Bangun Bisnis Ritel Sukses Berbekal Tips Dari Founder Wal Mart Berikut Ini

Pendiri Wal Mart

Image dari Salon.com

Jika membicarakan tentang bisnis ritel, nama Wal Mart tentu menjadi salah satu yang paling besar. Perusahaan ritel yang berbasis di Amerika ini pertama kali didirikan pada tahun 1962 oleh seorang pengusaha bernama Sam Walton. Ketika pertama kali berkembang, wal mart hanya berbentuk sebuah swalayan kecil yang menyediakan berbagai macam produk. Namun berkat upaya besar sang founder dan juga keberanian memperluas bisnis, akhirnya Wal Mart saat ini berhasil menjadi bisnis ritel terbesar dan perusahaan  publik terbesar ketiga di dunia.

Bahkan kekayaan dari perusahaan ini diperkirakan mencapai US$25 miliar di tahun 1992. Dengan pencapaian yang begitu besar, sudah barang pasti banyak orang yang bertanya tentang rahasia bisnis dari seorang Sam Walton. Jika ingin mengetahuinya, berikut ini kita akan membahas beberapa rahasia sukses Sam Walton mengembangkan bisnis Wal Mart.

1. Mengutamakan Komitmen Dalam Berbisnis

Rahasia sukses pertama dari Sam Walton adalah selalu memegang komitmen dalam menjalankan bisnis. Ketika pertama kali mengembangkan bisnis ritel miliknya, Sam sudah begitu mencintai pekerjaannya tersebut. Dari kecintaan ini akhirnya timbul loyalitas dan komitmen untuk terus mengembangkan bisnis meskipun dalam kondisi yang sulit sekalipun.

Inilah yang harus ditanamkan bahwa ketika kita terjun ke sebuah bisnis pastikan bahwa kita mencintai bisnis tersebut terlebih dahulu. Dengan komitmen, maka ketika ada permasalahan yang data kita akan lebih ringan untuk menghadapinya.

Artikel lain: Mau Sukses Seperti Tony Fernandes? Berikut 4 Tips Bisnis dari Bos Air Asia Tersebut

2. Anggap Karyawan Sebagai Mitra Bisnis

Toko ritel wal mart dikenal sebagai perusahaan yang paling maju salah satunya adalah karena tingginya standar pelayanan. Para pekerja di toko tersebut selalu bekerja dengan maksimal dan berupaya untuk tidak mengecewakan konsumen.

Apa rahasia loyalitas para pekerja tersebut? Jawabannya adalah karena Sam Walton menganggap mereka sebagai mitra kerja bukan sebagai bawahan. Sam bahkan memberikan berbagai kelebihan yang tidak didapatkan karyawan di perusahaan lain. Kelebihan tersebut yakni pembagian saham hingga bekal pensiun bagi para pekerjanya. Dan pada kenyataannya, strategi ini sangat sukses menimbulkan loyalitas karyawan.

3. Mengutamakan Kepuasan Konsumen

Hampir sama dengan mayoritas bisnis yang melibatkan konsumen secara langsung, bisnis ritel yang dijalankan oleh Sam Walton juga selalu berupaya untuk mengutamakan kepuasan konsumen. Sebagai perusahaan ritel terbesar di dunia yang memiliki cabang hampir di 15 negara di seluruh dunia, pengelola Wal Mart selalu memastikan para konsumen agar tidak kecewa ketika berbelanja di tempat tersebut.

Untuk menunjang upaya ini, dijalankan beberapa strategi seperti diskon harga, pemberian bonus, pemilihan lokasi yang relatif mudah dijangkau, buka setiap hari serta memastikan kualitas setiap produknya. Untuk menjalankan semua itu memang tidak mudah. Namun jika kita sudah mampu mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka menurut Sam Walton bisnis kita akan jauh lebih mudah untuk bertahan.

4. Perhatikan Biaya Pengeluaran

Untuk beberapa usaha kecil yang sedang berkembang, salah satu kesalahan fatal yang seringkali mereka lakukan adalah terlalu menganggap remeh terkait dengan pengeluaran kecil. Biaya-biaya pengeluaran sekecil apapun menjadi fokus Sam ketika mengembangkan Wal Mart. Hasilnya, toko ritel tersebut selalu mendapatkan keuntungan setiap tahun.




Jika kita tak mampu mengelola biaya pengeluaran dengan baik, tentu kita akan sulit untuk mengembangkan bisnis. Bahkan untuk bertahan saja, kondisinya masih akan terlalu sulit.

Baca juga: Nicholas Woodman ~ Kisah Sukses Founder Brand Kamera Fenomenal GoPro

5. Menggali Ide “Out of The Box”

Dan rahasia sukses Sam Walton dalam mengembangkan bisnis Wal Mart yang terakhir adalah berupaya untuk menggali ide yang lain daripada yang lain. Ketika kita ingin memenangkan persaingan dengan kompetitor, tentu kita tidak bisa menjalankan ide yang hanya setara dengan para pesaing. Kita harus berupaya untuk mencari ide yang lain yang lebih kreatif. Ketika mengembangkan Wal Mart, banyak konsep berbeda dan unik yang diterapkan Sam agar para konsumennya merasa lebih betah dan beralih menjadi pelanggannya.

Beberapa langkah tersebut lah yang dijalankan Sam hingga akhirnya mampu memperoleh kesuksesan besar. Meski saat ini Sam Walton sudah meninggal, namun warisan ilmu dan semangat mengembangkan bisnis masih bisa dipelajari oleh para entrepreneur muda. Dan semoga kita bisa memperoleh kesuksesan yang serupa dengan founder Wal Mart tersebut.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya Sering membaca cerita tentang bagaimana awal mula kesuksesan Walmart ini dan selalu menarik untuk menambah wawasan tentang kisah sukses. Walmart yang memiliki manajemen yang baik mampu menjadi salah satu bisnis besar di dunia. terimakasih atikelnya yang bermanfaat ini

  2. Aamiin, kreatiftas dan loyalitas adalah senjata canggih meraih kesukesan.
    Semoga saya bisa seperti Sam Walton. AAMIIN

  3. Rahasia sukses ini terlihat selintas simple namun itu berdampak besar. khususnya pada usaha yang sudah cukup besar

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud