Tips Ringan Menggali Ide Kreatif dan Inovatif Dalam Dunia Bisnis

menggali ide

Menjadi seseorang dengan cara berpikir kreatif dan inovatif dalam dunia bisnis adalah mutlak diperlukan. Jika Anda tidak mampu berpikir kreatif dan inovatif, cepat atau lambat para pesaing Anda akan dengan mudah menggilas roda bisnis Anda. Tidak mudah memang untuk menjadi seorang dengan ide – ide cemerlang disertai dengan kreasi dan inovasi tanpa henti.

Seringkali gagasan bagus akan mudah muncul dan itu bisa menyelesaikan sebagian kecil dari masalah bisnis Anda. Namun ide besar dan hebat justru sebaliknya, karena hanya sesekali saja bisa muncul itu pun kalau tidak segera dieksekusi akan lenyap ditelan kesibukan Anda sendiri.

Untuk menjadi seorang yang mempunyai gagasan yang kreatif dan cermat menggali ide bisa dilakukan dengan beberapa cara. Lalu bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk terus menggali ide – ide hebat dalam, silahkan simak beberapa tips ringan di bawah ini.

1. Observasi Tiada Henti

Berpikir cemerlang tidak akan muncul ketika Anda hanya berdiam diri saja. Proses menggali ide cemerlang akan timbul ketika otak mendapatkan banyak masukan dan stimulus yang bermacam – macam. Coba lakukan observasi terhadap apapun yang berada di sekitar Anda. Cukup dengan berjalan – jalan sekedar melihat lalu lalang orang di jalan juga sudah mencukupi, sekaligus untuk merefresh otak Anda.

Lakukan observasi dengan tempat atau lokasi yang berbeda, agar otak mendapatkan masukan yang berbeda sehingga memicu otak Anda untuk mengolah banyak bahan yang berbeda pula. Sehingga diharapkan bisa timbul ide – ide yang berbeda dan kreatif dari otak.




Artikel lain: 5 Teknik Jitu Membidik Ide dan Peluang Usaha

2. Perbanyak Teman Bergaul

Bergaul dengan banyak teman tentu sangat baik untuk mendapatkan stimulus kreatif pada otak. Teman yang banyak pasti memiliki banyak karakter juga. Teman baru yang Anda kenal tentu ingin lebih tahu tentang Anda, begitu juga sebaliknya.

Pertemuan Anda dengan teman baru, membuat Anda harus berpikir kembali untuk menjelaskan tentang Anda secara ringkas namun tetap jelas. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk mendapatkan gagasan – gagasan baru yang cemerlang.

3. Sering Membaca Buku dan Membuka Situs Bisnis

Membaca sejak dulu sampai sekarang memang banyak manfaatnya. Apalagi untuk Anda yang tengah mengelola sebuah bisnis. Semakin banyak membaca buku – buku bisnis akan membuat otak terstimulasi dengan baik. Membaca kisah sukses seorang pebisnis juga sangat bagus untuk otak agar selalu terinspirasi dalam menemukan inovasi dalam ide.

Selain itu untuk saat ini, Anda juga bisa sering – sering membuka situs bisnis di #internet untuk menggali ide. Di situ banyak ilmu dan inspirasi yang akan Anda dapatkan.




4. Rajin Membuat Catatan Kecil

Membuat catatan kecil setiap hari bisa meningkatkan daya kreasi seseorang. Sediakan buku kecil untuk sekedar menulis ide – ide sederhana. Terkadang ide hebat bermula dari beberapa ide sederhana. Untuk itu agar gagasan yang ada dalam otak Anda tidak menguap begitu saja ketika belum sempat dikerjakan, maka mencatat adalah sangat diperlukan.

Dari sekian banyak ide kecil yang muncul di otak Anda, tentu akan banyak kemungkinan timbul gagasan besar salah satunya. Ternyata menggali ide brilian tidak selalu sulit bukan.

5. Jangan Lupakan Olahraga

Meskipun tidak berkaitan langsung dengan bisnis yang Anda kelola, namun olahraga ringan bisa menyehatkan tubuh dan tentu saja otak juga. Ketika otak Anda sehat dan segar, ini akan memudahkan munculnya gagasan – gagasan baru yang menyegarkan.

Selain itu, olahraga juga sekaligus untuk menyegarkan otak agar tidak terlalu terforsir dalam urusan bisnis. Berolahraga secara rutin juga bisa melatih konsistensi Anda dalam melakukan sesuatu. Sekedar melakukan jogging atau bersepeda setiap akhir pekan sangat membantu Anda untuk mendapatkan ide yang cemerlang.

Baca juga: Beberapa Ide Bisnis di Tahun 2015 Yang Membutuhkan Kreativitas Tinggi

6. Lakukan Meditasi Dengan Benar

Gagasan kreatif tidak akan bisa muncul dalam keadaan otak dan jiwa yang kacau. Salah satu jalan untuk membuat jiwa Anda tentram adalah dengan bermeditasi. Menenangkan jiwa juga bisa Anda lakukan dengan beribadah. Beribadah dengan khusyu’ akan sangat menenangkan pikiran.

Ketika pikiran menjadi tenang dan jiwa tentram, ide biasanya akan muncul seperti gemricik air mengalir secara alamiah. Jangan selalu membebankan pikiran Anda dalam berbisnis. Justru kadang kita akan menemukan solusi bisnis yang cemerlang setelah kita melakukan meditasi atau beribadah. Ketenangan pikiran juga menentukan Anda dalam mengambil keputusan yang bijak.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud