Sudahkah Anda Tahu, Ini Lho Yang Membuat Konsumen Tidak Puas

Sudahkah Anda Tahu, Ini Lho Yang Membuat Konsumen Tidak Puas

Image dari Careeraddict.com
Image dari Careeraddict.com

Dalam dunia bisnis, pemasaran sebuah produk tentu harus memperhatikan beberapa faktor seperti harga, promosi dan juga distribusi. Semua faktor tersebut akan dimaksimalkan agar bisa memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga bisa membuat omzet penjualan semakin meningkat. Kepuasan pelanggan bisa menjadi faktor penentu utama selanjutnya dalam mengatrol omzet bisnis Anda.

Seperti kita ketahui bersama bahwa keputusan membeli dari konsumen sebenarnya tidak berakhir pada transaksi itu saja. Namun selanjutnya akan meningkat kepada tahap dimana konsumen merasa puas dan tidak puas terhadap produk yang Anda tawarkan. Ketika pelanggan merasa puas dengan produk Anda, maka tentu saja mereka akan kembali dan bertransaksi dengan Anda.

Namun jika konsumen tidak puas, sudah barang tentu mereka akan mencari produk selain dari Anda. Ingat, kepuasan pelanggan merupakan salah satu promosi tidak langsung yang sangat efektif. Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang sering membuat konsumen merasa tidak puas, perhatikan.

1. Konsumen Tidak Puas Karena Kualitas

Tentu saja ini adalah yang paling utama, bagaimanapun juga ketika produk Anda memiliki kualitas yang memuaskan, maka konsumen pun dengan sendirinya akan kembali kepada Anda. Namun sebaliknya jika produk yang Anda tawarkan tidak memiliki kualitas yang bagus, maka konsumen tentu akan merasa tidak puas. Dan bisa jadi mereka akan merasa tertipu karena telah membeli produk Anda. Untuk itu kualitas produk harus menjadi hal yang utama agar kita bisa menjaga konsumen tetap puas dengan produk kita.

Artikel lain: 6 Trik Menangani Pelanggan Bisnis yang Sulit

2. Pelayanan Kepada Konsumen Sangat Rendah

Berikutnya yang sering terjadi dan menjadi penyebab ketidak puasan konsumen adalah kualitas pelayanan. Di sini sering sekali membuat konsumen merasa tidak nyaman dan tidak puas. Sering kita jumpai kualitas pelayanan masih sangat buruk, dan itu sering menjadi keluhan umum bagi masyarakat yang notabene adalah konsumen.

Maka ketika Anda menjalankan bisnis, usaha maupun perdagangan, Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen ini. Jangan sampai karena kesalahan kecil pada pelayanan membuat bisnis Anda berantakan.

3. Harga Produk yang Tidak Sesuai

Harga juga bisa menjadi masalah utama dalam menawarkan produk dan jasa kepada konsumen. Harga terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kualitas yang Anda tawarkan akan menimbulkan ketidakpuasan kepada pelanggan Anda. Masalah harga adalah masalah yang sangat sensitif dalam bisnis, salah sedikit saja dalam menentukan harga maka akan meningkatkan potensi kegagalan bisnis Anda.

Untuk itu sebisa mungkin sesuaikan antara harga dan produk yang Anda tawarkan. Jangan mematok harga terlalu tinggi dan ingin mendapatkan laba sebanyak mungkin.

4. Adanya Biaya Tambahan Dalam Bertransaksi

Setiap konsumen selalu ingin mendapatkan kemudahan dan keringanan dalam bertransaksi. Jangan sampai mereka merasa terbebani dengan biaya yang lain saat bertransaksi. Keberadaan biaya-biaya tertentu di luar harga yang ditawarkan, sangat membuat konsumen merasa tidak puas. Kenapa demikian, karena pada umumnya konsumen selalu menginginkan sesuatu yang murah, simpel dan tidak ribet.

Jika terlalu banyak harga di luar harga produk itu sendiri, sudah pasti itu akan membuat mereka para konsumen tidak puas. Bisa karena terlalu banyaknya biaya tambahan yang harus dikeluarkan lagi, bisa juga karena mereka tidak mau ribet dengan biaya tambahan meski biaya tambahan tidak banyak.

Baca juga: Cara Menghadapi Komplain Pelanggan Dalam Bisnis Online

5. Proses Transaksi yang Ribet

Proses yang ribet dalam setiap transaksi bisa sangat mempengaruhi kenyamanan konsumen. Ketika konsumen mulai merasa tidak nyaman lagi, maka jangan harap mereka akan puas dengan produk yang Anda tawarkan. Seringkali kita jumpai pada beberapa bisnis saat akan melakukan transaksi harus melalui beberapa proses yang ribet dan berbelit-belit. Harus melakukan inilah, itulah, semuanya hanya akan menghabiskan waktu dan energi konsumen.

Untuk itu, sebisa mungkin buatlah transaksi yang cepat, pendek dan tentunya bisa dipercaya. Saat ini konsumen semakin menyukai segala hal yang instan dan cepat. Maka jika Anda tidak bisa menyesuaikan diri, artinya bisnis Anda akan segera ditinggalkan konsumen lambat laun.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan