Cara Mencuri Followers di Media Sosial dari Kompetitor

Cara Mencuri Followers di Media Sosial dari Kompetitor

Mencuri-FollowersJudul artikel ini mungkin terkesan sangat picik dan penuh intrik. Namun judul tersebut hanyalah sebuah kalimat yang bermakna kiasan. Mencuri memiliki makna denotatif bahwa satu pihak akan merasa kehilangan dan satu pihak akan mendapatkan keuntungan.

Mencuri followers yang dimaksud disini adalah bagaimana branding Anda melalui #sosial media mengalami perkembangan yang pesat karena Anda berhasil memanfaatkan sosial media networking yang telah dibangun oleh kompetitor. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk merebut kesuksesan branding tersebut:

Menemukan Kompetitor Yang Tepat

Pada langkah ini, mulailah mencari kompetitor Anda melalui mesin pencari seperti Google. Saringlah situs-situs yang menurut Anda paling penting berdasarkan beberapa hal seperti jumlah followers di sosial media, frekuensi posting dan tingkat interaksi yang komunikatif. Kunjungilah website-website yang Anda anggap powerful dan memiliki komunitas yang aktif.

Artikel lain: Trik Sederhana Mengajak Pelanggan Menjadi Tim Promosi di Media Sosial

1. Buatlah Sebuah Networking Berdasarkan Niche/ Ceruk

Networking merupakan hal yang penting untuk membangun sebuah branding. Anda harus menemukan orang-orang yang memiliki tujuan niche atau kata kunci yang sama seperti apa yang Anda tampilkan. Misalnya saja bila anda sedang mengembangkan website dengan tema healthy lifestyle dan fitness maka beberapa niche yang patut anda gunakan misalnya adalah diet, food combining, olahraga, pria dan wanita, six pack dan beragam niche lainnya yang berkaitan dengan website Anda.

2. Analisa Aktivitas di Facebook

Langkah berikutnya adalah menelusuri aktivitas #Facebook dari kompetitor Anda. Hal ini harus anda lakukan untuk mengetahui topik apa saja yang paling diminati dan mengundang banyak interaksi dari followers kompetitor Anda.

Banyak hal yang dapat anda pelajari dari Facebook kompetitor Anda, seperti gaya posting yang mereka terapkan, konten apa saja yang paling banyak di like dan di share serta jenis konten apa yang kurang mendapatkan respon positif.

3. Analisis Aktivitas di Twitter

Setelah melakukan analisis terhadap Facebook, pasti tak lengkap rasanya bila tak menganalisis sosial media yang satu ini, yakni #Twitter. Karena biasanya sebuah bisnis yang modern dan bonafit akan menggunakan kedua sosial media ini untuk memuluskan upaya branding dan marketing mereka. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk menganalisis account Twitter competitor anda adalah Twitonomy.

Twitonomy (www.twitonomy.com) akan “membedah” secara lengkap mengenai aktivitas suatu account Twitter, mulai dari rata-rata jumlah posting per hari, jumlah posting yang di retweet oleh followers, jumlah posting yang dijadikan favorite oleh followers hingga jumlah reply yang masuk ke account Twitter tersebut. Melalui Twitonomy pula, Anda dapat melihat mana kompetitor anda yang paling mendapatkan respon positif dari para followersnya.

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Pemasaran Bisnis Via Media Sosial

Dengan melakukan hal ini berarti anda dapat mempelajari konten Twitter apa yang paling banyak diminati dan di retweet oleh para followers. Aksi retweet sangat berguna untuk menyebarluaskan informasi dan branding dari suatu bisnis. Jangan lupa pula untuk mengamati hashtag apa yang sukses membuat kompetitor anda dibicarakan oleh banyak orang di sosial media.

4. Mencuri Followers Kompetitor Melalui Google Plus

Jika anda menggunakan #Google Plus serta browser seperti Google Chrome atau Firefox, maka anda dapat meng-install suatu plugin bernama CircleCount.com. Melalui plugin ini, anda dapat menganalisis sejarah perkembangan kompetitor anda di Google Plus (bila kompetitor anda juga menggunakan Google Plus).

Melalui CircleCount.com, Anda juga dapat melihat siapa saja followers competitor anda yang paling potensial untuk membagikan sebuah informasi. Caranya adalah meng-klik “show the ripples for this post” pada suatu posting-an. Buatlah suatu circle dan mulailah mem-follow para followers kompetitor yang anda anggap potensial. Hal ini akan membuka peluang bagi anda untuk memperluas networking bisnis anda.

Hal-hal tersebut tentu akan membuat anda belajar untuk membangun networking dan menciptakan branding bagi bisnis Anda. Jangan lupa bahwa langkah-langkah tersebut harus diiringi dengan tindakan konsisten lainnya, seperti kualitas bisnis yang maksimal serta adanya konten-konten yang membagikan informasi yang menarik dan kreatif.

Baca juga: Pentingnya Kekompakan di Dalam Tim Media Sosial Sebuah Bisnis

Inovasi tanpa akhir akan membuat bisnis anda semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kesempatan yang lebih baik akan datang bila anda mampu memikat hati para pengguna sosial media yang tersebar di seluruh penjuru nusantara bahkan di seluruh dunia.

2 KOMENTAR

  1. makasih banyak ilmunya guru, sukses selalu

  2. Nano Spray Hongkong

    ternyata lumayan juga ya gan mengulas social media ini… tetap semangat

Tinggalkan Balasan