6 Teknik Membuat Deskripsi Produk yang Baik untuk Toko Online Anda

6 Teknik Membuat Deskripsi Produk yang Baik untuk Toko Online Anda

deskripsi produk toko online
Image dari pitstopmedia.com

Setiap produk yang dijual di #toko online pastinya membutuhkan sebuah deskripsi atau penjelasan agar konsumen memahami produk yang akan mereka beli. Sebuah gambar saja tidak cukup mewakili para pebisnis online untuk bisa menarik konsumen untuk membeli produknya.

Dibutuhkan sebuah deskripsi yang baik agar produk bisa laku dan laris manis. Lalu bagaimana caranya membuat deskripsi yang baik untuk produk toko online ini? Berikut ulasannya.

1. Gunakan Kalimat Persuasif

Teknik pertama untuk membuat deskripsi produk toko online yang tepat adalah dengan menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif sendiri adalah kalimat yang dimaksudkan untuk membujuk seseorang secara samar dan halus agar pembaca merasa yakin.

Mengapa harus kalimat persuasif? Selain untuk meyakinkan calon konsumen, kalimat persuasif ini akan membuat pengunjug toko online Anda merasa seolah-olah sedang berbicara dengan Anda sebagai pemilik produk. Berbisnis secara online memang membuat penjual dan pembeli terpisah secara tempat dan mungkin waktu. Maka untuk itu, Anda harus bisa menciptakan kesan bahwa Anda dan konsumen adalah dekat dengan menciptakan deskripsi produk yang persuasif.

Artikel lain: Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga!

2. Tulis Keunggulan Produk

Sudah seharusnya Anda sebagai pebisnis memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk yang Anda jual termasuk kelebihan atau keunggulan produk. Setelah mengetahui kelebihan produk maka selanjutnya bisa Anda tuliskan ke dalam deskripsi untuk bisa membuat pengunjung tertarik dan kemudian melakukan pembelian.

Untuk mengetahui kelebihan produk Anda secara mendalam, Anda bisa melakukan riset atau survey terhadap toko online sejenis untuk melihat produk dan kelebihan yang ditonjolkannya. Dengan mengetahui produk dan kelebihan kompetitor, Anda akan bisa menjabarkan kelebihan produk Anda dengan lebih baik dan profesional.

3. Cantumkan Spesifikasi Produk dalam Bentuk List atau Tabel

Jangan terlalu mengandalkan kata-kata dalam membuat deskripsi produk toko online Anda. Kenapa? Ini karena berdasarkan fakta, mata manusia cenderung untuk menghindari bacaan dengan jumlah kalimat yang terlalu padat. Maka dari itu cobalah juga untuk memuat list atau tabel yang digunakan untuk menjelaskan spesifikasi produk yang Anda jual.

Dengan adanya susunan list atau tabel ini maka pengunjung akan lebih betah untuk berlama-lama berselancar di toko online Anda dan penjualan pun akan lebih berpeluang untuk Anda dapatkan.

4. Sertakan Keyword yang Sesuai Dengan Judul Produk

Penulisan deskripsi produk toko online memang memiliki beberapa perbedaan dengan penulisan produk offline. Produk online yang juga biasanya ditemukan pembeli melalui #mesin pencari membuat pebisnis atau pemilik toko mau tidak mau harus juga memikirkan konteks SEO (Search Engine Optimization).

Nah untuk mendapatkan konteks #SEO itu, Anda harus mencatumkan keyword produk sebanyak maksimal tiga kali dalam deskripsi yang sedang Anda buat. Keyword atau kata kunci memang akan selalu muncul di setiap pencarian dengan mesin pencari.

Dengan mencantumkan keyword, maka deskripsi produk Anda akan mendukung SEO yang sangat berguna untuk mencapatkan konsumen dan pembeli dalam jumlah yang besar.

5. Lengkapi dengan Foto Produk yang Baik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan hanya mengandalkan kata-kata dalam pembuatan deskripsi ini agar pengunjung tidak bosan. Salah satu komponen yang bisa membuat deskripsi lebih menarika adalah foto.

Namun jangan sembarang mengupload foto untuk toko online ini. Buatlah foto yang baik dengan backgroud warna putih dan warna yang terang dan jelas. Anda bisa membuat foto yang baik ini tanpa harus menggunakan alat-alat fotografi yang canggih.

Dengan membuat studio buatan dengan backgroud putih dan kamera smartphone, Anda sudah bisa membuat foto produk yang baik. Dengan adanya foto yang baik ini maka deskripsi produk Anda akan lebih menarik dan profesional untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Inilah 6 Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri

6. Buatlah Deskripsi yang Orisinil

Terakhir, teknik untuk membuat deskripsi produk toko online yang baik adalah dengan membuat deskripsi yang orisinil. Hindari penggunaan deskripsi yang copy paste dari tempat lain. Selain akan mengurangi nilai SEO (Search Engine Optimization) pada pencarian di search engine, penggunaan deskripsi yang tidak orisinil akan menurunakan citra dan tingkat profesionalitas toko online Anda.

Namun sebaliknya jika Anda menggunakan deskripsi yang orisinil maka Anda akan berpeluang menjadi yang terdepan di pencarian search engine hingga membuat toko online Anda akan laris manis.

1 KOMENTAR

  1. Wow mantap, ini yang saya butuhkan.. Soalnya toko online saya deskripsi produknya masih sama semua XD

Tinggalkan Balasan