9 Sikap Pebisnis Ini Akan Membantu Sukseskan Usaha Anda

Sikap-Pebisnis

Ketika menganalisis mengapa beberapa pebisnis berhasil menjalankan usaha sementara yang lain susah berkembang, salah satu alasan yang sering digunakan adalah “karena beberapa orang memang tidak memiliki “potongan” jadi bos”. Inilah yang harus diluruskan sebab pada kenyataannya semua orang memiliki titik awal, dan hampir semua pebisnis berpengalaman pasti menyatakan bahwa mereka belajar dan berubah banyak sejak pertama kali memulai.

Akan selalu ada ruang untuk meningkatkan kemampuan berbisnis asalkan mau belajar. Anda tentu dapat memulainya dari mana saja sesuka hati, salah satunya dengan meningkatkan kualitas diri yang dilakukan dengan memaksimalkan karakter berbisnis yang telah dimiliki. Namun hal itu belum cukup karena masih banyak sikap pebisnis sukses yang mungkin belum ada dalam diri Anda sehingga perlu dipelajari lebih lanjut.

Sebelum benar-benar siap belajar, Anda tentu harus mengetahui sikap berbisnis sukses yang wajib dimiliki seorang pengusaha terlebih dahulu. Untuk itu, tim Maxmanroe telah menyiapkan ulasan lengkap untuk Anda:

Artikel lain: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

1. Kerelaan Untuk Bekerja Lebih

Anda adalah orang yang bertanggungjawab terhadap segala hal yang dilakukan oleh karyawan, mulai dari mendistribusikan pekerjaan hingga menjamin kenyamanan kantor. Anda juga yang nantinya berhadapan dengan konsumen jika ada yang tidak beres dengan produk maupun layanan. Atas alasan ini, seorang pebisnis sukses harus mau bekerja lebih lama dan lebih berat demi kesuksesan usaha yang dijalankan.

2. Kemampuan Beradaptasi dan Menyesuaikan

Tidak semua hal selalu berjalan sesuai rencana, bahkan seringkali meleset dari perkiraan. Seorang pebisnis sukses harus mampu beradaptasi dengan perubahan tiba-tiba yang terjadi dalam pasar. Anda juga harus dapat menyesuaikan perubahan keadaan, bahkan siap membuat rencana B, rencana C, maupun rencana yang lain dengan cepat serta cermat.




3. Rajin dan Ulet

Dua sikap ini sebenarnya saling terikat satu sama lain, yang mana rajin diartikan sebagai keinginan untuk berkerja keras sementara ulet adalah kemauan untuk menyelesaikan segala tanggung jawab yang dipikul meskipun sulit. Kedua karakter ini sangat dibutuhkan kehadirannya karena kerajinan tanpa keuletan membuat Anda susah memenangkan persaingan, sementara keuletan tanpa kerajinan akan berujung pada kerja keras yang tidak membuat pintar.

4. Kreativitas dan Inovasi

Solusi masalah bisnis tidak selalu mudah, jelas, dan gampang diimplentasikan. Anda seringkali harus berpikir out of the box dan membuat manuver kreatif untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan. Pebisnis inovatif adalah pemimpin bagi sebuah industri yang mampu menawarkan produk maupun servis kratif untuk memenuhi kebutuhan setiap target konsumen.

Artikel lain: Punya Karyawan Berjiwa Intrapreneur? Jangan Sia-siakan!

5. Memiliki Kemauan Belajar dan Kemampuan Menganalisa

Tidak ada seorang pun yang tahu segala hal ketika baru memulai sebuah bisnis, sehingga kemauan belajar dan kemampuan menganalisa arah pasar merupakan sikap yang harus dimiliki seorang pebisnis sukses. Percayalah, memiliki dua kemampuan ini akan mampu membuat Anda bertahan dan memenangkan hati pelanggan.

6. Kemampuan Mengobservasi

Bukan hanya menganalisa pasar, Anda juga harus mampu mengobservasi kinerja dan kelakuan karyawan. Mengetahui performa seseorang penting dilakukan agar Anda dapat segera memutuskan langkah lebih lanjut yang harus dilakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan.




7. Keinginan Berkompetisi

Akan selalu ada kompetisi dalam dunia industri, dan Anda akan kalah bersaing jika tidak memiliki jiwa kompetitif. Sikap ini sangat perlu dimiliki karena akan membuat Anda terpacu untuk lebih produktif menyediakan produk dan jasa bagi para konsumen.

8. Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah faktor cukup penting yang diperlukan untuk membuat klien tertarik menggunakan layanan perusahaan sekaligus membuat atmosfir kerja karyawan tetap baik. Oleh karena itu seorang pemimpin yang baik harus easy going dan mampu berkomunikasi dengan lancar demi masa depan perusahaan lebih cerah.

Baca juga: Ini Dia 3 “Bahan” Sukses Berbisnis, Anda Sudah Memilikinya?

9. Baik dan Profesional

Kebaikan dan profesionalitas diperlukan dalam dunia usaha, terutama jika Anda berhadapan dengan karyawan bermasalah maupun klien cukup sulit. Memiliki sikap baik dan profesional akan membuat Anda memperlakukan orang dengan baik, sehingga siapapun yang berhadapan akan merasa dihargai sehingga mudah luluh.

Itulah beberapa sikap pebisnis profesional yang harus dimiliki demi kesuksesan usaha Anda. Tentu saja karakter tersebut tidak akan bisa didapatkan secara instan, melainkan dengan kesabaran dan usaha yang terus-menerus. Jika telah berhasil menanamkan karakter tersebut dalam diri sendiri, maka Anda dijamin dapat menjalankan usaha dengan lebih baik.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Agan Out Bound di Bandung..saya bantu sdikit mmbrikan masukan jika diperkenankan. Memang benar sekali ada banyak pebisnis yang kurang tanggap terhadap perkataan orang lain, sehingga mempengaruhi juga responnya terhadap customer/kliennya sendiri. Ini sebenarnya sangat mempengaruhi image/reputation dari pebisnis itu sendiri sehingga usahanya akan mengalami banyak hambatan dalam berkembang dikarenakan customer trust dan tingkat kepuasan terhadap respon dan ketanggapan atas bisnis yang dijalankan cenderung menurun. Kondisi ini tentu saja berbeda jika pebisnis mau belajar utk lebih tanggap, lebih fast response dan lebih mengutamakan human relationship sebagai salah satu kunci keberhasilan bisnis. Memberikan penghargaan kepada org lain seperti halnya pebisnis ingin dihargai, bernegosiasi dengan baik tanpa harus mengurangi kenyamanan dari customer dan meminta maaf tanpa harus gengsi ketika menyadari kesalahan yang diperbuat baik scara sepele maupun serius terhadap orang lain akan menjadi penguat karakter pebisnis sehingga pebisnis akan disukai oleh banyak orang. Ini akan menambah business value dan orang lain tanpa ragu akan merekomendasikan bisnis yang dirasanya membuatnya nyaman sebagai customer/klien.

    Sangat penting dan tdk bisa dianggap remeh ketanggapan terhadap orang lain dalam hal berbisnis. Selain solusi diatas untuk bisa lebih responsif, 5 tips berikut ini juga akan sangat membantu dalam meningkatkan ketanggapan yang baik. Pertama, mengurangi secara drastis rasa sensitif dan perasaan cepat jengkel/kesal terhadap orang lain. Selalu berpikir efek positif yang ditimbulkan scara bisnis jika kita terus menjaga hubungan baik dgn seseorang dalam hal berbisnis. Kedua, tdk menunda2 dalam memberikan pelayanan bisnis, jikapun banyak customer/klien, selalu buat list prioritas bahwa semua dipastikan akan mendapatkan pelayanan yg maksimal. Hal ini sangat memungkinkan jika manajemen skala prioritasnya dikelola dgn baik. Ketiga, tidak menyepelekan org lain yg akan menjadi calon customer/klien di msa yg akan mndatang. Artinya tdk membeda2kan org lain dan selalu memberikan prioritas terbaik kepada siapapun dan dr kalangan/latar belakang manapun tanpa pandang bulu. Krn promosi dr mulut ke mulut dr org/calon pelanggan latar belakang manapun akan sangat berefek kepada pebisnis. Hal ini tdk bisa dianggap sepele sama sekali. Keempat, belajar utk lebih komunikatif dan hindari kecenderungan terlalu to the point, tapi bangunlah komunikasi yg baik walau calon pelanggan hanya mengetes dan iseng terhadap pebisnis, tapi selalu tetap berpikir positif krn kemungkinan kedepannya tipe org seperti itu akan kembali kepada pebisnis dgn lebih serius masih sangat mungkin. Jdi jgn pernah merasa buang2 waktu terhadap tipe org seperti ini. Dan yg terakhir, apa yg sy sampaikan disini, prakteknya tdk semudah yg ditulis, tapi akan menjadi semakin sulit jika tdk segera dipraktekan. Mungkin tdk akan segera mendapatkan hasil yg proporsional krn semuanya mmg butuh proses, tapi dgn terus mencoba dan menjadikan setiap prosesnya pembelajaran, maka akan dapat dipastikan kedepannya gelar pebisnis yang tanggap, fast response, ramah dan profesional akan melekat pada kita. Semoga tips yang biasa ini bermanfaat.:)

  2. Terkadang ada pembisnis tetapi kurang tanggap terhadap perkataan orang lain itu bagaimana ya gan mohon tanggapannya
    Artikelnya sangat menarik

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud