Arti Pesthi dalam Hitungan Jawa dan Cara Menghitungnya

Advertisement-Scroll to Continue
arti pesthi dalam hitungan Jawa
Sumber: Freepik.com

Anda pastinya pernah mendengar istilah pesthi dan penasaran apa arti pesthi dalam hitungan Jawa. Istilah ini termasuk ke dalam kategori Neptu hitungan weton Jawa. Masyarakat Jawa sudah tidak asing lagi dengan tradisi mencari hari baik ketika ingin melakukan sesuatu yang besar. Misalnya saja membuka toko, memulai pembangunan sebuah hunian, hingga menentukan tanggal pernikahan.

Namun yang paling menarik adalah tradisi hitungan Jawa untuk menentukan cocok tidaknya suatu pasangan. Hitungan weton dari pasangan tersebut akan mengarahkan ke kategori tertentu dan dapat ditafsirkan masa depan pernikahannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak ulasan yang membahas mengenai hitungan Jawa berikut ini.

Bagaimana Cara Menghitung Weton dalam Tradisi Jawa?

Sumber: Gramedia.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai arti pesthi dalam hitungan Jawa, Anda harus tahu dulu bagaimana cara menghitung weton. Karena kategori-kategori tersebut dapat Anda berfungsi setelah Anda mengantongi hasil hitungan weton kedua pasangan.

Cara menghitung weton dari seseorang sebenarnya sangatlah mudah sekali. Yang Anda butuhkan adalah informasi mengenai hari kelahiran dari orang yang bersangkutan. Masyarakat masa sekarang tidak banyak yang mengetahui hari pasaran sehingga Anda harus cari tahu dulu hari pasaran kelahiran dari orang tersebut.

Anda membutuhkan kalender di tahun kelahiran orang yang bersangkutan untuk mengetahui secara tepat hari pasaran kelahirannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir merasa kesulitan mencari kalendernya karena sekarang sudah bisa menggunakan bantuan teknologi. Cek saja hari kelahiran orang tersebut di Google untuk mendapatkan hari pasaran kelahirannya.

Baca juga: Weton Jawa Online: Rekomendasi Situs dan Makna Hasilnya

Nah, setelah itu Anda membutuhkan informasi nilai neptu dino atau neptu hari dan juga neptu pasaran. Setiap hari dan juga pasaran memiliki nilainya masing-masing dan Anda hanya perlu mencari tahu hari dan pasaran yang orang tersebut miliki. Misalnya dia lahir di hari minggu dengan pasaran kliwon, maka wetonnya adalah 13.

Selanjutnya, hitunglah weton pasangannya dengan cara yang sama untuk mendapatkan nilai wetonnya. Jumlahkan kedua weton pasangan tersebut untuk memperoleh nilai weton pasangan. Barulah nilai weton ini Anda cari tahu termasuk ke kategori neptu apa.

Apa Sih Arti Pesthi dalam Hitungan Jawa?

Nah, Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui arti pesthi dalam hitungan Jawa, bukan? Secara bahasa kategori neptu pesthi ini memiliki arti harmonis. Ini merupakan salah satu neptu yang banyak masyarakat incar atau harapkan muncul ketika menghitung wetonnya bersama pasangan. Siapa sih yang tidak ingin kehidupan rumah tangganya bahagia, damai, harmonis, dan awet sampai kakek nenek.

Hitungan Jawa ini adalah warisan leluhur Jawa dan bisa Anda jadikan petunjuk. Namun, jangan sampai terlalu mempengaruhi hidup Anda karena pada akhirnya takdir tetap ada di tangan Tuhan. Pesthi sendiri memang cukup istimewa dalam hitungan Jawa karena memiliki makna yang bagus.

Dalam arti pesthi dalam hitungan Jawa ini memiliki beberapa angka, yaitu 8, 17, 26, dan juga 35. Untuk lebih lanjutnya ada maka tersendiri di masing-masing angka tersebut. Anda harus bertanya kepada orang yang memang ahli di bidang hitungan Jawa untuk mengetahui makna lain di balik angka-angka tersebut.

Yang perlu Anda ketahui adalah pesthi merupakan tanda bagus pada pernikahan sebuah pasangan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan mereka yang mendapatkan kategori neptu pesthi.

Kegunaan Hitungan Jawa pada Kehidupan Masyarakat Jawa

Seperti yang Anda ketahui bahwa hitungan Jawa ini memiliki banyak sekali kegunaan. Kali ini Anda akan belajar mengenai hal-hal apa saja yang bisa Anda dapatkan dari hitungan Jawa ini. Siapa tahu Anda akan membutuhkan hitungan Jawa selain menghitung kecocokan dengan pasangan.

Mencari Hari Baik untuk Hari Pernikahan

Mari kembali ke mencari hari baik yang sering kali masyarakat Jawa lakukan. Pernikahan merupakan hal yang penting bagi dua keluarga sehingga tentu kedua belah pihak menginginkan yang terbaik. Masyarakat percaya bahwa bila pernikahan tersebut terjadi di hari baik, pernikahan akan lancar dan jauh dari mara bahaya.

Kembali lagi, hari baik pernikahan bagi masing-masing orang tentunya berbeda. Hal ini karena berhubungan dengan weton masing-masing pasangan yang akan menikah. Para ahli hitungan weton Jawa akan membantu Anda untuk mencarikan waktu yang tepat untuk menyelenggarakan pernikahan tersebut. Jangan sampai Anda merasa terlalu senang dengan arti pesthi dalam hitungan Jawa yang baik dan melupakan pencarian hari baik pernikahan ini.

Membaca Nasib Seseorang

Hitungan Jawa sangatlah penting bagi masyarakat Jawa karena menyimpan banyak sekali manfaat. Siapa sangka bahwa hitungan ini dapat Anda gunakan untuk membaca nasib ke depannya. Memang tidak bisa 100% Anda percaya karena semuanya kembali lagi pada Tuhan YME.

Pembacaan nasib seseorang ini biasanya berbentuk apa yang baik dan tidak sebaiknya Anda lakukan. Misalnya menikah dengan orang yang memiliki weton tertentu atau pergi ke arah tertentu untuk bekerja dan sebagainya. Ilmu hitungan weton Jawa dapat memberikan Anda informasi yang penting tersebut.

Memahami Watak dan Perilaku

Bila Anda pernah mendengar mengenai zodiak yang membawa sifat-sifat tertentu dari seseorang, maka Anda tentunya tidak akan sulit untuk menerima fakta lain mengenai weton seseorang. Masyarakat Jawa juga memercayai bahwa weton seseorang memiliki karakter atau watak tertentu yang khas.

Misalnya saja untuk mereka yang memiliki weton Kamis Kliwon, mereka cenderung lebih periang dan juga memiliki empati yang tinggi di dalam dirinya. Masyarakat Jawa mendapatkan ini dari ilmu titen secara bertahun-tahun lamanya. Sehingga, sifatnya adalah sebagian besar dan tidak selalu demikian.

Baca juga: Contoh Kata Sindiran Buat Orang Sok Benar Bahasa Jawa

Kategori neptu weton pernikahan juga ada hubungannya dengan watak dan perilaku dari weton seseorang. Sebuah pernikahan bisa langgeng dan bahagia bila pasangan dalam pernikahan tersebut memiliki watak dan perilaku yang cocok dan saling melengkapi. Misalnya pasangan yang mudah marah bertemu dengan pasangan yang memiliki kesabaran seluas samudra.

Anda bisa mencari tahu mengenai hal ini dengan merincikan nilai dari kategori arti pesthi dalam hitungan Jawa. Cari tahu masing-masing karakter dari pasangan yang mendapatkan nilai pesthi untuk membuktikan kecocokan karakter berpengaruh pada pernikahan seseorang.

Mencari Tahu Hari Puasa Weton

Tradisi Jawa sebenarnya cukup dekat dan saling melengkapi dengan ajaran agama Islam. Salah satu contohnya adalah puasa weton. Puasa ini merupakan bentuk doa dari orang yang menjalankan puasa. Sebenarnya puasa ini tidak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya. Hanya saja Anda berpuasa di hari weton Anda.

Sebelum menjalankan puasa ini, cari tahu dulu lebih lanjut agar Anda tidak salah saat menjalankan. Pemahaman terhadap puasa weton juga harus benar-benar Anda pahami agar tidak tersesat dan mengharapkan hal yang tidak seharusnya.

Demikianlah pembahasan mengenai arti pesthi dalam hitungan Jawa yang bisa Anda ketahui. Menarik sekali bukan tradisi dari masyarakat Jawa yang satu ini. Sebagai orang Jawa tentunya Anda akan mendapatkan petunjuk untuk mengikuti tradisi menghitung weton untuk pernikahan dan juga hitungan-hitungan hari baik.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment