Aplikasi Google Play Store Anda Sedang Bermasalah? Cobalah 6 Solusinya Berikut Ini

Google Play Store

Image dari Thehackernews.com

Bila Anda adalah salah satu pengguna ponsel pintar Android maka Anda tak akan terlepas dari sebuah aplikasi bernama Google Play Store. Google Play memang merupakan aplikasi bawaan atau aplikasi wajib yang pasti ada pada setiap smartphone Android.

Google Play sendiri berguna dan bermanfaat untuk memperoleh aplikasi atau mengupdatenya. Sayangnya aplikasi bawaan yang sering menjadi andalan pengguna #Android ini tak jarang mengalami masalah atau kendala. Beberapa kendala yang bisa jadi terjadi pada aplikasi Google Play adalah aplikasi yang tiba-tiba berhenti bekerja atau bahkan aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Nah jika Anda seringkali mendapati permasalahan ini maka Anda harus segera bergerak untuk mencari solusinya. Berikut beberapa tips dan trik sebagai solusi dari permasalahan yang menimpa Google Play Store.

1. Tutup Paksa Google Play Store

Cara pertama untuk solusi #Google Play Store yang bermasalah adalah dengan menutup paksa aplikasi tersebut. Teknik ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, sebab hanya dengan menggusur Google Play lewat laman multitasking atau dengan memilih menu Settings, pilih Apps, dan All serta menekan tombo, ‘Force Stop’ aplikasi Google Play maka hal ini bisa membuat aplikasi dari Google ini kembali normal.

Artikel lain: 4 Alternatif Google Playstore Untuk Dapatkan Aplikasi Premium dengan Harga Miring




2. Restart Ponsel

Jika Anda masih saja mendapati Google Play Store yang bermasalah setelah Anda melakukan cara pertama, maka cara termudah kedua yaitu me-restart ponsel bisa menjadi pilihan Anda. Dengan cara ini maka smartphone Anda akan kembali di setting pada kondisi awal yang bisa jadi akan mengembalikan normalnya #aplikasi ini.

3. Menghapus Cache 

Sering kali data yang didownload saat mengakses sebuah aplikasi tak begitu berguna untuk #smartphone. Dari sini maka memori cache membuat ponsel menjadi semakin berat. Maka untuk bisa mengurangi penggunaan data dan mempercepat waktu muat, Anda bisa menghapus memori cache secara rutin yang memberatkan kinerja ponsel pintar ini.

Untuk melakukan hal ini Anda bisa membuka menu Settings dan pilih Apps. Dari situ Anda tinggal mencari Google Play Store dan tekan tombol Clear Cache.

4. Hapus Data Aplikasi

Bila cara ketiga belum berhasil maka Anda bisa melakukan cara yang keempat berikut ini yaitu dengan menghapus data yang ada di Google Play Store. Namun saat melakukan hal ini Anda harus memahami bahwa data yang Anda simpan akan hilang. Dan saat Anda telah melakukan cara ini maka Anda akan diharuskan untuk log in kembali dengan memasukkan ID dan password akun Google ketika untuk bisa mengaksesnya.

Untuk melakukan teknik ini Anda bisa melakukan langkah yang sama seperti teknik yang ketiga. Namun pada pilihan clear cache dan clear data, Anda harus memilih clear data.




5. Cek Aplikasi yang Diblokir

Di suatu ketika mungkin saja Anda lupa bahwa Anda telah melakukan pemblokiran pada beberapa aplikasi. Dan bisa jadi aplikasi yang diblokir adalah Google Play Store tanpa Anda sadari. Aplikasi yang terblokir memang bisa jadi akan membuat sistem aplikasi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Maka dari itu Anda perlu melakukan pemeriksaan pada aplikasi yang diblokir.

Caranya adalah dengan membuka menu Settings pilih Apps dan All. Dari sini cari aplikasi yang mungkin sedang berada dalam keadaan disable. Jika memang ternyata aplikasi Google Play Store berada dalam posisi disable maka Anda harus mengaktifkan kembali aplikasi itu pada posisi enable.

Baca juga: Tips Cara Membeli Aplikasi Android Berbayar dari Google Play Store

6. Cek Google Play Services

Terkahir, langkah sebagai solusi aplikasi Google Play Store yang bermasalah adalah dengan melakukan pengecekan Google Play Service. Google Play Services ini memang merupakan motor untuk bisa menjalankan perangkat Android. Nah dari sini Anda bisa membuat Google Play Store kembali normal dengan mengecek Google Play Service.

Cara untuk melakukan teknik ini adalah dengan mengikuti langkah yang sama dengan menghapus memori cache dan data di Google Play Store. Pada bagian membuka App Manager, Anda bisa memilih Google Play Services terlebih dulu.



1 comment on this postSubmit yours
  1. betul gan saya berhasil dengan cara yang disebutkan diatas, terimakasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud