Anda Mahasiswa dan Mau Temukan Ide Bisnis Startup yang Tepat? Cobalah 4 Tips Berikut Ini

ide bisnis startup

Image dari Startups.co.uk

Bisnis berbasis digital (startup) saat ini memang telah direspon dengan sangat baik di kalangan masyarakat. Tidak hanya oleh lingkungan profesional namun juga oleh kalangan akademisi seperti mahasiswa juga antusias untuk melakoninya. Dengan ilmu yang didapatinya di bangku perkuliahan atau dari belajar mandiri (otodidak) para mahasiswa ini pun berani memulai, menjalankan dan mencoba peruntungannya di bisnis startup.

Namun ketika akan memulai, para mahasiswa ini kebanyakan menemui hambatan untuk mendapatkan ide bisnis #startup yang tepat dan efektif untuk pasar. Nah untuk Anda para mahasiswa yang sedang mencari ide untuk bisnis startup, cobalah beberapa 4 tips berikut ini.

1. Kenali Masalah di Sekitar

Tips pertama untuk mendapatkan ide cemerlang startup bagi mahasiswa adalah dengan mengenali masalah di sekitar Anda. Setiap dari masalah yang ada memang bisa menjadi ide bisnis yang brilian. Maka dari itu cobalah untuk selalu respect pada gejala-gejala yang terjadi di sekitar Anda. Cari, kenali dan identifikasi setiap masalah yang Anda sering dapati sehari-hari.

Dari permasalahan yang ada, cobalah hadirkan solusi yang tepat dan efektif. Ketika Anda mampu membuat solusi dari setiap permasalahan yang ada maka Anda akan mampu membuat pasar bergerak mencari Anda, bukan Anda yang mencari pasar. Sebutlah satu contoh startup BookRenter yang didirikan oleh Colin Barceloux. Dengan permasalahan mahasiswa yang sering dihadapi yaitu mahalnya membeli buku-buku kuliah maka ia pun menghadirkan BookRenter yang sangat baik direspon pasar dalam perkembangannya.

Artikel lain: Tips Memilih Nama Startup Bisnis yang Tepat

Itu salah satu contoh ide yang muncul dari permasalahan di sekitar kampus yang biasanya dialami oleh mahasiswa. Di kampus dan area sekitar kampus sendiri saya yakin masih banyak ide yang bisa didapat. Cobalah menggali dan menemukannya.

2. Update Informasi Soal Startup dan Bisnis

Untuk mendapatkan ide yang fresh Anda sebagai mahasiswa memang dituntut untuk terus mengupdate segala informasi yang ada berkaitan dengan startup dan bisnis. Untuk apa? Tentu saja untuk menambah referensi penggalian ide yang paling tepat dan efektif untuk startup Anda. Semakin banyak informasi yang bisa Anda dapat memang akan semakin menjadikan Anda lebih mudah untuk memperoleh ide startup.

Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Dengan kecanggihan teknologi yang ada sekarang, informasi mengenai startup dan bisnis bisa saja kita dapat dari berbagai sumber seperti koran, televisi dan juga #media online (internet). Dari media-media inilah Anda bisa mencari dan menemukan ide untuk bisnis startup yang akan Anda dirikan. Tentu saja media-media ini sudah tidak asing lagi untuk Anda temukan di sekitaran kampus.

3. Lihat Peluang yang Sedang Berkembang

Dalam menemukan ide bisnis startup ini Anda juga tak haru menjadi yang pertama atau pionir dalam bidang yang tertentu. Anda tak akan bersalah dan berdosa jika Anda meniru startup-startup yang sedang ada untuk Anda terapkan. Namun ingat jangan hanya meniru begitu saja. Pertama-tama cobalah untuk mengambil satu startup yang memang sedang berkembang pesat dan banyak dibutuhkan atau diserap pasar.

Nah setelah itu cobalah mengindentifikasi startup yang ada dengan membagi-bagi setiap komponen bisnisnya. Nah terakhir buatlah satu atau beberapa pembeda yang sistem atau komponen bisnis startup Anda dengan startup yang telah ada dan Anda tiru tersebut. Kemampuan membuat pembeda seperti ini tentunya tidak sulit bagi seorang mahasiswa kan.




Baca juga: Mau Startup Anda Dilirik Investor? Terapkan Tips Pitching Bisnis yang Baik Berikut Ini

4. Gali Ide Bisnis Startup Dari Minat

Terakhir, tips untuk mendapatkan ide bisnis startup untuk mahasiswa adalah dengan melihat potensi dari kemampuan dan minat diri sendiri. Mengawali bisnis startup dari kemampuan dan minat yang kita miliki ini akan membuat kita memperoleh banyak manfaat seperti ilmu dan pengalaman yang kuat serta semangat yang berapi-api karena dorongan passion yang besar. Jika sebuah bisnis dijalankan dengan dua manfaat ini maka peluang sukses akan terbuka semakin lebar.

Pada usia mahasiswa sendiri tentunya seseorang sudah memiliki ketertarikan tersendiri pada sebuah bidang. Nah, berangkat dari sinilah Anda harus bisa menggali diri Anda, dari bakat dan minat yang Anda miliki, bidang yang Anda sukai dan dukungan kemampuan serta keilmuan yang dimiliki. Jika semua sudah ada dan terwakili dalam satu ide bisnis startup maka jangan ragu untuk memulainya.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Ya, benar sekali. Bahwa ide untuk mengembangkan start up itu biasanya berasal dari masalah – masalah yang kita temui di sekitar kita.

    Terimakasih MaxManroe atas artikelnya, menarik sekali.

  2. Terkadang kita bisa menemukan banyak ide, tetapi masalah yang sering dijumpai adalah menemukan teman – teman yang mau bekerja sama dengan kita itu susah banget….

    Mohon dong penjelasannya.

  3. Yah benar, memang ide untuk mengembangkan startup adalah berasal dari masalah – masalah yang kita temui di sekitar kita.

    Terimakasih MaxManroe untuk artikelnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud