12 Aplikasi Media Sosial Alternatif Penghilang Bosan: Wajib Dicoba

Advertisement-Scroll to Continue

Social Media – Jika Anda bosan dengan media sosial yang populer saat ini, mungkin Anda ingin mencoba menggunakan beberapa aplikasi media sosial alternatif. Tidak banyak yang tahu, sebab beberapa aplikasi ini tidak sepopuler Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lainnya.

Tidak ada salahnya mencoba media sosial alternatif untuk mencari pengalaman baru dan teman baru. Pada artikel kali ini, maxmanroe akan memberikan beberapa aplikasi medsos yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bosan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Media Sosial Alternatif di Tahun 2023

12 Aplikasi Media Sosial Alternatif Penghilang Bosan, Wajib Dicoba
12 Aplikasi media sosial alternatif: 1. BeReal 2. Clubhouse 3. Discord 4. Twitch 5. Patreon 6. Reddit 7. Telegram 8. Mastodon 9. Pinterest

Media sosial yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan minat penggunanya. Mulai dari mengembangkan fitur canggih, hingga fitur unik yang hanya dimiliki oleh satu aplikasi tertentu. Kendati demikian, tidak semua aplikasi medsos bisa langsung booming seperti tiktok.

Jika Anda pernah merasa bosan saat menggunakan aplikasi media sosial yang itu-itu saja, mungkin Anda ingin melihat beberapa medsos lainnya. Seperti di bawah ini:

Baca juga: Cara Mencuri Followers di Media Sosial dari Kompetitor

BeReal

Aplikasi media sosial alternatif yang pertama adalah BeReal. Aplikasi ini dibuat di Prancis tahun 2019 dengan tujuan untuk menciptakan “cara baru dan unik untuk menemukan siapa teman anda yang sebenarnya”. Cara mainnya sebenarnya sama seperti medsos pada umumnya.

Secara acak, bereal akan mengirimkan anda notifikasi yang berbunyi “it’s time to be real!”. Lalu ketika anda membuka aplikasinya, anda hanya memiliki waktu dua menit untuk mengambil foto terkait apa yang sedang dilakukan saat itu juga. Uniknya, bereal mengharuskan anda untuk mengambil dua foto sekaligus dengan menggunakan kamera depan dan belakang disaat yang bersamaan.

Tanpa filter, tanpa edit foto, dan jika anda ingin mengambil ulang foto, anda hanya bisa melakukannya di dalam waktu dua menit tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi media sosial alternatif ini sudah diunduh sebanyak 30 juta kali. Singkatnya, aplikasi ini cukup populer.

Clubhouse

Masih ingatkah anda bahwa, pada saat pandemi Covid-19 menyerang ada media sosial yang booming? Ya, namanya Clubhouse. Pertama kali diluncurkan di bulan Maret 2020 untuk perangkat iOS. Lalu di bulan Mei 2021, bisa digunakan untuk perangkat Android. Sejak saat itu, aplikasi ini langsung populer. Terutama untuk orang-orang yang sedang menjalani masa karantina.

Clubhouse sendiri merupakan aplikasi yang hanya menyertakan audio saja. Meskipun ada chat rooms, pengguna hanya bisa mendengarkan live conversations tanpa melihat kejadiannya. Pada saat dirilis, tidak semua orang bisa mengunduh media sosial alternatif ini. Sebab hanya orang-orang tertentu yang mendapatkan undanganlah yang bisa menggunakannya. Lalu ketika sudah dibuka untuk umum, aplikasi ini langsung diunduh hingga 10 juta kali.

Sayangnya di Februari 2021, popularitas clubhouse menurun. Bahkan hingga kini, menurut data dari tim (https://blog.hootsuite.com/new-social-media-apps-platforms/), pengguna aktifnya menurun lebih dari 60%. Apakah anda pernah menggunakan aplikasi ini? Atau mungkin sampai sekarang masih menggunakannya?

Discord

Sejak dirilis pada tahun 2015, Discord menjadi aplikasi media sosial alternatif yang diburu. Terutama untuk para komunitas gamers. Kemudian berkembang menjadi medsos yang juga berfokus pada obrolan. Kepopularitasan aplikasi ini semakin meningkat sejak mendapatkan suntikan dana di Juli 2022. Ada lebih dari 522 juta pengunjung yang ikut meramaikan.

Saat ini, discord menjadi aplikasi media sosial alternatif untuk komunitas gamers dengan membagikan video, audio dan teks untuk melakukan percakapan antar sesama pengguna. Umumnya topik yang dibicarakan di sini meliputi olahraga, film, game, anime, manga, NFT, kripto, dan lainnya.

Twitch

Satu lagi aplikasi media sosial alternatif gamers yang bisa anda coba adalah Twitch. Didirikan pada tahun 2011, aplikasi ini memiliki 26,5 juta pengguna aktif setiap harinya. Twitch merupakan platform streaming video untuk para kreator yang menyiarkan konten langsung ke penonton mereka. Cara kerjanya sama seperti YouTube. Meskipun awalnya dibikin hanya untuk membahas game, para penggunanya juga mengunggah video lainnya. Seperti tutorial memasak, pertunjukan musik, dan lainnya.

Patreon

Jika anda ingin bermain medsos sambil mendapatkan keuntungan, Patreon bisa menjadi media sosial alternatif pilihan. Aplikasi ini merupakan tempat bagi para pembuat konten seperti desainer untuk menjual karyanya. Sebagai imbalan atas dukungan finansial yang diberikan, pelanggan akan menerima akses eksklusif dan reguler serta berinteraksi dengan pembuat konten tersebut.

Ada lebih dari 250.000 kreator yang sudah bergabung di patreon sejak didirikan. Bahkan hingga kini ada lebih dari delapan juga pelanggan berbayar. Aplikasi media sosial alternatif ini sangat cocok untuk anda yang juga ingin mendapatkan pendapatan dan sekaligus memiliki kontrol yang kuat terhadap konten yang diunggah.

Reddit

Selanjutnya ada Reddit. Percaya atau tidak, aplikasi media sosial alternatif ini sering digunakan oleh para jurnalis untuk mencari informasi dan berita. Berdasarkan laman (https://aruga.com.au/blog/the-6-most-underrated-social-media-platforms-according-to-aruga/), reddit merupakan salah satu website yang memiliki sumber berita dan paling banyak dikunjungi. 

Platform ini sangat cocok untuk anda yang bekerja di bidang pemasaran dan komunikasi untuk tren terbaru sebelum muncul di media besar. Bahkan beberapa brand besar menggunakan reddit untuk mempromosikan produk dan/atau jasanya melalui fitur populer AMA (Ask Me Anything live Q&As).

12 Aplikasi Media Sosial Alternatif Penghilang Bosan: Wajib Dicoba

Telegram

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui dan mengenal medsos yang satu ini. Telegram atau aplikasi berbasis pesan didirikan dengan fokus utama pada privasi penggunanya. Bahkan satu obrolan grup yang ada bisa mencakup hingga 200.000 orang. Angka ini lebih banyak dari aplikasi chat lainnya.

Telegram bisa menjadi media sosial alternatif untuk anda yang ingin mencari relasi lebih banyak. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk komunitas dengan tujuan tertentu. Misalnya para pencari kerja, lalu ada komunitas jastip, komunitas film, dan lainnya. 

Mastodon

Jika anda pengguna Twitter, mungkin Anda bisa mengecek media sosial alternatif yang satu ini. Mastodon Sebuah aplikasi medsos yang bisa diunduh secara gratis dan bersifat terbuka. Pertama kali diluncurkan pada Maret 2016, dimana para pengguna bisa berbagi teks, gambar, dan juga video pada followersnya.

Keunikan dari media sosial alternatif ini adalah pengguna dapat memulai jaringan dalam aplikasi mereka sendiri dengan peraturan yang sudah mereka pilih. Kemudian nantinya orang lain dapat bergabung dengan server yang sesuai minat mereka.

Pengguna juga bisa ikut terlibat dalam percakapan dan memberi balasan atau sekedar memberikan “like”. Sama seperti twitter, mastodon merupakan aplikasi medsos terbaik untuk mengetahui tren sosial yang sedang hype di netizen.

Pinterest

Umumnya, Pinterest terkenal di kalangan orang-orang yang sedang mencari inspirasi terkait desain interior, kado, atau dekorasi kue. Padahal aplikasi media sosial alternatif ini bisa memberikan penggunanya atau yang disebut Pinners keuntungan, lho.

Platform ini sendiri ditujukan untuk para penggunanya yang ingin menginspirasi dan mengkonversi dengan cepat untuk akses ke tren dan wawasan seacar real-time. Melansir dari situs Aruga, saat ini pengguna aktif pinterest sudah mencapai 442 juta. Pinterest bisa dijadikan medsos untuk mempromosikan produk dari affiliate marketing yang nantinya bisa diarahkan ke website tertentu.

Baca juga: Beberapa Mitos dan Fakta Penggunaan Media Sosial Pinterest

Periscope

Jauh sebelum TikTok dan Instagram sepopuler saat ini, ada media sosial bernama Periscope. Aplikasi ini juga digunakan untuk streaming video. Cara kerjanya pun sama dengan medsos lainnya. Anda bisa berinteraksi langsung dengan orang lain melalui komentar, membagikan video ke orang-orang tertentu, dan memutar ulang live video yang terlewat. 

Wattpad

Wattpad bisa menjadi aplikasi media sosial alternatif bagi anda yang gemar membaca dan menulis novel. Ada lebih dari 80 juta pembaca dan penulis yang sudah bergabung dengan komunitas penulis. Bahkan platform ini menjadi yang paling populer di komunitas tersebut.

Bagi anda yang gemar menulis cerita, bisa mengunggahnya ke aplikasi ini. Sebaliknya, jika anda sedang ingin membaca, anda bisa menemukan banyak cerita seru atau puisi. Bahkan anda juga bisa membagikan cerita yang disukai ke orang lain. Tidak hanya sekedar membaca dan menulis saja, anda juga bisa meninggalkan komentar dan berinteraksi dengan sesama pengguna wattpad.

Flickr

Flickr merupakan salah satu medsos populer di kalangan komunitas fotografi. Aplikasi media sosial alternatif ini merupakan tempat untuk menyimpan dan berbagi gambar, foto, dan/atau video dengan sesama pengguna. Anda bisa mengunggah, mengedit, dan berbagi gambar atau foto dari perangkat apapun seperti ponsel atau laptop.

Kesimpulan

Kehadiran media sosial memang bisa menjadi teman dikala sedang bosan dan tidak ada yang dilakukan. Namun jika Anda sedang bosan dengan medsos yang digunakan saat ini, tidak ada salahnya untuk mencoba satu atau lebih dari beberapa aplikasi media sosial alternatif di atas. Atau mungkin sudah ada yang terpasang di ponsel anda?

Advertisement
Shirley c.w

My name is Shirley CW,- SEO Content Writer, Social Media Officer || Freelance Content Writer, Content Editor & Translator.

Leave a Comment