7 Aturan Wajib Untuk Membangun Startup Yang Sukses

7 Aturan Wajib Untuk Membangun Startup Yang Sukses

Membangun-Startup-Yang-Sukses

Startup merupakan tren bisnis terkini yang sedang melanda seluruh belahan dunia.Hampir semua orang berbondong-bondong membuat #startup. Namun sejatinya membuat sebuah startup itu tidak mudah, meski terlihatnya sangat mudah. Begitu banyak tantangan yang harus dihadapi.

Buat Anda yang ingin membuat sebuah startup sebaiknya Anda pikirkan baik-baik bagaimana membuat startup Anda berjalan dengan baik. Kali ini Maxmanroe.com mencoba menyampaikan pengamatan terhadap beberapa sikap dan aturan yang di adopsi oleh startups yang telah sukses, simak dengan baik.

1. Jangan Pernah Pekerjakan Seorang Berkarakter Buruk

Jangan pernah merekrut seseorang yang memiliki karakter tidak baik. Rekrutlah talenta-talenta terbaik untuk startup Anda. Dengan merekut talenta yang baik maka peluang kesuksesan yang akan startup Anda raih akan semakin besar. Selain itu sebuah startup harusmemiliki kultur untuk membangun lingkungan kerja yang menyenangkan, jadi idealnya semua startup haruslah merekrut talenta yang punya kompentensi bagus di bidangnya, sekaligus memiliki karakter yang baik.

Startup sukses tidak akan mengabaikan karakter seseorang hanya karena ia hebat di bidangnya. Untuk membangun tim kerja yang baik, dibutuhkan orang-orang dengan karakter baik pula. Startup Anda wajib punya aturan tegas terhadap segala bentuk kekerasan, termasuk kekerasan dalam bentuk verbal.

Artikel lain: 5 Ahli Yang Mutlak Anda Butuhkan Dalam Membangun Sebuah Startup

2. Jadikan Kompetitor Sebagai Ladang Ilmu

Kebanyakan startup hanya berfikir bagaimana membuat sebuah produk dan teknologi yang baik,namun untuk hal lainnya mereka terkesan menutup diri. Sebaiknya buka mata kepada kompetitor, atau startup dengan bisnis sejenis yang pernah ada sebelumnya.

Jangan hanya belajar dari kegagalan mereka, namun juga keberhasilan mereka. Pelajari konten mereka, kata kunci yang mereka gunakan, strategi akuisisi pelanggan, #strategi pemasaran mereka. Curi idenya lalu Anda modifikasi atau kembangkan lebih jauh lagi.

3. Junjung Tinggi Perbedaan dan Keberagaman dalam Tim

Startup haruslah dapat mengakomodir perbedaan, baik itu perbedaan etnis, agama, dan pemikiran. Namun jangan sampai perbedaan itu memecah belah tim Anda. Jadikan perbedaan tersebut menjadi sebuah ide menarik sehingga startup Anda akan berjalan tidak monoton.

Resep membangun tim yang hebat salah satunya dengan mempekerjakan profesional yang memiliki latar belakang dan cara berpikir yang berbeda. Lakukan hal ini sejak awal sehingga menjadi DNA startup Anda, termasuk di dalamnya dengan mempekerjakan perempuan.

4. Lakukan Pemutusan Hubungan Kerja Dengan Cepat

Memang terkesan tidak memberikan kesempatan terhadap seseorang yang membuat kesalahan. Namun harus Anda ketahui, ada saja orang-orang yang sebenarnya tidak cocok untuk startup Anda namun lolos proses perekrutan.

Ingat, sebagai seorang pelaku startup kesalahan adalah hal yang wajar yang penting adalah cara Anda melakukan perbaikan dengan cepat dan efektif. Semakin cepat Anda mengakui kesalahan, semakin cepat juga Anda akan menemukan formula untuk memperbaikinya dan tentunya membuat Anda lebih teliti lagi.

5. Jangan Bermimpi Memiliki Budaya Kerja Yang Berlebih

Memiliki tempat olahraga menarik, tempat hiburan menarik, makanan gratis sampai dengan cara kerja yang santai, mungkin itu semua terlihat menarik dan keren. Budaya kerja seperti itu pastinya akan menarik banyak talenta untuk ikut bergabung dengan Startup Anda. Namun pastikan Anda menerapkan semua hal tersebut bagian dari satu kesatuan perusahaan yang Anda bangun.

Beri penjabaran yang jelas tentang budaya kerja perusahaan yang ingin Anda bangun, lalu biarkan tim manajerial menuangkan ke dalam kebijakan yang baik. Beri keleluasaan masing-masing divisi menjalankan timnya dalam mencapai target. Anda cukup fokus dengan bisnis.

6. Pilihlah Personil yang Memiliki Kemampuan Spesifik dan Handal

Startup Anda ingin memperkerjakan karyawan seperti untuk bagian desain web, fotografi, konten, atau desain UI usahakan jangan merekrut dengan asal tapi benar-benar pertimbangkan kemampuan dan kepribadian mereka. Hal tersebut sangat penting untuk kemajuan Startup yang Anda bangun. Jangan sampai kesalahan pemilihan sumber daya manusia membuat startup Anda hancur.

Baca juga: Pentingnya 3 Budaya Kerja Untuk Membangun Sebuah Startup

7. Lakukan Pengujian Terhadap Seluruh Sistem

Jika Anda benar-benar mendirikan Startup maka anda harus siap bereksperimen dan menguji asumsi dan hipotesis awal. Buatlah semuanya bisa dicoba dan diuji, mulai dari harga produk hingga desain. Buat lah semuanya menjadi lebih baik dari hasil feed back yang Anda dapatkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan