9 Bidang Komunikasi yang Wajib Dipahami Oleh Startup Bisnis

9 Bidang Komunikasi yang Wajib Dipahami Oleh Startup Bisnis

startup bisnis

Manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa menjalankan hidup tanpa berhubungan dengan orang lain. Dengan alasan tersebut, komunikasi menjadi prinsip dasar yang paling penting dalam menjalankan kehidupan, termasuk menjalankan bisnis.

Konsep startup bisnis yang modern juga membutuhkan pengelolaan bidang komunikasi yang baik supaya bisa mencapai target perkembangan yang diinginkan. Setidaknya ada 9 bidang komunikasi yang patut dipahami dan dijalankan secara efektif oleh para pelaku #startup bisnis.

Apa saja bidang komunikasi yang membantu kesuksesan perkembangan startup?

1. Membuat Branding yang Tepat

Branding bisnis menjadi salah satu bentuk identitas atau ciri khas bagi startup yang kita jalankan. Branding yang dimaksud mencakup berbagai hal seperti pemilihan logo, tagline, nama bisnis serta berbagai identitas lainnya yang mencirikan keunikan startup.

Buatlah branding yang sifatnya unik, tidak lekang dimakan zaman, mudah diingat dan mencerminkan sikap bisnis yang profesional.

Artikel lain: Tips Jitu Membangun Brand Besar Mulai Dari Bawah

2. Dukungan Teknik Pemasaran

Yang dimaksud dengan dukungan teknik pemasaran adalah sejumlah atribut yang membantu proses pemasaran seperti kartu nama, brosur, kemasan produk, tanda tangan toko dan atribut lainnya. Atribut pemasaran yang digunakan suatu startup harus memiliki korelasi yang kuat dengan branding yang diusung oleh startup tersebut.

3. Saluran Kontak yang Mudah Dijangkau

Mungkin kita butuh segmentasi untuk mengelompokkan para pelanggan atau pihak lain yang terlibat dengan startup kita berdasarkan saluran kontak. Tentu saja ada pihak yang menyukai hubungan via telepon, fax, email, surat resmi atau sejumlah saluran kontak lainnya.

Apapun saluran kontak yang kita gunakan, pastikan saluran kontak tersebut mudah dihubungi dan selalu terintegrasi dengan startup setiap hari.

4. Membuat Email untuk Startup Bisnis

Bicara soal saluran kontak rasanya tentu tidak lengkap bila kita tidak membahas tentang #email. Menggunakan domain email khusus akan mencirikan budaya startup yang profesional. Misalnya saja, email seperti [email protected] tentu terasa lebih profesional dan mengesankan daripada domain email biasa seperti [email protected]

Disamping itu, pemilihan jenis huruf, tanda tangan digital dan sapaan dalam email juga mencirikan kualitas startup yang sedang kita kembangkan.

5. Email untuk Kebutuhan Pemasaran

Email untuk kebutuhan pemasaran akan mendukung startup kita untuk melakukan upaya keep in touch dengan klien, pelanggan atau pihak lainnya. Namun ada satu hal yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk memiliki email khusus pemasaran. Email yang digunakan khusus untuk kebutuhan pemasaran tidak boleh digunakan untuk menyampaikan informasi yang tidak penting atau bersifat spamming.

Karena email yang bersifat spamming bisa mengganggu privasi orang lain dan akhirnya membuat orang tersebut malah memutuskan untuk memblokir email yang kita kirimkan.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

6. Belajar Membuat Website

Informasi mengenai visi misi, produk atau sejarah startup bisa kita tempatkan secara leluasa pada #website milik startup. Meksipun bebas mencantumkan beragam informasi, pastikan website kita tetap sesuai dengan branding startup serta mudah diakses supaya tidak membuat para pengunjung website membuang-buang waktu saat membukanya.

Mencantumkan kontak secara lengkap pada website bisa membantu pengunjung website untuk menghubungi startup kita dengan mudah.

7. Pentingnya Membuat Blog

Penggunaan website terasa belum cukup untuk mewakili informasi yang ingin disampaikan oleh startup. Melalui penggunaan blog, startup kita bisa menyampaikan ragam informasi secara lebih santai namun masih berkaitan dengan esensi yang ingin dicapai oleh startup.

8. Jangan Lupa Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah salah satu bidang komunikasi yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap startup bisnis. Ketersediaan media sosial sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dan kedekatan dengan para pengguna #internet menjadi peluang emas untuk memperkenalkan startup secara luas.

Gunakan jenis #media sosial yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja menggunakan Instagram untuk mem-posting foto-foto menarik tentang startup atau menggunakan Facebok untuk membuat fanpage dan membagikan informasi yang terintegrasi dengan blog atau website.

Baca juga: 5 Ahli Yang Mutlak Anda Butuhkan Dalam Membangun Sebuah Startup

9. Masih Ada Jenis Bidang Komunikasi Lainnya

Setelah kedelapan bidang komunikasi tersebut bisa digunakan oleh startup secara efektif, maka pemanfaatan bidang komunikasi lainnya seperti promosi di televisi, radio, seminar atau training dengan konsep yang menarik juga menjadi sarana pengembangan startup secara bertahap.

Era yang modern dan penuh dukungan teknologi ini kian mendukung kita untuk menciptakan startup yang interaktif dan memenuhi kebutuhan banyak orang. Dukunglah perkembangan startup yang kita bentuk dengan memanfaatkan bidang-bidang komunikasi modern secara bijak dan efektif setiap saat. Mari belajar dan bekerja bersama startup impian kita!

1 KOMENTAR

  1. Abdurohman Afandi

    Thanks materinya oke banget….. bisa jd member gan?

Tinggalkan Balasan