8 Kesalahan yang Dapat Membuat Startup Anda Berhenti

8 Kesalahan yang Dapat Membuat Startup Anda Berhenti

Ilustrasi dari Google Image

Bagi mereka yang mendirikan sebuah startup, melakukan kesalahan adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, meskipun kita sudah bekerja dengan hati-hati pasti ada saja kesalahan yang terjadi, bahkan kesalahan tersebut tidak kita sadari. Meski kesalahan tersebut relatif kecil namun bukan berarti kesalahan tersebut tidak bisa membuat #startup Anda berhenti bahkan hancur lebur.

Pada dasarnya kesalahan yang sering terjadi yang dapat membuat startup Anda hancur hanyalah satu permasalahan. Permasalahan itu adalah Anda tidak membuat sebuah solusi buat problem yang dialami oleh para pengguna produk Anda. Dalam kesempatan kali ini Maxmanroe.com akan sedikit membahas mengenai beberapa kesalahan yang bisa membuat startup Anda berhentisilahkan simak baik-baik.

1. Memaksakan Diri Menjadi Single Fighter

Sebenarnya tidak ada salahnya jika sebuah startup memiliki seorang single fighter atau hanya hanya memiliki satu founder. Namun alangkah baiknya jika sebuah startup memiliki beberapa founder untuk memberikan power yang lebih besar agar bisa bertahan ketika startup tersebut mengalami sebuah hal yang buruk.

Dengan adanya beberapa founder pada sebuah startup maka akan memberikan kemampuan yang lebih besar untuk segera bangkit kembali dari keterpurukan itu. Sebagai founder Anda pasti akan memiliki sebuah pikiran bahwa Anda tidak akan membiarkan startup Anda jatuh.

Artikel lain: 7 Aturan Wajib Untuk Membangun Startup Yang Sukses




2. Memilih Lokasi Yang Buruk

Bagi sebagian entrepreneur, lokasi mungkin tidak terlalu penting. Namun sebenarnya lokasi juga bisa menentukan berhasil atau tidaknya sebuah startup. Apalagi bila lokasi tempat Anda mendirikan sebuah startup tidak memiliki fasilitas dan infrastruktur yang mendukung untuk startup Anda berkembang. Jadi carilah lokasi yang memiliki infrastruktur yang cukup.

3. Menarget Market Kecil

Banyak orang mengatakan memilih target pasar yang memiliki persaingan rendah akan memberikan keuntungan. Kebanyakan alasan untuk memilih market yang kecil adalah untuk menghindari persaingan yang besar. Bukan berarti memilih sebuah market kecil tidak akan memberikan Anda sebuah kendala.

Cobalah memilih target yang lebih besar lagi, setidaknya Anda dapat merasakan persaingan yang ketat dan hal tersebut akan memberikan pengalaman yang jauh lebih baik untuk Anda. Dan dengan persaingan yang besar juga akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk berfikir bagaimana menghadirkan sebuah inovasi-inovasi yang besar juga.

4. Merekrut Personil Yang buruk

Dalam membangun sebuah startup, kita harus benar-benar ketat dalam meng-hire seseorang untuk bergabung. Kesalahan dalam memilih personil yang buruk akan memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan startup Anda kedepannya.

5. Menggunakan Platform Yang salah

Platform untuk mengembangkan sebuah startup selalu menjadi perdebatan. Hal-hal seperti media, bahasa pemrograman hingga jenis teknologi apa yang akan digunakan menjadi hal penting dalam startup. Kesalahan seperti ini akan menimbulkan masalah teknis yang serius dan akan menimbulkan ketidak lancaran sebuah startup.




6. Terlambat atau Terlalu Cepat Launching

Menunda meluncurkan sebuah produk berarti anda memberikan sebuah kesempatan bagi kompetitor Anda, Janganlah berfikir terlalu rumit sehingga Anda harus menunda peluncuran. Mulailah berfikir efisien dan cepat. Menunda memang tidak baik namun meluncurkan terlalu cepat juga bukanlah hal yang baik. Jika anda terlalu cvepat meluncurkan lalu para pengguna tidak puas dengan produk Anda, maka yang anda dapatkan adalah sebuah Bad Reputation.

7. Terlalu Mengejar Keuntungan

Jangan lah terlalu mengejar keuntungan materi yang akan Anda dapatkan. Namun pikirkanlah kepuasan konsumen, dengan puasnya konsumen maka reputasi Anda akan naik dan hal tersebut dapat menjadikan startup Anda sebuah solusi bagi mereka dan akan terus digunakan dan tentunya membuat startup Anda terus berkembang.

Baca juga: 9 Bidang Komunikasi yang Wajib Dipahami Oleh Startup Bisnis

8. Perselisihan Antar Pendiri Startup

Beda pendapat boleh-boleh saja, namun jangan sampai terjadi perselisihan antar pendiri. Jika antar pendiri berselisih bukan tidak mungkin kinerja startup Anda akan menurun. Jadikanlah perbedaan menjadikan sebuah kelebihan yang akan membuat startup Anda memiliki karakter yang tidak mudah dilupakan oleh para konsumen.

Hal-hal diatas adalah sebuah kesalahan yang terkadang tidak kita sadari karena kita terlalu fokus hanya berfikir untuk bagaimana membuat startup kita besar tanpa harus berfikir hal-hal kecil yang sebenarnya harus lebih Anda perhatikan. Karena jika tidak, maka kesalahan kecil tersebut akan membuat startup anda berhenti dan hancur ditengah jalan jika anda tetap fokus hanya dengan masalah yang terlihat saja.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. saya pikir memang lebih bagus banyak founder , karena ide yang diberikan lebih beragam dan bisa saling instropeksi , dan dengan founder yang lebih banyak akan membuat perusahaan lebih cepat berkembang

  2. terimakasih atas informasi dan ilmunya yang bermanfaat, mengejar kentungan kadang jadi hal yang sangat menyengsarakan kalau kita hanya mengejar profit oriented dalam bekerja, ujung-ujungnya kita depres dan akhirnya gak lanjut lagi

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud