Inilah 7 Hal yang Bermanfaat dan Bisa Dipelajari Anak Anda dari Teknologi Online

Pengaruh Teknologi Online pada Anak

Image dari Huffingtonpost.com

Teknologi memang selalu menyimpan dua sisi yang berlawanan. Seperti layaknya dua mata pisau yang tajam, #teknologi akan menawarkan sisi manfaat dan sisi kerugian. Dua hal ini sendiri akan muncul sesuai dengan penggunaan dan pemakaiannya oleh pengguna. Dan salah satu teknologi yang kini sedang berkembang dan digunakan oleh publik adalah jaringan online.

Dunia saat ini memang sudah banyak terhubung secara online. Namun teknologi yang sejatinya memudahkan dan membuat semuanya cepat ini bisa jadi menjadi buruk saat dipergunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Dengan adanya kemungkinan pada efek yang buruk ini membuat para orang tua selalu mewaspadai penggunaan teknologi online ini pada anak-anaknya.

Namun meski menyimpan hal buruk, teknologi jejaring online juga akan banyak bermanfaat bagi anak-anak dengan mempelajari hal-hal baik berikut ini.

1. Banyak Pengetahuan dan Belajar Membaca

Hal pertama yang bisa dipelajari anak-anak dari teknologi online adalah belajar membaca. Ya dengan banyaknya konten atau artikel yang ada di jejaring online ini membuat anak-anak bisa memiliki banyak pengetahuan yang bermanfaat. Selain bisa mendapatkan banyak pengetahuan dengan adanya jaringan online melalui aplikasi ABC Go atau situs readingrainbow.com ini maka anak-anak Anda yang masih usia kecil bisa belajar membaca dengan baik.

Artikel lain: Mengenal Kiddle ~ Situs Mesin Pencari yang Didesain Khusus Untuk Anak




2. Menjadi Pintar Matematika

Bila Anda ingin anak-anak pintar matematika, maka dengan teknologi online ini melalui #aplikasi di Play Store ini semuanya akan bisa terwujud. Satu hal lagi yang menjadi kelebihan belajar matematika di aplikasi adalah adanya tawaran belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Aplikasi untuk menjadikan anak Anda cerdas matematika ini sendiri ada banyak. Anda bisa memilih salah satu yang tepat dan sesuai dengan karakteristik belajar anak-anak Anda.

3. Mengembangkan Kreativitas

Kreativitas memang menjadi hal yang penting saat ini. Maka sebagai orang tua, Anda seharusnya bisa mulai mengembangkan kreativitas anak-anak sedari dini. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada di Google Play Store atau Apple Apps Store atau situs website. Beberapa aplikasi yang bisa mengasah kreativitas anak sendiri adalah Minecraft apps dan situs Buildwithchrome.com.

Dengan aplikasi Minecraft maka Anda bisa membangkitkan imajinasi anak Anda dalam menyusun blok-blok menjadi apa yang mereka inginkan. Keutamaan menggunakan aplikasi dibanding mainan dalam wujud nyata untuk pengembangan kreativitas anak adalah Anda mampu mendapatkan kerapihan dan mengatasi mainan yang berserakan di ruang tamu Anda.

4. Belajar Mengatur Waktu

Mungkin banyak orang tua yang menganggap bahwa teknologi online lebih banyak membuat anak-anak lupa waktu. Itu memang bisa saja terjadi. Namun bila Anda mau sedikit berpandangan luas dan mau mengarahkan anak-anak Anda pada hal yang lebih baik maka teknologi online akan mampu membuat anak-anak belajar mengatur waktu.

Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan aplikasi berbasis note atau planner pada #smartphone supaya anak-anak bisa belajar mengatur waktu dan mengenal apa yang jadi hak serta kewajiban mereka.




5. Mempelajari Bahasa Asing

Bahasa asing memang semakin hari semakin dibutuhkan dalam perkembangan kenegaraan dan persatuan pasar bebas dewasa ini. Untuk Anda yang concern dengan hal ini maka Anda bisa memanfaatkan situs funenglishgames.com atau hemingwayapp.com untuk membantu Anda mengajar anak Anda tentang bahasa asing. Selain itu juga ada segudang aplikasi mobile tentang kamus bahasa asing dan permainan bahasa, yang bisa Anda unduh secara gratis.

Baca juga: 4 Tips Bagi Orangtua Menjaga Anak Tetap Aman Saat Bermain Instagram

6. Mempelajari Teknologi Lain

Dengan mengakses situs Scratch.mit.edu atau Madewithcode.com maka Anda akan mampu mengajarkan pada anak-anak Anda tentang sebuah teknologi. Dengan situs itu Anda bisa mengajarkan pada anak Anda bagaimana sebuah game bisa dibuat. Dengan situs itu juga Anda akan mampu mengembangkan logika maupun kecakapan anak Anda dalam memahami komputer dan #software.

7. Melakukan Trik Sulap

Terakhir hal bisa dipelajari dari anak dari teknologi online adalah trik sulap. Lewat #internet apapun memang bisa didapat termasuk trik sulap. Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan situs Goodtricks.net atau Brainpop.com untuk mengembangkan pengetahuan dan kreativitas anak-anak Anda tentang sulap. Selain itu trik sulap yang ada pada kedua situs ini dapat membuat imajinasi anak-anak Anda terasah dan siapa tahu juga mereka nanti bisa menjadi pesulap yang hebat dan terkenal.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud