Anantarupa Studio, Meramu Kebudayaan Lokal Menjadi Konten Game Yang Menarik

Anantarupa Studio, Meramu Kebudayaan Lokal Menjadi Konten Game Yang Menarik

Anantarupa Studio
Image dari Gurita.id

Anantarupa Studio – Banyak pihak yang memperkirakan dalam beberapa tahun mendatang industri game di Indonesia masih mempunyai masa depan yang sangat cerah. Hal ini nampak dari semakin berkembangnya tidak hanya judul game namun juga developer #game lokal yang seakan tak mau kalah saing dengan kreator luar. Yang menarik adalah sebenarnya dari sisi kualitas, developer yang ditukangi oleh para anak negeri mempunyai kualitas yang tidak kalah mengesankan.

Kekuatan lain yang dimiliki oleh para developer Indonesia adalah, kekayaan budaya yang bisa dieksplor menjadi tema atau jalan cerita game. Selain itu dengan adanya dukungan perkembangan teknologi yang semakin maju di nusantara, mimpi untuk menjadi salah satu pabrik penghasil game kenamaan di dunia bisa saja disabet Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh digital entrepreneur bernama Ivan chen. Bersama perusahaan game yang ia buat yakni Anantarupa Studio, Ivan berusaha menghadirkan berbagai kebudayaan lokal menjadi salah satu bumbu pemanis dalam game besutannya. Informasi lengkap tentang kisah awal Ivan Chen mengembangkan bisnis perusahaan game, bisa rekan-rekan simak pada artikel di bawah ini.

Bangku Kuliah Melahirkan Ide Membuat Game

Pada tahun 1999, kalau itu Ivan masih menjalankan pendidikannya di Universitas Duta Wacana. Kala itu, pria yang sudah mempunyai ketertarikan tinggi terhadap desain dan juga game tersebut, mengikuti sebuah klub khusus di kampusnya yang fokus dalam pembuatan game. Dalam klub tersebut, Ia mendapatkan banyak sekali inspirasi yang akhirnya memotivasi dirinya untuk tekun menggarap sektor tersebut.

Bahkan untuk mendukung hobinya tersebut ia juga pernah mengikuti pelatihan pembuatan game di luar kegiatan kampus. Meski sempat beralih minat pada bidang filemaker, akhirnya Ivan tetap kepincut dengan industri game dan kembali menekuninya di tahun 2009. Dari situ ia mulai mengumpulkan tenaga, konsep dan juga rekan kerja untuk membangun sebuah studio pembuatan game.

Artikel lain: Touchten Games ~ Pernah Di-bully, Studio Game Ini Menjawab Dengan Prestasi

Mengembangkan Developer Game Anantarupa Studio

Melalui proyek yang digarap bersama beberapa rekannya, Ivan Chen kemudian mengambil nama Anantarupa Studio sebagai panji bisnis developer gamenya. Nama Anantarupa diambil dari salah satu judul karangan pengarang tenar Joseph Campbell  yakni “The Hero With Tousand Faces”. Anantarupa sendiri dapat diartikan mempunyai banyak wajah seribu wajah.

Filosofi yang terkandung di dalamnya, Ivan berharap perusahaan game yang ia dirikan tersebut bisa menjadi identitas bisnis yang tidak hanya bertahan untuk mengembangkan dari sisi finansial namun juga dalam sisi lain seperti nilai yang terkandung dalam game karyanya.

Majapahit Online Sebagai Game Perdana

Setelah semua konsep dikumpulkan, anantarupa mulai mengerjakan sebuah game pertama yang menjadi karya perdana developer tersebut. Game Majapahit online akhirnya berhasil dirampungkan dan mulai dirilis bagi para pecinta game lokal pada tahun 2011. Mengambil tema peperangan ratusan tahun yang lalu, game berbasis online yang satu ini menawarkan ciri khas yang sangat kental aroma Indonesianya.

Selain itu yang ingin ikut dibawa oleh Ivan dalam game Majapahit online, yakni membangkitkan kembali nama besar Indonesia lewat Kerajaan Majapahit yang dulu pernah menjadi salah satu peradaban paling maju di wilayah Asia. Dengan pesan tersebut, ia bersama tim berharap bisa mengembalikan masa kejayaan tersebut lewat kreativitas dan prestasi kaum muda saat ini.

Baca juga: Nightspade ~ Developer Game dengan Segudang Prestasi Asal Tanah Pasundan

Memenangkan Penghargaan

Salah satu bukti dari kualitas studio game Anantarupa yang didirikan oleh Ivan Chen adalah berhasil masuk nominasi kompetisi khusus game yakni INAICTA 2011. Selain itu lewat game Majapahit online, Anantarupa Studio juga mendapatkan penghargaan Merit Award dalam kategori digital content. Setahun berselang lewat karya berjudul Boma Naraka Sura, #developer game yang bermarkas di Ibukota Jakarta tersebut berhasil menyabet juara satu pada perhelatan Increfest 2012.

Sebagai seorang entrepreneur, Ivan tentunya masih mempunyai segudang visi yang ingin diwujudkan dalam waktu waktu mendatang. Salah satunya yakni membuat dan mempelopori teknologi EA berbasis budaya. Ia sangat yakni bahwa budaya Indonesia merupakan salah satu kekuatan dan sumber daya yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam berbagai ranah, termasuk dalam industri bisnis game.

Saat ini selain ke Majapahit online, Anantarupa Studio juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak profesional serta membuat beberapa judul game lain seperti Oriinokards, Majapahit Satria Saga, Grande X Machina serta Animal Rescue.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan