LewatMana, Pantau Lalu Lintas Secara Real Time Dengan CCTV

LewatMana-Pantau-Lalu-Lintas

Dalam satu dasawarsa ini, dibalik pertumbuhan kota-kota di Indonesia yang membawa hal-hal positif ternyata juga menimbulkan beberapa dampak yang tidak membuat nyaman. Salah satu dampak negatif dari pertumbuhan kota tersebut adalah kemacetan. Bertambahnya jumlah kendaraan setiap tahun yang tidak diikuti oleh pertumbuhan jalan akan menjadikan macet sebagai sesuatu yang tak bisa dihindarkan. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, macet akan semakin menjadi-jadi karena banyaknya genangan air disana-sini.

Tentu saja masalah macet ini tak bisa diremehkan sebagai masalah biasa, sebab berdasarkan riset PT MRT Jakarta tahun 2013, mencatat bahwa kemacetan telah menyebabkan kerugian sebesar Rp 12,8 triliun. Satu hal lagi yang harus diingat bahwa kemacetan ini bukan hanya problematika milik Jakarta saja, namun kota-kota besar lain juga harus bersiap-siap dengan kemacetan yang ada, karena pertumbuhan yang dimilikinya.

Dengan semakin massifnya kendaraan dan faktor-faktor lain yang membuat kemacetan muncul, maka beberapa orang kemudian mencoba melakukan terobosan untuk melayani masyarakat agar dapat menghindari kemacetan yang ada. Salah satu orang yang melakukan terobosan itu adalah Hendry Soelistyo dengan kreasinya bernama LewatMana.com yang didirikannya pada bulan Meret tahun 2009.

Website dan #aplikasi yang didirikan dari pengalaman Hendry melawan kemacetan ini kini telah berkembang sangat pesat dengan menarik 10 juta unique pengguna dari website dan 800.000 download aplikasi serta meraih banyak penghargaan. Lalu seperti apakah LewatMana ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Rekomendasi Aplikasi Khusus Perjalanan Karya Developer Indonesia

Layanan LewatMana

Bicara layanan, pihak LewatMana.com mengaku bahwa service-nya berbeda dengan pengemban traffic application yang lain.  Salah satu layanan andalan LewatMana adalah pantauan kondisi lalu lintas secara real time atau langsung dari jalanan melalui kamera CCTV. Untuk layanan ini sendiri LewatMana menggunakan Google Maps API. Selain layanan pantauan lalu lintas, LewatMana juga menyediakan beragam informasi terkait kondisi jalanan seperti banjir, penutupan jalan, kecelakaan dan lainnya.




Layanan dan informasi gratis ini sendiri kini sudah dapat diakses dari hampir semua platform seperti PC melaui website Lewatmana.com atau dari smartphone Android, iOS, Windows Phone, Nokia Asha, BlackBerry 10, hingga untuk BlackBerry klasik.

Selain layanan reguler, LewatMana juga menyediakan layanan premium. Layanan berbiaya yang diperuntukkan bagi para pengunjung website melalui mobile phone ini dinamakan layanan full dengan fitur video call. Dengan melakukan panggilan ke 9119, para pengguna Telkomsel dengan gadget yang berjaringan internet 3G, bisa mengakses layanan video call ini. Dengan Rp 1.000 per menit, layanan ini akan memberikan Anda pantauan secara real time kondisi lalu lintas pada menit dan detik itu juga.

Jalin Hubungan Dengan Vendor Dan Citizen Journalism

Untuk melebarkan sayapnya, LewatMana menjalin kerjasama dengan para vendor seperti First Media, Samsung, Xl Axiata serta stasiun radio 98,7 Gen FM. Selain kerjasama dengan para vendor, LewatMana juga menjalin kedekatan dengan para penggunanya. Dalam hal ini pihak LewatMana menggunakan akun twitter @LewatMana sebagai wadah bagi para penggunanya untuk menjadi jurnalis warga (Citizen Journalism) untuk kegiatan publikasinya.

Para jurnalis ini akan berpartisipasi dengan laporan terbaru tentang segala sesuatu terkait lalu lintas yang dijumpainya di jalanan lewat akun twitter @LewatMana. Sampai saat ini akun twitter @LewatMana ini sudah memiliki 797 ribu followers.

Peningkatan Fasilitas

Peningkatan fasilitas adalah hal yang penting untuk dapat melayani masyarakat dengan lebih banyak. Maka dari itu, LewatMana terus berusaha menambah jumlah CCTV-nya. Dari dua buah CCTV pada awal perintisannya, kini LewatMana telah memasang lebih dari 120 buah CCTV yang tersebar di Jabodetabek dan beberapa kota lain di Pulau Jawa. Dan dari tahun ke tahun jumlah CCTV ini masih akan ditingkatkan terus.




Pada saat pemprov DKI Jakarta telah memulai proyek MRT-nya tempo lalu, pihak LewatMana juga telah menyediakan beberapa kamera CCTV di beberapa sudut titik pada proyek MRT agar bisa membantu masyarakat dalam menghadapi macet disepanjang proyek pembangunan moda transportasi massal tersebut.

Baca juga: Siaga Banjir, Aplikasi Pantau Banjir di Jakarta

Penghargaan Yang Diterima

Pada tanggal 3 Februari 2011, LewatMana meraih penghargaan Netexplorateur Award of The Year 2011 sebagai 10 pelaku inisiatif digital paling menjanjikan. Penghargaan yang dilaksanakan di Kantor Pusat UNESCO di Paris itu LewatMana menjadi satu-satunya penerima award dari Indonesia bahkan dari Asia Tenggara. Netexplorateur sendiri adalah sebuah organisasi yang di dukung oleh Senat dan Perdana Menteri Perancis.

Organisasi ini setiap tahun melalui beberapa ahli dan peneliti akan memilih 100 kandidat pelaku digital dan internet yang paling menjanjikan dalam merubah cara memakai, berkomunikasi, bekerja, belajar, dan hidup manusia. Sebelum menerima penghargaan Netexplorateur ini, LewatMana juga telah mendapatkan penghargaan “The Most Promising Startup” pada gelaran SparxUp 2010.



1 comment on this postSubmit yours
  1. oh lewatmana itu kerja sama dengan gen fm toh… berarti kerja sama untuk traffic reportnya ya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud