Mau Sukses Seperti Tony Fernandes? Berikut 4 Tips Bisnis dari Bos Air Asia Tersebut

Image dari Theguardian.com

Image dari Theguardian.com

Sebagai seorang pebisnis dan #pengusaha sukses, Tony Fernandes tentu saja memiliki sejuta ilmu dan pengalaman dari kegiatannya mengelola bisnis. Tony yang merupakan bos besar maskapai penerbangan Air Asia memang sosok yang hebat. Betapa tidak, dengan skill dan insting bisnis yang mumpuni, pria kelahiran Kuala Lumpur, 30 April 1964 ini telah mampu membangun Air Asia yang bangkrut dan terlilit hutang menjadi maskapai yang tenama di dunia.

Saat itu pada tahun 2001, hanya dengan modal 1 Ringgit, Tony Fernandes  nekat mengakusisi AirAsia dari Dr. Mahatir yang memiliki hutang perusahaan sebesar RM 40 Juta. Kegilaan Tony semakin tak masuk akal saat pembelian yang dilakukannya terjadi setelah tragedi 11 September di Amerika.

Namun dengan segala kemampuan yang dimilikinya, setelah setahun berjalan, ternyata AirAsia telah mampu menghasilkan keuntungan hingga kemudian bisa melunasi seluruh hutang yang ada. Pada bulan November 2004, AirAsia akhirnya mampu menerima kelebihan permintaan sebanyak 130% dari tawaran sahamnya (IPO). Selain itu, dalam Paris Air Show 2011, AirAsia pernah memesan 320 unit Airbus A320neos senilai US$18 miliar, yang tercatat sebagai pemesanan tunggal terbesar di dunia.



Artikel lain: Gita Wirjawan ~ Pengusaha Sukses Dengan Karir Cemerlang di Pemerintahan

Bahkan selama 5 tahun berturut-turut dari 2009-2013, AirAsia telah menjadi maskapai terbaik dengan meraih penghargaan ”World’s Best Low Cost Airline”. Lalu bagaimana cara pria bernama lengkap Anthony Francis Fernandes menjalankan bisnisnya dengan gemilang ini? Berikut beberapa tips yang disampaikan Tony Fernandes bagi siapapun yang sedang menjalankan sebuah bisnis untuk meraih sukses.

1. Jangan Ragu Untuk Mengambil Risiko

Tips bisnis pertama dari Tony adalah jangan ragu untuk mengambil risiko. Menurutnya, bisnis memang akan selalu memiliki inti tujuan atau prinsip ekonomi yang tidak akan lekang oleh waktu yaitu menekan biaya sekdecil mungkin untuk mendapatkan laba maksimal dan sebesar-besarnya. Dari sini maka menurut pria yang pernah bekerja sebagai seorang Manager Director di Warner Music ini seorang pengusaha haruslah tidak boleh ragu dalam menjalankan bisnis.

Seorang pebisnis haruslah yakin dan percaya diri menghadapi segala kendala dan resiko yang ada. Karena bisnis apapun yang dijalankan akan selalu memiliki resiko di dalamnya, maka untuk menghadapinya selain percaya diri seorang pengusaha juga harus membuat neraca keuangan yang kuat.

2. Kuatkan Branding

Bagi sebuah bisnis yang muncul di era informasi yang kencang ini branding memang sesuatu yang sangat penting. Maka dari itu cobalah membuat #branding usaha sekuat mungkin. Dengan branding yang kuat menurut Tony akan mampu membuat konsumen selalu ingat dengan produk Anda. Seperti kita ketahui bahwa Air Asia yang dijalankan Tony memiliki branding yang sudah sangat kuat sebagai maskapai dengan harga yang murah.

Dengan slogan “Now Everyone Can Fly” yang diciptakan semakin membuat branding Air Asia semakin kuat. Dan saat sudah sukses sekarang,  branding low-cost pun tak lastas ditinggalkan begitu saja oleh Tony. Alih-alih mengubah tarif penerbangan, Tony justru terus memperkuat branding untuk bisa bersaing dengan Singapore Airlines di kawasan regional.

3. Jadikan Manusia Sebagai Aset

Dalam bisnis Anda pasti melibatkan manusia atau orang lain untuk bisa membantu Anda mengerakkan roda usaha. Nah di sinilah peran Anda sebagai pemimpin usaha yang harus selalu menjadikan karyawan Anda sebagai aset utama usaha Anda. Untuk bisa menjaga aset utama ini, Anda sebagai pemimpin usaha busa menerapkan kultur perusahaan (corporate culture) yang baik.

Menurut Tony, corporate culture memang akan membuat Anda bisa mengakses hingga sisi personal para pegawai, sehingga relasi antar atasan dan bawahan menjadi sehat dan transparansi perusahaan terjaga. Lebih lanjut Tony menyampaikan bahwa kesuksesan Air Asia saat ini karena adanya dukungan orang-orang di dalamnya yang memiliki misi yang sama.

Bahkan saking pentingnya faktor manusia ini, menurut Tony orang-orang di dalam perusahaan ini bisa membuat penjualan menghilang 50% saat mereka tidak mengerti apa yang dia jual.

Baca juga: Chairul Tanjung, Si Anak Singkong Yang Menjadi Pengusaha Sukses Dan Menteri

4. Bermimpilah Setinggi Mungkin

Terakhir tips berbisnis dari Tony Fernandes adalah bermimpi setinggi mungkin. Menurutnya, wirausahawan tidak boleh takut untuk mencanangkan mimpinya setinggi mungkin. Maka dari itu seorang pebisnis harus selalu hidup dengan mimpinya. Dengan setia hidup dengan mimpi itu, seorang pengusaha akan mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan.






1 comment on this postSubmit yours
  1. Inspiratif

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud