Branding Online Untuk Meningkatkan Kredibilitas UKM Anda

Image dari Businesscomputingworld.co.uk

Image dari Businesscomputingworld.co.uk

Dalam mengelola sebuah bisnis, Anda harus mampu mengambil langkah yang cerdas dan brilian. Jangan sampai langkah yang telah Anda ambil justru membuat kemunduran dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

Apalagi, jika Anda sedang menglola bisnis di bidang #UKM, dimana tentu persaingan sangat ketat dan kadang tidak bersahabat bagi para pengusaha. Kecenderungan konsumen yang hanya melihat pada sebuah nama besar perusahaan, semakin mempersempit gerak usaha kecil menengah.

Namun jangan berkecil hati dahulu, ada banyak cara yang bisa teman-teman lakukan untuk bersaing dengan perusahaan besar. Ada tips yang bisa teman-teman coba untuk meningkatkan kredibilitas usaha kecil menengah dalam menghadapi kerasnya persaingan dengan perusahaan besar. Salah satu cara yang bisa teman-teman maksimalkan adalah dengan menjalankan branding online menggunakan media internet.

Artikel lain: 4 Cara Meningkatkan Personal Branding Secara Online Bagi Pemilik Nama Pasaran

Teman-teman bisa melakukan branding online pada UKM yang sedang dikelola. #Promosi online sangat berpengaruh dalam meningkatkan kredibilitas bisnis UKM sehingga lebih bisa bersaing dalam menggaet konsumen. Simak cara berikut untuk meningkatkan kredibilitas bisnis UKM Anda.




1. Buatkan Website Profesional Untuk UKM Anda

Website yang profesional sangat membantu #branding Anda pada bisnis UKM yang sedang Anda kembangkan. Desain yang tepat dengan bermaterikan konten yang berbobot, akan membuat bisnis UKM Anda semakin terlihat profesional.

Jika teman-teman tidak atau belum memiliki kemampuan membuat #website yang profesional untuk keperluan bisnis, ada banyak jasa web designer yang bagus kok yang bisa teman-teman manfaatkan untuk membuatnya. Nah, dalam membuat website yang profesional, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan seperti di bawah ini :

  • Buatkan Contact Service yang Profesional

Ini sangat penting keberadaannya, seorang resepsionis adalah frontliner yang bisa mempengaruhi cara pandang konsumen. Ketika teman-teman mempunyai resepsionis yang profesional, cakap dan tentunya ramah, maka kesan yang bagus pada bisnis UKM teman-teman akan langsung tertangkap oleh konsumen.

Namun, jika teman-teman terpaksa tidak mempunyai resepsionis, teman-teman bisa menggunakan voice mail yang ramah dan elegan. Saran saya, untuk lebih mendukung profesionalisme, sebaiknya hindarkan suara-suara tidak mengganggu yang sering muncul jika teman-teman bekerja di rumah.

  • Selain Email, Pasang Nomor Telepon dan Media Sosial Yang Aktif

Komunikasi dalam sebuah bisnis adalah mutlak diperlukan, bahkan bisa jadi komunikasi adalah kunci utama Anda dalam mendapatkan konsumen. So, pasanglah #email, nomor telepon atau akun media sosial Anda yang bisa dihubungi setiap saat.




Kemudahan menghubungi sangat bisa membuat konsumen menjadi lebih menganggap bisnis UKM Anda kredibel. Jangan sampai membuat konsumen menunggu, buatlah mereka senyaman mungkin berkomunikasi dengan Anda terkait bisnis. Jika mereka sudah nyaman, maka Anda hanya tinggal menunggu waktu saja untuk mendapatkan tawaran dari mereka.

  • Pasanglah Alamat UKM di Website Dengan Gamblang

Ini sangat penting untuk membuat para calon konsumen merasa yakin. Karena Anda sedang melakukan branding online, maka memasang alamat bisnis yang benar-benar jelas bisa membuat calon konsumen bisnis Anda semakin percaya akan kredibilitas UKM Anda. Tulislah sedetail-detailnya, karena biasanya UKM menggunakan rumah sebagai kantor atau tempat bekerja, maka pakai saja alamat rumah Anda tersebut. Tidak apa-apa, tulis saja alamat lengkap rumah Anda, sampai RT dan RW sekalian juga lebih baik.

2. Maksimalkan Branding Online via Media Sosial

Cara selanjutnya yang bisa teman-teman lakukan untuk mendongkrak kredibilitas UKM melalui promosi online adalah dengan memaksimalkan #media sosial. Karena saat ini Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar, maka branding online melalui media sosial sangatlah disarankan. Ada banyak media sosial yang bisa teman-teman maksimalkan, ada Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Memaksimalkan Penggunaan Hashtag Pada Branding Media Sosial

Melalui media sosial, selain bisa berinteraksi secara langsung dengan calon konsumen, teman-teman juga bisa secara langsung memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada konsumen. Keakuratan informasi yang diterima konsumen secara cepat, sangat membantu bisnis UKM Anda diterima dan diakui oleh calon konsumen.

So, mulai dari sekarang, sekecil apapun bisnis yang Anda kelola, jangan pernah berkecil hati. Selalu optimis dan optimalkan semua potensi yang teman-teman miliki.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Media online memang tempat yang tepat untuk memasarkan dan mengenalkan produk atau jasa kita, terlebih lagi Sosial Media, merupakan media paling ampuh sampai saat ini.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud