7 Alasan Mengapa Memilih Menjalankan Bisnis Online

7 Alasan Mengapa Memilih Menjalankan Bisnis Online

Image dari Gentleninja.com
Image dari Gentleninja.com

Menjadi wirausahawan merupakan suatu cita-cita bagi sebagian orang, namun tak sedikit yang pesimis untuk menjalankanya karna beberapa alasan-alasan mainstream seperti tak punya cukup modal, tidak punya keahlian, tidak punya koneksi atau banyak kenalan dan alasan-alasan lain yang sebenarnya tidak perlu menjadi batu penghalang untuk kita sukses menjalankan bisnis.

Tak di pungkiri, alasan-alasan tersebut memang mejadi salah satu modal untuk kita menjalankan sebuah bisnis. Namun bagaimana jika anda tidak memiliki salah satu dari contoh alasan di atas? Jawabannya adalah dengan memulai #bisnis online.

Sejatinya sama saja dengan halnya bisnis real seperti biasa, namun di sini kita hanya membutuhkan suatu koneksi internet yang mampu menghubungkan kita pada orang lain dan tentunya kreatifitas untuk menjalankannya.  Nah, lebih dalam berikut ini adalah 10 alasan mengapa seseorang memilih untuk memulai bisnis online. Semoga bisa menginspirasi.

1. Fakta Pengguna Internet Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna #internet terbesar di dunia. Faktanya pada tahun 2014 jumlah pengguna internet mencapai 71 juta jiwa, dan mengalami peningkatan sebesar 34,9 persen di tahun 2015. Maka jumlah pengguna internet pada tahun 2015 diperkirakan mencapai 88,1 juta jiwa. Fakta lain yang di kutip dari www.rwpbsd.com ini menyatakan rata-rata orang menggunakan internet selama 5 jam, 75% menggunakan media sosial dan dari jumlah rata-rata pengguna internet 58,4% berusia 12 sampai 34 tahun.

Dari fakta di atas kita dapat menyimpulkan bahwa target pasar usia produktif semakin meningkat dengan sebagian besar mengakses #media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Jika kita jeli melihat peluang, tentunya fakta di atas adalah alasan kita untuk menjalankan bisnis online.

Artikel lain: 6 Alasan Mengapa Peluang Bisnis Online Cocok Sebagai Usaha Sampingan

2. Target Pasar yang Luas

Dengan bantuan jaringan internet, anda dapat berkomunikasi dengan orang lain di luar kota, luar pulau, dan bahkan sampai keluar negeri. Luasnya jangkauan berkomunikasi ini memungkinkan anda untuk menjual produk lebih banyak lagi.

Target yang anda bidik akan lebih luas. Dengan hal ini anda akan mampu menjual produk anda ke seluruh wilayah di indonesia bahkan mancanegara hanya dengan bantuan koneksi internet, smartphone ataupun komputer tanpa harus keluar rumah.

3. Mudah dan Fleksibel

Memang sejatinya berbisnis atau berwirausaha bukanlah sesuatu yang mudah, semuanya memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Tapi seiring perkembangan zaman dan #teknologi, berbisnispun akan semakin lebih mudah dan fleksibel.

Dengan menjalanakan bisnis online anda bisa membuka toko anda selama 24 jam non stop, dan tidak menuntut anda untuk ahli di bidang online karena sistem yang akan membantu anda mengelola bisnis anda. Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan pergi ke toko untuk melayani pelanggan, cukup dengan #smartphone anda akan menerima notifikasi yang akan memberitahukan jika ada pesanan dari pembeli.

4. Produk Mudah Dikenal

Dengan adanya internet, produk anda akan lebih mudah untuk dikenal dan diketahui oleh semua pengguna internet. Terlebih jika anda aktif di berbagai media sosial, media #komunitas atau forum jual beli, pastinya merket anda akan cenderung meningkat dengan signifikan.

Promosikan produk secara konsisten atau berkala di berbagai media tadi untuk meningkatkan kepopuleran produk anda agar semakin banyak yang mengenal produk anda, hal ini akan membuat konsumen anda bertambah.

5. Tidak Bergantung Pada Situasi dan Cuaca

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis online adalah karena tidak bergantung pada situasi dan cuaca. Penjual tidak harus menutup tokonya karena situasi tertentu contohnya pada saat terjadi banjir atau bencana alama lainnya, dan pembeli tidak perlu risau untuk datang bermacet-macetan ke toko anda atau di karenakan hujan dan tidak jadi mengunjungi toko anda.

Dengan internet, dalam situasi dan cuaca yang buruk anda akan tetap dapat melakukan transaksi penjualan dengan pembeli.

6. Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Tidak dipungkiri, beberapa bulan ke belakang ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang lesu. Hal ini menimbulkan investor asing memutuskan untuk tidak menanamkan modalnya di Indonesia, dampaknya pengangguran semakin meningkat.

Dengan membuka bisnis online sekarang juga, anda dapat merekrut sebagian orang untuk bergabung mengembangkan bisnis anda, secara tidak langsung anda turut berpartisipasi menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia dan membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan finansialnya.

7. Relatif Praktis Dalam Hal Sarana Prasarana

Berbisnis terbilang kegiatan yang sedikit rumit, memerlukan skills dan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti harus menyewa gedung atau kantor sendiri, membutuhkan konsultan pajak agar anda tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pajak setiap tahunnya.

Tapi lain hal dengan bisnis online, anda cukup mengeluarkan biaya yang terjangkau untuk membuat hal tadi menjadi lebih praktis. Contohnya anda cukup mengganti toko real yang membutuhkan banyak biaya tadi dengan membuat sebuah website atau #toko online.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Bisnis Online Bisa Menjadi Sebuah Investasi

Memang bagi sebagian orang membuat toko online sendiri sangat sulit karena memerlukan beberapa kemampuan teknik informatika yang baik. Namun hal ini tidak perlu anda risaukan, anda cukup menyewa seorang ahli website untuk membuatkan anda sebuah website atau toko online, biaya yang di keluarkan tentu masih jauh lebih terjangkau jika di bandingkan anda harus menyewa gedung sendiri.

Sekian sharing bisnis yang dapat kami bagikan bagi anda yang ingin memulai bisnis online. Semoga dapat menjadi referensi untuk menentukan pilihan anda dalam berbisnis.

1 KOMENTAR

  1. Pengguna internet dan target pasar yang luas, saya juga seperti itu alsannya, artikel bagus, membuat lebih yakin menjalankan bisnis online ini menjanjikan.

Tinggalkan Balasan