Aplikasi Kentongan ~ Layanan Mobile Unik untuk Komunikasi Antar Warga

Aplikasi Kentongan ~ Layanan Mobile Unik untuk Komunikasi Antar Warga

aplikasi kentongan
Image dari Kentongan.org

Dalam sebuah rukun tetangga tentunya antar para warga harus bisa bersosialisasi dengan baik. Mengapa demikian? Karena dengan komunikasi yang baik maka semua permasalahan yang bisa muncul dengan melibatkan banyak orang dapat tertatasi dengan baik pula.

Namun sayangnya saat ini komunikasi antar para warga dalam sebuah lingkungan RT/RW kurang begitu baik. Hal ini setidaknya telah mulai banyak terjadi di lingkungan masyarakat perkotaan besar. Mereka masyarakat perkotaan ini cenderung bersifat individualistis dan hidup sendiri-sendiri.

Maka dari itu dari latar belakang inilah kemudian Saddam Rajief dan timnya di Yogyakarta kemudian berinisiatif membuat aplikasi bernama Kentongan. Seperti apakah aplikasi Kentongan ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Fungsi Aplikasi Kentongan

#Aplikasi yang diambil dari nama sebuah benda pemberitahuan masayarakat pada zaman dahulu ini berfungsi sebagai sarana komunikasi bagi warga masyarakat dan juga ketua RT untuk beragam keperluan rukun warga. Dengan aplikasi ini warga bisa melaporkan peristiwa-peristiwa penting atau yang bersifat darurat dan genting seperti ada kebakaran, pencurian, kecelakaan, orang sakit dan lainnya.

Selain itu dengan aplikasi ini ketua RT juga bisa menyampaikan pengumuman atau informasi penting untuk warganya dengan mudah. Bagi warga yang ingin mengundang warga lain dalam sebuah acara, mereka juga bisa melakukannya dengan mudah melalui aplikasi ini dengan cara menghubungi ketua RT terlebih dulu.

Artikel lain: SwaKita, Aplikasi Media Sosial Warga Jakarta Sebagai Wadah Keluh Kesah

Pengguna yang ingin memakai aplikasi pemenang dalam kegiatan event Hackathon tahun 2015 ini sudah bisa mengunduh atau mendownloadnya secara cuma-cuma di Playstore dan Appstore. Dengan aplikasi ini maka Anda akan mendapatkan banyak fitur menarik untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar tetangga dan ketua RT dengan lebih nyaman dan  mudah.

Cara Kerja Aplikasi Kentongan

Teknis penggunaan aplikasi ini tergolong mudah. Untuk memulai fungsi aplikasi ini warga perlu menunjuk satu orang yang dijadikan sebagai mediator. Orang yang paling tepat dipilih untuk sebagai mediator ini adalah ketua RT yang memang paling mengetahui kondisi lingkungan dan warganya.

Nah, dari ketua RT yang telah mendaftar dan memasang aplikasi kentongan maka fungsi aplikasi ini sudah siap untuk bisa dijalankan. Namun untuk bisa menghubungkan anatara satu warga dengan warga lainnya, maka ketua RT harus bisa mengajak warganya untuk menggunakan aplikasi Kentongan.

Warga yang telah memasang aplikasi ini sendiri diharuskan melengkapi data-data yang dibutuhkan, terkhusus nomor telepon. Dari nomor telepon ini nantinya ketua RT akan dimudahkan untuk menindaklanjuti ketika ada laporan yang masuk dari warga. Sampai disini warga pun sudah bisa memanfaatkan aplikasi kentongan ini sesuai fungsinya. Laporan yang disampaikan warga nantinya akan muncul pada #smartphone setiap pengguna aplikasi, termasuk ketua RT. Pada laporan yang masuk pun ketua RT bisa menindaklanjutinya.

Baca juga: Wobe ~ Aplikasi Mikrobisnis Dengan Visi Mengurangi Pengangguran di Indonesia

Menu dan Fitur Aplikasi Kentongan

Pada aplikasi ini setidaknya ada enam macam menu dan fitur yaitu:

  1. Menu detail RT, yang berfungsi untuk mengetahui informasi mengenai data RT, RW, nama desa, kelurahan atau kecamatan serta kabupaten dan provinsi.
  2. Menu Warga yang bisa dijadikan sebagai oleh ketua RT untuk mengetahui detail warganya
  3. Menu Kas RT adalah menu yang dibisa dimanfaatkan oleh ketua RT untuk menampilkan data keuangan RT. Dari sini maka warga juga bisa menggunakan menu ini untuk bisa memantau keuangan RT secara transparan
  4. Menu Laporan Warga, yaitu fitur yang bisa digunakan warga untuk menyampaikan pendapat, laporan kritik dan juga keluhan kepada ketua RT.
  5. Menu Info Kegiatan adalah menu yang dapat dimanfaatkan ketua RT untuk bisa menyampaikan pengumuman atau informasi atau seperti info kerja bakti, info rapat atau info jalan sehat dan info yang lainnya.
  6. Menu Tanda Bahaya merupakan menu yang bisa dimanfaatkan warga ketika menjumpai keadaan yang genting atau darurat seperti kebakaran, pencurian, bencana alam dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi kentongan ini memang masih diperuntukkan untuk lingkup RT saja. Namun menurut foundernya Saddam Rajief nantinya aplikasi ini akan diperluas dikemudian harinya untuk bisa menjangkau untuk jumlah warga yang lebih banyak lagi. Jika Anda masih kebingungan dengan aplikasi ini Anda bisa mengunjungi situs resmi kentongan dengan alamat www.kentongan.org.

1 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Wah, saya baru tahu, kalau ada aplikasi kentongan…
    Jadi pengen nyoba… mumpung ada tutorialnya…
    Terima kasih Mas Max… :D
    Salam,

Tinggalkan Balasan