7 Tips Membangun Merek Bisnis yang Menjual

Image dari photographyspark.com

Image dari photographyspark.com

Salah satu komponen penting yang akan “dijual” oleh sebuah usaha ialah merek bisnis. Karena pentingnya sebuah merek itulah, maka calon pebisnis harus benar-benar memikirkan hal ini.

Kita tidak bisa asal-asalan dalam menentukan sebuah merek bisnis. Diperlukan strategi dan langkah-langkah khusus untuk membangun sebuah merek bisnis yang tidak hanya bagus namun juga mempunyai nilai jual tinggi. Berikut kami sajikan langkah menentukan sebuah merek yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Menentukan Unique Selling Proposition Bagi Merek Bisnis

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah menentukan Unique Selling Proposition atau USP bagi merek bisnis anda. Ciptakan diferenisasi yang akan menjadi pembeda bisnis anda dengan bisnis pesaing.

Pehatikan keunikan dari merek yang akan anda buat. Merek haruslah universal dengan mencerminkan dari apa yang akan Anda jual. Siapa yang bisa menikmati produk Anda dan berasal dari golongan atau sebuah daerah tertentu. Pastikan merek Anda memiliki komponen tersebut agar pasar yang Anda targetkan akan lebih luas.

Artikel lain: Tips Membuat Logo dan Merek Bisnis yang Menarik

2. Merek Haruslah Memberikan Citra Positif

Merek erat kaitannya dengan bisnis itu sendiri, jadi buatlah merek yang berkonotasi postif dengan demikian dapat menggambarkan bahwa citra dari bisnis Anda baik. Begitu sebaliknya, merek negatif akan memberikan citra yang buruk pula terhadap merek yang Anda bangun.

Jadi sebisa mungkin untuk memberikan nama yang positif untuk sebuah merek yang akan Anda tentukan. Tidak melulu harus kaku tapi buatlah sebuah merek yang akan memberikan feedback positif untuk perkembangan bisnis Anda.

3. Pikirkan Visi Jangka Panjang

Sebuah merek haruslah mempunya visi jangka panjang, karena perilaku konsumen akan senantiasa berubah-ubah seiring perkembangan zaman. Jadi memiliki merek yang mempunyai visi jangka panjang sangatlah penting untuk mengukur kesuksesan bisnis Anda di kemudian hari.

Dalam hal ini sebaiknya diputuskan bersama dengan team, setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Karena hal itulah visi yang akan Anda tentukan harus berdasarkan dari semua pemikiran team Anda.

4. Perencanaan Matang Saat Launching Merek Bisnis 

Setelah memutuskan untuk menggunakan merek tertentu, ada baiknya untuk merencanakan dengan matang ketika Anda ingin melaunching produk tersebut. Merek haruslah senada dengan desain, pemilihan warnapun harus tepat. Konsepkan mana warna untuk dijadikan warna dominan merek Anda, ini untuk menjadikan identitas dari produk Anda.




Kemudian konsep yang di tonjolkan haruslah kuat agar orang lain mudah untuk mencerna. Dalam melauching merek, Anda bisa menggunakan hal berikut ini. Jika berbasis online Anda bisa memanfaatkan #media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan media sosial lainnya. Jika berbasis offline, Anda bisa menggunakan iklan di koran, majalah atau membuat brosur.

5. Ciptakan Merek Sebagai Gaya Hidup

Merek yang baik adalah merek yang mampu menjangkau seluruh gaya hidup dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Buatlah merek yang dapat dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat, sebagai contoh bisa mengambil sisi positif dari merek Starbucks. Mulanya hanya sekedar kopi biasa yang aktifitasnya begitu cepat, orang beli lalu pergi begitu saja.

Tapi lihatlah Starbucks sekarang ini beralih fungsi menjadi sebuah tempat untuk nongkrong bagi kaum remaja dan menjadi tempat meeting. Jadi ketika menentukan merek haruslah memikirkan jangka panjang hal ini agar merek Anda bisa menjadi gaya hidup bagi pelanggan Anda.

6. Mengambil Referensi dari Majalah atau Koran

Mulailah membaca majalah atau koran untuk mencari referensi dari iklan yang ada di media tersebut. Carilah iklan yang paling membuat anda jengkel, carilah iklan yang membuat anda senang, juga iklan yang memancing rasa ingin tau Anda dan menimbulkan emosional yang tinggi. Lalu amati alasan mengapa Anda merasakan hal-hal tersebut dan mengambil polanya untuk di aplikasikan kepada merek Anda. Anda cukup memodifikasi dan menyempurnakannya saja agar merek tersebut lebih optimal.

7. Tepati Janji Anda

Sebuah merek adalah janji bagi calon pelanggan Anda. Jika merek Anda menjanjikan kepuasan, maka maksimakan kualitas produk Anda. Jika merek itu menjanjikan pelayanan yang cepat maka Anda harus membuktikannya.

Begitulah sebuah merek di pandangan calon pelanggan Anda. Jika merek Anda berbanding terbalik dengan produk atau pelayanan yang Anda lakukan, maka calon konsumen akan enggan membeli kembali dan akan sulit untuk percaya dengan merek Anda lagi. Jadi sesuaikan pula produk yang Anda janjikan dan semua komponen ini harus senada dan seirama.

Baca juga: Branding Online Untuk Meningkatkan Kredibilitas UKM Anda

Demikian sedikit sharing dari kami, semoga dapat menjadi bahan referensi Anda untuk menentukan sebuah merek bisnis. Merek yang baik adalah merek yang terus menerus dikomunikasikan dengan konsisten.

Karena membangun merek bukan sesuatu yang instan dan dapat di tentukan begitu saja. Perlu perhitungan yang matang dan konsep yang baik agar merek Anda menjadi merek yang dapat dijadikan gaya hidup serta mencerminkan kredibilitas bisnis Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud