Automotive Mechatronic Training ~ Langkah Mercedes Indonesia Munculkan Bibit Unggul Teknisi Lokal

Automotive Mechatronic Training

Image dari Tribunnews.com

Diakui atau tidak sebenarnya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sumber daya manusia yang unggul. Bisa dibuktikan cukup banyak putra putri berprestasi asal Indonesia yang mampu mengharumkan nama bangsa bahkan mengungguli negara-negara maju.

Keyakinan akan sumber daya manusia yang bagus juga diamini oleh perusahaan otomotif Mercedes Benz Indonesia. Dan untuk mendukung perkembangan sumber daya manusia utamanya mencetak para mekanik mobil yang handal, Mercedes Benz Indonesia belum lama ini menyelenggarakan program beasiswa khusus yang diberi nama Automotive Mechatronic Training.

Dengan bimbingan langsung para ahli, serta fasilitas dan kesempatan bekerja setelah lulus, Automotive Mechatronic Training mampu menjadi sarana sempurna bagi para lulusan sekolah menengah atas atau kejuruaan yang memang memiliki minat dan bakat di bidang mekanika.




Khusus Untuk Siswa SMA Dan SMK

Dalam keterangannya, diwakili oleh Ferdiyan Eka Surya, Deputy Director After Sales Passenger Cars Mercedes-Benz Indonesia, menyampaikan bahwa tujuan utama dari dibuatnya program beasiswa ini adalah agar nantinya semakin banyak bibit unggul lokal yang memiliki keterampilan tinggi di bidang teknik.

“Automotive Mechatronic Training Program juga merupakan bentuk komitmen kami untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan terbaik di bidang teknik maupun nonteknik, sehingga dapat memenuhi standar persyaratan yang telah ditentukan dari Mercedes-Benz Regional sebelum akhirnya ditempatkan di berbagai bengkel resmi Mercedes-Benz di seluruh Indonesia,” jelas Ferdiyan.

Artikel lain: Startup DANAdidik ~ Pelopor Crowdfunding Pendidikan untuk Siswa dan Mahasiswa

Kemudian yang tidak kalah penting tentunya untuk mengetahui syarat bagi siapa saja yang ingin mengikuti program biasiswa Automotive Mechatronic Training. Tahun ini Mercedes-Benz Indonesia membuka kesempatan bagi para lulusan maupun yang sedang menempuh pendidikan tahun terakhir SMK Teknik atau SMU.

Untuk dapat turut serta dalam program beasiswa Automotive Mechatronic Training Program, syaratnya adalah usia maksimum 22 tahun dan nilai minimal rata-rata raport 8 di semester akhir.

Program Pendidikan 3 Tahun

Lebih detail mengenai beasiswa ini, nantinya akan dijalankan dalam bentuk magang selama kurang lebih 3 tahun. Tempatnya akan diadakan di perusahaan otomotif yang ada di Indonesia.

Training Academy Department sendiri, memfasilitasi sebanyak 20 siswa kelulusan SMA dan SMK di seluruh Indonesia yang telah memenuhi kriteria dan kualifikasi untuk masuk dalam program tersebut. Setelah dinyatakan lulus, nantinya para siswa akan mendapat kompetensi yang baik dibilang otomotif serta kesempatan kerja yang luas.

Seperti diketahui, untuk masuk dalam industri otomotif tentu bukan hal yang mudah. Terlebih untuk pabrikan sekelas Mercedes Benz, tentu memilih para pekerja yang memang memiliki kualitas atas dan kemampuan mumpuni. Tidak mengejutkan bila kemudian Mercedes Benz hanya mengambil 20 siswa setiap tahunnya.

Lebih Banyak Praktek

Mengenai prosedur pelaksanaan, kegiatan pelatihan terdiri dari teori dan praktek yang dilaksanakan secara langsung di lapangan dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) di bengkel resmi Mercedes-Benz Cars dengan ratio 80% praktek dan 20% teori. Fokus pada diagnosa kerusakan dan perawatan berkala kendaraan Mercedes-Benz dengan menggunakan metode dan teknologi terkini.

Dari situlah nantinya, dapat dipastikan para alumnus mempunyai kemampuan yang baik untuk mengatasi segala masalah termasuk gangguan teknis yang ada pada kendaraan Mercedez Benz.

Lebih lanjut lagi, para siswa nantinya akan mendapat pelatihan yang terstruktur seperti: mendapatkan sertifikasi dan kualifikasi internasional dari Mercedes-Benz Global Training yaitu Qualified Maintenance Technician, Cross Competence for System Technician.

Selain itu mereka juga memiliki kesempatan berkarir di jaringan diler resmi Mercedes-Benz Cars sebagai Qualified System Technician, Certified Diagnostic Technician, Service Consultant, serta mendapatkan fasilitas lengkap seperti ruang kelas berstandar internasional dan area workshop yang memadai.

Baca juga: 7 Hal yang Bermanfaat dan Bisa Dipelajari Anak Anda dari Teknologi Online

Pada tahun-tahun sebelumnya, program semacam ini sudah dijalankan bahkan sejak tahun 1978. Dalam kalkulasi perusahaan mencatat kurang dari 800 teknisi sudah lahir dan berkarir lewat program beasiswa tersebut.

“Bagi kami, kesuksesan perusahaan bergantung pada sumber daya manusia terbaik dan kami berkomitmen agar setiap siswa memiliki kemampuan untuk mengatasi setiap masalah teknis yang mungkin terjadi pada kendaraan Mercedes-Benz dengan menggunakan teknologi terkini sebelum mereka bekerja dan berkarya bersama kami,” tutup Ferdiyan.

 



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud