7 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghadapi Konsumen yang Semakin “Jual Mahal”

tips menghadapi konsumen tipe jual mahal

Image dari Hubspot.net

Dalam sebuah bisnis, seorang pengusaha memang tidak akan mendapati perjalanan yang selalu mulus dan tanpa hambatan. Bak kisah kehidupan, sebuah bisnis juga memiliki alur yang berliku-liku. Dan salah satu hambatan dan rintangan yang bias jadi dihadapi oleh para pebisnis dalam usahanya adalah adanya konsumen yang semakin ‘jual mahal’.

Konsumen yang ‘jual mahal’ memang seringkali akan menghambat perkembangan bisnis kita. Bagaimana tidak, mereka yang seolah merasa tidak membutuhkan produk kita membuat kita harus kerepotan untuk menanganinya. Lalu bagaimana caranya untuk bisa menghadapi konsumen yang jual mahal ini? Berikut ulasannya.

1. Manfaatkan Hasil Riset Konsumen Secara Maksimal

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi konsumen yang jual mahal adalah dengan memanfaatkan hasil riset konsumen. Ya, sebagai pengusaha Anda memang perlu melakukan riset secara berkala pada target pasar Anda. Riset semua hal yang berkaitan dengan segala tingkah laku konsumen Anda. Jika perlu juga gunakan data pendukung lain dari sumber lain agar Anda bisa  mendapatkan  kesimpulan yang optimal.

Artikel lain: Konsumen Anda Suka Membandingkan Harga? Begini Tips Menghadapinya

2. Jadikan Konsumen Sebagai Soulmate 

Layaknya sebuah hubungan dua insan pria dan wanita yang saling mencintai, Anda sebagai pengusaha juga harus bisa menjadikan konsumen Anda sebagai soulmate (bagian jiwa) Anda. Namun untuk menjalankan hal ini Anda sebagai pengusaha memang diharuskan mengetahui dan bisa membedakan konsumen yang hanya just friend dan yang potensial. Dengan menjadikan konsumen potensial menjadi soulmate Anda maka tanpa diminta actively mereka akan berguna untuk Anda dalam hal pemasaran merek/produk Anda.




3. Integrasikan Aktivitas Pemasaran, Penjualan dan Customer Experience Loyalty 

Aktivitas marketing, penjualan dan loyalitas konsumen memang tiga hal yang tidak bisa dipisahkan untuk membuat bisnis berjalan efektif. Maka saat menghadapi konsumen yang “jual mahal’, Anda bisa melakukan integrasi pada ketiga unsur ini. Dengan integrasi yang demikian maka Anda akan mampu membuat konsumen menjadi luluh pada apa yang Anda tawarkan.

4. Ciptakan Sebanyak Mungkin Promoter

Jangan sekali-kali meremehkan seorang konsumen. Mengapa demikian? Sebab konsumen yang Anda jaga dan terus Anda layani dengan sepenuh hati termasuk mereka yang “jual mahal” akan bisa memberikan efek peningkatan profit. Kenapa bisa? karena konsumen yang sudah loyal bisa jadi mereka akan menjadi promoter yang akan mempromosikan usaha Anda dengan baik.

5. Harus Punya Engagement Dengan Konsumen

Pengusaha memang mau tak mau harus mengenal siapa dan seperti apa karakter konsumennya. Lebih dari itu seorang pengusaha juga seharusnya memiliki sebuah ikatan yang kuat (engagement) agar semua yang Anda dilakukan dan tawarkan pada konsumen bisa menimbulkan rasa saling menguntungkan dan saling memberi manfaat. Jika Anda masih saja berkutat pada kemauan Anda sendiri dan tidak memperdulikan konsumen maka konsumen bukan hanya akan “jual mahal”, namun lebih dari itu cepat atau lambat mereka akan segera meninggalkan Anda dan berpindah ke pesaing Anda.

6. Membuat Budaya di Internal Perusahaan

Dalam menjalankan sebuah perusahaan yang melayani konsumen tentu saja hal ini akan menuntut Anda sebagai pebisnis untuk bisa mengakomodir semua hal. Sebut saja para karyawan Anda. Meski mereka bisa jadi tak berhubungan langsung dengan konsumen namun keterlibatan mereka dalam bisnis ini pastinya akan berpengaruh dan berefek pada penerimaan konsumen.

Maka dari itu untuk membuat konsumen percaya pada bisnis Anda dan tak “jual mahal” maka mau tak mau Anda harus bisa menciptakan budaya internal perusahaan yang baik dan berfokus pada pelayanan terbaik pada konsumen.




Baca juga: Sudahkah Anda Tahu, Ini Lho Yang Membuat Konsumen Tidak Puas

7. Cerdas Mengelola Service Encounter Dengan Baik

Terakhir, hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi konsumen yang semakin “jual mahal” adalah dengan cerdas mengelola service encounter dengan baik. Garda terdepan pada sebuah bisnis untuk membuat konsumen nyaman dengan bisnis Anda adalah para marketing dan customer service.

Maka bila Anda menginginkan untuk membuat konsumen yang “jual mahal” ini luluh maka Anda harus bisa membuat para karyawan marketing dan customer service Anda bekerja dengan lebih baik dan maksimal. Dapatkan Moment of truth dimana semua yang di ekspektasi konsumen bisa kita penuhi dengan baik bahkan kalau bisa melebihi ekspetasi mereka.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud