Ini Dia 3 “Bahan” Sukses Berbisnis, Anda Sudah Memilikinya?

Sukses-Berbisnis

Memutuskan untuk memulai sebuah bisnis selalu menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Bagaimana tidak, Anda memiliki banyak kesempatan mengaplikasikan pengetahuan dan keinginan namun disisi lain seorang pebisnis tetap harus berjuang mempertahankan diri di tengah persaingan dunia industri.

Memiliki sebuah badan usaha pada dasarnya tidak cukup dengan modal yang kuat sebab sebenarnya ada tiga pilar utama yang dibutuhkan. Jika penasaran dengan 3 kunci sukses berbisnis sejak awal, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Passion

Passion (renjana) merupakan kombinasi antara kecintaan, perasaan, dan hasrat yang tergabung menjadi satu dalam diri individu. Passion dalam dunia bisnis diibaratkan sebagai “kemudi”, ambisi, dan cinta terhadap apa yang sedang dijalankan dan siapa yang sedang dilayani.

Keberadaan sikap tersebut membuat seseorang mampu melihat apa yang orang lain tidak bisa lihat. Sebagai contoh, Steve Jobs dari Apple memiliki visi tentang sebuah perangkat telekomunikasi dengan satu tombol di tengah sementaa Jeff Bezos dari Amazon memiliki pandangan khusus mengenai sebuah toko yang dapat menjual semua hal.

Setiap pebisnis – baik pemula maupun yang telah berpengalaman- wajib memiliki passion sebab hal inilah yang akan membuat usaha berkembang. Passion yang nantinya akan membuat Anda bertahan ketika badan usaha tertimpa masalah.

Luangkan waktu sejenak dan bertanyalah, apa passion Anda sebenarnya? Hal menarik apa yang membuat Anda memutuskan untuk memulai usaha ini? Dari pertanyaan sederhana macam itu Anda akan menemukan alasan sebenarnya dibalik keputusan mengusahakan sebuah peluang bisnis.

Tak hanya sekadar berapi-api di awal mendirikan usaha, Anda harus terus menjaga agar bara passion itu tak pernah padam. Jangan pernah lupa mengingatkan diri sendiri mengenai alasan memulai bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah menyerah dan terus termotivasi mengembangkan sayap bisnis selebar-lebarnya.

Artikel lain: Belajar Menjadi Wirausahawan yang Baik

2. Kebebasan

Kebebasan dalam ranah ini diartikan sebagai kemampuan menggunakan waktu dan uang yang dimiliki secara bijak dan seimbang. Kebebasan finansial tidak hanya memungkinkan Anda mengembangkan bisnis dan membayar pegawai, namun juga memberikan keluarga serta orang-orang tercinta kualitas hidup yang Anda inginkan.

3. Pengaruh

Pengaruh haruslah menjadi salah satu inti bisnis yang Anda kembangkan. Mungkin Anda berpikir bahwa sebuah bisnis harus mampu memberikan keuntungan besar terlebih dahuu sebelum mampu berpengaruh pada orang lain, namun hal ini sebenarnya merupakan pikiran keliru. Jangan menunggu, tapi mulailah dari sekarang.

Pastikan Anda berpikir sejak awal bahawa bisnis yang dikembangkan mampu memberi dan menolong kehidupan orang lain. Jika ini yang ada dalam pikiran sejak hari pertama membuka usaha, maka Anda akan selalu terpacu untuk membuat “perubahan” pada diri konsumen. Jadikan “pengaruh” sebagai salah satu visi perusahaan, dan teruslah mengembangkan sayap usaha dengan berpegangan pada hal tersebut.

Passion, kebebasan, dan pengaruh bukanlah hal yang berdiri sendiri – mereka bekerja sama untuk mencapai perkembangan bisnis maksimal. Tanpa passion, Anda tidak akan memiliki kebebasan yang diinginkan dan kekuatan untuk membuat perubahan.

Tanpa kebebasan, Anda tidak akan pernah berpengaruh pada orang lain dan passion terbuang sia-sia. Selanjutnya, tanpa membuat pengaruh bagi pelanggan maka Anda tidak akan mampu merasakan pengalaman menjadi entrepreneur dan tidak akan pernah mampu memenuhi passion yang dimiliki.




Maka sekarang berhentilah sejenak dan luangkan waktu untuk menemukan passion Anda dalam menjalankan bisnis dan apa makna kebebasan yang diinginkan. Selanjutnya, berpikirlah mengenai pengaruh apa yang mampu diberikan pada orang lain sejalan dengan perkembangan bisnis tersebut.

Selain memikirkan ketiga bahan sukses untuk pebisnis pemula ini, jangan lupa untuk tetap mempertimbangkan tahapan kesuksesan yang diinginkan. Tentu saja, kesukesan tersebut haruslah diukur berdasarkan passion yang dimiliki dan ambisi dalam beberapa periode ke depan.

Baca juga: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

Nanti setelah Anda berhasil tumbuh menjadi pribadi profesional dan bisnis berkembang cukup pesat, jangan biarkan tiga hal itu tertelan oleh waktu dan terlupakan. Selalu luangkan waktu secara periodik untuk mengevaluasi tiga bahan rahasia tersebut dan pastikan ketiganya berjalan seimbang dan harmonis menuju visi Anda tentang tahapan sukses berbisnis. Selamat mencoba.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya yang belum punya adalah pengaruh
    masih baru merintis minta doanya pak..

    makasih sudah berbagi inspirasi ^_^

  2. Passion > sudah punya = 33%
    Kebebasan > ndak punya (punya kesibukan di dunia offline) = 0%
    Pengaruh > Masih mencoba.. = 17%
    Total score = 50%
    Hadewh…
    Ada saran mas ?

  3. Terimakasih sudah berbagi pengalaman yang sangat berharga ini, salam sukses selalu

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud