lebih tinggi masih ada hal yang harus diusahakan, yakni bagaimana membangun basis pelanggan yang loyal terhadap bisnis kita.

Dengan adanya loyalitas pelanggan, bisnis bisa berjalan lebih stabil dan dapat dikembangkan jauh lebih besar lagi. Hal ini disebabkan kita sudah mempunyai “pasar” tersendiri yang setia dan akan menggunakan produk atau layanan kita secara terus menerus. Berikut ini dikutip dari laman HaloMoney Indonesia, akan kita bahas bersama mengenai tips tentang bagaimana membangun loyalitas pelanggan.

1. Pastikan Kelengkapan Informasi Produk

Tips pertama yang bisa dicoba untuk membangun loyalitas pelanggan adalah memastikan informasi dari produk kita dapat diterima dengan baik dan menarik. Hal ini sangat penting karena sebelum membeli pastinya pelanggan akan melihat terlebih dahulu mengenai segala informasi terkait produk kita.

Sebagai tips efektif, Anda bisa lebih banyak menyajikan informasi dalam bentuk visual grafis seperti gambar atau #video. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya konsumen akan lebih cepat bosan jika dihidangkan terlalu banyak informasi dalam bentuk tulisan atau teks.

Dengan menggunakan gambar atau video, pelanggan akan lebih cepat tertarik dan penasaran lebih jauh tentang produk kita. Teknik pengenalan produk dengan media audio visual seperti video memang sudah banyak dikenal, seperti contoh nyatanya yakni bagaimana iklan televisi bisa mempengaruhi banyak konsumen untuk menyukai bahkan mencintai sebuah brand. Hasilnya, loyalitas pelangganpun akan lebih mudah kita dapatkan.

Artikel lain: 6 Teknik Membuat Deskripsi Produk yang Baik untuk Toko Online Anda

2. Berikan Jaminan Garansi

Tidak bisa dipungkiri  bahwa kata garansi memang mempunyai efek “magis” tersendiri yang bisa mempengaruhi seorang pelanggan membeli sebuah produk. Selain memberikan kesan aman, adanya garansi secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa bisnis yang kita kelola berjalan dengan profesional dan dapat dipercaya.

Ditambah lagi di saat persaingan bisnis yang semakin ketat seperti saat ini, memberikan garansi bisa menjadi senjata ampuh untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Contoh nyatanya yakni dalam bisnis online, utamanya untuk produk dengan harga yang relatif mahal seperti barang elektronik, konsumen sudah pasti akan lebih memilih penyedia produk yang mampu memberikan jaminan garansi terbaik.

3. Pelayanan yang Responsif

Saat ini tren layanan pelanggan 24/7 alias 24 jam non-stop sudah bukan menjadi barang baru. Dengan adanya bantuan beragam #teknologi canggih, penanganan pelayanan konsumen bisa dijalankan dengan lebih cepat dan mudah.  Oleh karena itu tidak alasan lagi pemilik usaha untuk tidak memberikan pelayanan yang responsif.

Faktor kecepatan dan ketepatan membalas pesanan atau keluhan pelanggan tidak jarang menjadi salah satu penentu keberhasilan sebuah bisnis. Untuk mempermudah hal tersebut, kita bisa menyediakan beragam alternatif kontak layanan pelanggan mulai chat, #email, hingga melalui komunikasi media sosial. Dengan aktif dan kreatif memanfaatkan itu semua, kita bisa lebih leluasa dan bisa dengan cepat merespon pelanggan.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya yakni dalam hal mengelola keluhan pelanggan secara online. Mungkin hal ini menjadi salah satu masalah terbesar, jika menangani secara offline mungkin kita bisa dengan cepat memberi solusi nyata namun untuk penangan online dibutuhkan trik pendukung lain.

Baca juga: Cara Menghadapi Komplain Pelanggan Dalam Bisnis Online

4. Sertakan Testimonial Pelanggan

Testimoni atau keterangan kepuasan konsumen bisa menjadi media efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.  Dengan memberikan bukti nyata tentang kepuasan konsumen lain yang pernah bertransaksi dengan kita, maka konsumen lainpun akan semakin percaya dan tidak ragu untuk ikut berbisnis.

Sertakan testimoni positif tersebut dalam berbagai media promosi mulai lewat akun media sosial, dalam kemasan produk hingga phamplet usaha yang biasa kita bagikan pada pelanggan. Semakin banyak dan semakin kredible orang yang memberikan testimoni, semakin dekat pula bisnis kita dengan loyalitas pelanggan.

4 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan Kamu

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan