ATCS Lalin Semarang ~ Aplikasi Mobile “Anti Macet” Bagi Warga Semarang

ATCS Lalin Semarang

Image dari Google.com

Teknologi yang mampu dimanfaatkan dengan baik tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi berbagai kepentingan dan keperluan masyarakat. Terlebih di saat teknologi sudah semakin maju dan canggih, banyak hal yang dulunya tidak bisa dilakukan kini bisa dijalankan dengan lebih mudah. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memandang sebuah masalah sebagai peluang, kemudian memanfaatkan adanya teknologi untuk menghasilkan solusi.

Inilah yang telah dijalankan oleh perusahaan teknologi GDTech Indonesia dengan menciptakan sebuah #aplikasi bernama ATCS Lalin Semarang. Aplikasi yang memfokuskan pada fungsi pemantauan lalu lintas ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di kawasan Semarang untuk mengetahui secara real time kondisi sebuah titik jalan raya.

Dikemas rapi dalam sebuah aplikasi mobile yang sangat mudah untuk digunakan, tentunya akan semakin banyak masyarakat yang dapat diuntungkan terutama dalam upaya menghindari kemacetan lalu lintas. Selengkapnya pembahasan tentang aplikasi berbasis #video live streaming ini telah kami rangkum pada artikel berikut.

Menggunakan Teknologi Video Live Streaming

Aplikasi ATCS Lalin Semarang merupakan hasil dari kreasi perusahaan teknologi GDTech Indonesia setelah melihat adanya kemungkinan penggunaan teknologi CCTV untuk memantau lalu lintas, utamanya bagi pengguna masyarakat umum di kawasan Semarang. Menggandeng Pemerintah Kota Semarang untuk melancarkan proyek pembuatan aplikasi ini, nyatanya hasil yang diperoleh sangatlah positif. Karena dengan aplikasi ini, banyak masyarakat di Kota Semarang yang bisa memantau lalu lintas atau kemacetan jalan dengan lebih mudah melalui perangkat mobile yang mereka miliki.

Mengenai teknologi yang digunakan, pihak GDTech Indonesia menggunakan hasil rekaman dari CCTV yang terpasang di beberapa titik strategis di kawasan kota Semarang. Dari situ hasil rekaman CCTV kemudian diubah menjadi sebuah tampilan video live streaming yang terhubung dengan aplikasi ATCS Lalin Semarang.




Artikel lain: LewatMana, Pantau Lalu Lintas Secara Real Time Dengan CCTV

Dengan begitu pengguna yang mengakses aplikasi ATCS Lalin Semarang akan langsung disuguhkan beberapa pilihan lokasi jalur lalu lintas yang bisa dipantau. Setelah memilih satu titik lokasi, berikutnya aplikasi akan menampilkan video yang ditangkap oleh CCTV secara real time alias pada waktu itu juga. Aplikasi ini juga terbilang sangat ringan yakni hanya sebesar 437 kilo Byte. Bergerak pada sistem operasi #Android, ATCS Lalin Semarang diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para pengguna tanpa harus terganggu masalah teknis seperti gangguan sambungan ataupun beban aplikasi yang besar.

Mencakup Wilayah yang Cukup Luas

Hingga saat ini aplikasi ATCS Lalin Semarang sudah diunduh sekitar 5000 kali unduhan. Meskipun masih terus ditingkatkan dalam berbagai sisi layanannya, aplikasi ini terbilang telah mencakup wilayah yang cukup luas di Kota Semarang. Sudah ada belasan lokasi lalu lintas yang bisa diakses oleh para pengguna di antaranya kawasan Abdurahman Saleh, Bangkong, Fatmawati, Kalibanteng Selatan, Kalibanteng Utara, Kaligarang, Karang Ayu, Karyadi, Kelinci, Ki Mangun Sarkoro, Krapyak, Kyai Shaleh-Pandanaran, Lamper-Gajah, Milo, Pasar Gayam, Peterongan, Polda, Soekarno-Hatta, Sam Po Kong, Supriyadi, Thamrin-Pandanaran, dan Tugu Muda.

Selain itu, dari sisi penggunaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, pengguna juga bisa melihat beberapa lokasi yang memang perlu diwaspadai seperti rawan kejahatan, banjir hingga masalah kemacetan.

Baca juga: KeMana ~ Layanan Informasi Jalur Trans Jakarta Yang Berbasis Aplikasi Mobile




Potensi Pemanfaatan yang Lebih Luas

Hasil rekaman CCTV yang berada di berbagai titik di Kota Semarang secara umum dioperasikan dan dapat dipantau pada control room yang ada di kantor Dishubkominfo Kota Semarang. Di tempat tersebut, semua rekaman CCTV dapat dimanfaatkan untuk beragam kepentingan utamanya bagi pemerintah daerah.

Sebagai contoh nantinya pihak Dinas Sosial dan Satpol PP dapat memantau adanya pengamen, gelandangan atau orang terlantar yang ada di titik tertentu. Dari situ pihak pengawas control room bisa langsung menghubungi Satpol PP dan menindak lokasi tersebut.

Untuk semakin mendukung efektivitas sistem pemanfaatan video CCTV ini, pihak Dishubkominfo Kota Semarang juga berencana menambah jumlah kamera CCTV menjadi sebanyak 200 buah. Dengan begitu cakupan pengawasan akan lebih luas serta dapat memberikan manfaat yang lebih banyak.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. kereen….. ada aplikasi anti macet….
    tapi kok cuma di semarang ya…??

  2. Wah bagus banget nih infonya maxmanroe, ini adalah upaya untuk meminimalisasi terjadinya penumpukan macet. Kira2 kalau diterapkan di Jakarta bisa ga yaa.. :)

  3. Dengan aplikais ini jadi bisa cari jalan alternatif biar gak terjebak macet, ya?

  4. Wew ada juga ya aplikasi anti macet, heehe
    wah keren nih kebetulan memang deket semarang tinggal nya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud