Touchten Games ~ Pernah Di-bully, Studio Game Ini Menjawab Dengan Prestasi

Touchten Games

Memulai bisnis memang butuh persiapan dan perencanaan yang matang. Tapi terkadang persiapan tersebut hanya bisa jadi sekedar wacana bila tak kunjung diwujudkan secepatnya. Butuh tekad dan keberanian yang boleh dibilang nekat untuk memulai bisnis yang kita impikan.

Salah satu kesuksesan bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion dan modal “nekat” yang cerdas adalah kesuksesan yang sudah diraih oleh Touchten Games. Siapa yang tidak mengenal #startup developer game Indonesia yang berhasil merajai top app di Android dan App Store ini. Simak kisah suksesnya untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi bisnis sekarang juga!

Ide Kakak Beradik

Touchten Games awalnya bukan didirikan sebagai bisnis besar yang begitu serius. Touchten digawangi oleh Anton dan Rokimas Suharyo, kakak beradik yang sedang melanjutkan studi di Jepang. Kala itu Anton dan Rokimas ingin mencari tambahan penghasilan di sela-sela kegiatan kuliah. Akhirnya kakak beradik tersebut memanfaatkan hadiah yang diberikan sang ayah untuk mulai merintis bisnis.

Bersama dengan sang sepupu, Dede Indrapurna, kakak beradik tersebut kemudian sepakat untuk mendirikan Touchten Games. Pemilihan nama Touchten sendiri terinspirasi dari kata touch yang merupakan konsep #smartphone dengan layar sentuh sebagai media game yang mereka kembangkan. Sedangkan kata ten berarti langit dalam bahasa Jepang.

Jadi, nama Touchten juga bisa menjadi filosofi untuk bermimpi setinggi langit dan menggapai mimpi tersebut.

Artikel lain: Nightspade ~ Developer Game dengan Segudang Prestasi Asal Tanah Pasundan

Keberhasilan Pertama Touchten Games

Perjalanan Touchten Games sebagai studio game yang baru dirintis bukan tanpa halangan yang besar. Karena tidak memiliki latar belakang ilmu komputer, Anton bahkan sempat kesulitan dalam membuat game pertamanya. Namun akhirnya game pertama Touchten Games yang diberi judul Sushi Chain berhasil dirilis pada tahun 2009.

Tak disangka, Sushi Chain mampu menempati peringkat 25 top overall free App di App Store US. Game pertama besutan Touchten Games ini juga pernah menempati urutan pertama pada kategori game RPG dan Adventure.

Prestasi Touchten Games Sempat Diragukan

Kesuksesan yang kini berhasil diraih oleh Touchten Games bukan berlangsung tanpa halangan. Sebab prestasi studio #game yang satu ini juga sempat diragukan kala meluncurkan game berjudul Infinite Sky.

Pada tahun 2012, Infinite Sky berhasil menembus posisi top 10 free app di Itunes App Store. Hal tersebut bukannya menjadi kebanggaan namun justru menuai komentar negatif dari berbagai kalangan.




Touchten Games dianggap menggunakan trik pemasaran ilegal untuk meningkatkan jumlah unduhan secara pesat serta membuat review positif pada App Store. Thread mengenai Infinite Sky yang Anton buat juga sempat menjadi sasaran bully dari para pecinta game dan pengguna smartphone.

Terlepas dari semua pandangan negatif tersebut, Infinite Sky menjelma menjadi game paling sukses yang pernah dibuat oleh Touchten Games. Dengan mengusung nama Sky Beauty untuk pasar China, game tersebut berhasil meraih jumlah 100.000 kali unduh dalam waktu 1 minggu.

Arti Kesuksesan Bisnis Menurut Touchten Games

Anton Suharyo bertanggung jawab atas proses pemasaran semua game besutan Touchten Games. Menurut Anton, memulai startup seharusnya tidak berdasarkan orientasi profit tapi lebih kepada prospek di masa depan. Menganggap pembangunan startup seperti halnya menjalani kegiatan religi akan membuat kita tidak berorientasi pada uang.

Mulailah merintis startup bersama orang-orang yang memiliki satu visi. Setelah pencapaian berhasil dilakukan dengann baik, tentu saja kesuksesan dan uang akan datang seiring dengan keberhasilan tersebut. Perkembangan sebuah startup tidak harus diukur dengan materi, tapi juga bisa diukur dari nilai investasi yang ditanamkan pihak investor atau reputasi perusahaan yang semakin baik.

Baca juga: Qajoo, Startup Aplikasi Dongeng Dan Game Tradisional Asal Yogyakarta

Hingga tahun 2015 tercatat bahwa Touchten Games setidaknya sudah membuat lebih dari 20 games yang kerap menempati peringkat teratas dalam jajaran aplikasi di #Android dan Itunes. Pendapatan yang mencapai milyaran rupiah per bulan tidak membuat Touchten Games puas dan berhenti melakukan inovasi. Sebab inovasi adalah awal dari keberhasilan sebuah bisnis.

Sudah mencoba berbagai game besutan Touchten Games?

Yuk mari kita mencoba memainkan game seru berkualitas buatan anak negeri. Waktunya kita untuk bangga dengan buatan negeri sendiri yang tak kalah berkualitas dengan produk buatan negara lain.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud