8 Tips untuk Mendatangkan Keuntungan dari Bisnis Kreatif

menjalankan bisnis kreatif

Saat ini bisnis yang mengandalkan kreativitas memang sangat populer. Bukti nyata adanya perkembangan bisnis kreatif adalah munculnya beberapa profesi baru di dunia profesional seperti tim kreatif, desainer, programer, #blogger dan lain sebagainya. Dengan merebaknya bisnis dan layanan kreatif ini tentu menandakan bahwa kreativitas bisa mendatangkan peluang dan keuntungan.

Namun untuk bisa mendatangkan laba dan uang, seseorang harus mengerti seluk beluk dari bisnis dan layanan kreatif ini. Untuk itulah ada beberapa tips yang perlu dijalankan agar bisnis dan layanan kreatif ini bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan.

1. Lakukan Hal yang Anda Cintai

Tips pertama untuk mendatangkan uang dari bisnis dan layanan kreatif adalah melakukan hal yang Anda cintai. Ya, sesuatu yang disukai atau dicintai memang akan membuat seseorang akan terpacu dengan sendirinya untuk membuat hal yang optimal dan maksimal. Apalagi jika sesuatu yang disukai itu juga merupakan passion (bagian dari jiwa) dirinya, maka bisnis dan layanan kreatif yang dijalankan akan semakin berpeluang untuk dikerjakan secara sepenuh hati dan maksimal.

Artikel lain: Tips Ringan Menggali Ide Kreatif dan Inovatif Dalam Dunia Bisnis

2. Pilih Industri yang Sedang Bertumbuh

Tentu saja untuk mendapatkan hasil dan keuntungan Anda perlu memilih bisnis yang banyak mendatangkan pembeli. Dan satu-satunya cara untuk menetapkan hal ini adalah dengan memilih industri yang sedang bertumbuh. Cobalah untuk menyelaraskan sesuatu yang Anda cintai dengan industri yang sedang tumbuh dan berkembang agar Anda bisa mendatangkan keuntungan yang besar dari bisnis dan layanan kreatif tersebut.




3. Networking

Jaringan atau networking memang sangat penting bagi bisnis apapun termasuk bisnis dan layanan kreatif. Maka dari itu bagi Anda yang ingin sukses di industri kreatif ini maka mau tak mau Anda harus mampu menciptakan networking yang besar dan luas. Semakin besar jaringan yang bisa diciptakan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan keuntungan dari bisnis yang layanan kreatif ini.

4. Membuat Kontrak

Untuk mendapatkan konsumen yang banyak tentu Anda harus bisa bersikap profesional. Sikap profesional ini akan tercermin juga dari surat kontrak yang Anda buat untuk bisnis Anda. Jadi pastikan Anda untuk membuat kontrak dalam menjalankan kesepakatan apapun dengan klien atau mitra usaha Anda.

5. Berikan Kualitas Terbaik

Agar klien dan konsumen bisa percaya pada Anda tentu hasil dari bisnis merupakan hal yang perlu dikedepankan. Maka jangan coba-coba untuk memberikan kualitas yang setengah-setengah jika tak ingin bisnis Anda gagal. Lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, karena dengan kualitas kerja dan layanan inilah Anda bisa menjalankan bisnis kreatif ini dengan lebih sukses.

6. Dapatkan Re-curring Client

Re-curring client yaitu mereka-mereka yang puas dengan layanan Anda dan datang untuk melakukan pembelian kedua dan ketiga. Ini tentu akan lebih menguntungkan daripada Anda mencari klien baru. Mencari klien baru memang baik, namun terus menerus mencari klien baru akan membuat pertumbuhan bisnis Anda sangat sulit. Maka perbanyaklah re-curring client, karena dengan adanya re-curring client Anda akan lebih mudah untuk melipat gandakan profit.

7. Under Promise, Over Deliver




Sebuah bisnis yang melayani klien dengan sepenuh hati dan bahkan melebihi apa yang diharapkan klien tentu akan lebih terlihat maju dari bisnis yang lain. Ya, pelayanan yang demikian memang yang sangat diminati dan disukai para konsumen. Anda tidak akan bisa menarik konsumen untuk membeli produk Anda lagi jika Anda tak melakukan pelayanan yang lebih dan bahkan melebihi ekspektasi klien.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Memilih Menjalankan Bisnis Online

8. Jangan Mengambil Untung Terlalu Besar

Terakhir, tips untuk mendatangkan uang dari bisnis dan layanan kreatif adalah dengan tidak mengambil untung yang terlalu besar pada saat mulai merintis bisnis ini. Daripada mendapatkan untung yang besar tapi tidak berkelanjutan, lebih baik merintis bisnis yang dimulai dari untung yang biasa namun berkelanjutan dan berkembang.

Pada tahap perintisan ini Anda memang diharapkan untuk bersikap wajar dan sabar. Anda harus bisa membangun kepercayaan konsumen terlebih dahulu daripada berfokus mencari keuntungan besar yang sesaat. Dengan perjalanan bisnis yang demikian, maka Anda akan mampu membuat perjalanan bisnis kreatif yang langgeng dan abadi untuk ke depannya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud